loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

Medsos-Medsos Jadul, Ada yang masih inget? Atau masih inget passwordnya?

Medsos-Medsos Jadul, Ada yang masih inget? Atau masih inget passwordnya?

09 April 2018

Sebelum era Facebook, Twitter, dan yang lagi happening banget: Instagram, millenials pernah merasakan serunya aneka media sosial jadul. Medsos-medsos ini bisa jadi adalah nenek moyang atau sumber inspirasi bagi medsos yang berjaya saat ini lho.

Mungkin gak banyak Generasi Z yang udah pernah mencoba situs dan aplikasi ini. Tapi bagi generasi sebelumnya, 6 media sosial jadul ini punya nilai nostalgia banget. Apa kabarnya ya sekarang?

1. Friendster

Sebelum negara Mark Zuckeberg menyerang, ada Friendster yang jadi standar anak gaul pada era 2000-an. Ada satu fitur yang unik banget dari media sosial ini: bisa lihat siapa saja yang sudah visit profile kamu! Selain itu kamu bisa modifikasi profile page seseru mungkin. Entah diganti font, background, di-embed video, musik, sampai animasi glitter. Kalau sekarang ingat profilku lagi rasanya malu-malu kangen gimana gitu. Norak banget, tapi juga bangga!

Sudah lumayan lama sih Friendster mulai sepi walau mereka sudah beberapa kali bertransformasi untuk mencoba keeping up dan gagal. Tapi baru pada tahun 2015 mereka baru benar-benar menutup servisnya sebagai sosial media.

2. mIRC

Siapa yang masih ingat sapaan "ASL PLS?" Saat era awal internet mulai awam dipakai masyarakat luas, mIRC adalah salah satu penghubung yang paling populer di dunia maya. Rasanya saat itu keren banget bisa ngobrol dengan siapa pun di mana pun, bahkan dari belahan dunia berbeda. Selain itu ada banyak kegiatan lagi yang bisa kamu lakukan mulai dari mengunduh file sampai main games. Kalau zaman sekarang bisa dikatakan versi lebih sederhananya seperti aplikasi Telegram.

Jangan salah, walau kamu sudah jarang pakai, tapi mIRC  masih kokoh berjaya lho! Masih banyak yang tetap memakai aplikasi ciptaan Khaled Mardam-Bey ini di masa sekarang. Karena dianggap lebih stabil, ringan, dan aman, layanan ini masih sering dipakai terutama oleh pengguna yang technology savvy (jago teknologi).

3. Yahoo!Messenger

Yahoo! sempat jadi penguasa internet sebelum Google jadi raksasa seperti sekarang. Saat itu, hampir semua orang menggunakan layanan email dari Yahoo! dan akhirnya bisa dengan mudah terhubung antara satu-sama lain lewat aplikasi chatting mereka. Dibandingkan mIRC, Yahoo! Messenger tampak lebih sophisticated, ramah pengguna, dan mudah digunakan. Gak heran kalau aplikasi ini sempat jadi salah satu messenger clientpaling laris di dunia.

Lambat laun, seiring perkembangan teknologi mobile, aplikasi-aplikasi lain semakin ringan, mudah dipakai dan lebih disukai daripada YM. Apalagi orang-orang sudah mulai meninggalkan penggunaan email Yahoo! dan beralih ke GMail. Akhirnya pada 2016 layanan ini resmi ditutup. 

4. My Space

Gak lama setelah Friendster booming, ada lagi sosial media yang jadi terobosan baru pada masanya. Gak hanya pamer status atau foto kamu juga bisa berkomunikasi dengan idolamu karena MySpace memang temanya lebih menyasar para penggemar musik.

Pada masa itu gak semua seleb dan musisi punya sosmed sehingga bisa diajak ngobrol kaya sekarang. MySpace pun jadi tempat musisi atau seleb untuk eksis di dunia maya biar semakin dekat dengan fans, dan mempermudah promosi karya mereka.

Bayangin di zaman itu bisa komen di profil Myspace MUSE atau Beyonce dan dibalas oleh mereka saja rasanya seneng banget. Apalagi belum model yang namanya admin-adminan, jadi rasanya seolah di-notice idola sendiri.

Sampai sekarang situs sosial media ini masih 'hidup' tetapi sudah gak seperti dulu lagi. Masih ada sih yang datang karena penasaran dan pengen lihat lagi moment-moment alay mereka di masa lalu. Tapi pengguna juga dihimbau hati-hati karena ada risiko kebocoran data yang konon bisa terjadi di MySpace.

==================================================

Sayang sekali banyak dari mereka yang sudah bubar. Tapi kabar baiknya aib kita saat masih alay tidak akan ketahuan.

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

Yuk, Kenalan sama Si Hacker Seksi

Yuk, Kenalan sama Si Hacker Seksi

Apa yang lo bayangin kalo gue bilang hacker?? Pasti…

Ini Yang Akan Terjadi Ketika 5G Diterapkan Di Indonesia

Ini Yang Akan Terjadi Ketika 5G Diterapkan Di Indonesia

Jaringan internet 4G yang kita pakai sehari-hari…

Applikasi-Applikasi ini Bisa Mengusir Nyamuk. Beneran?

Applikasi-Applikasi ini Bisa Mengusir Nyamuk. Beneran?

Pusing karena di kamar atau rumah kamu banyak nyamuk?…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

Seorang Pedagang Pukuli Preman Yang Malakin Tokonya.…

Seorang Pedagang Pukuli Preman…

Nasib apes dialami Miswanto alias Iwan Lontong…
Ledakan Besar di Beirut Lebanon. Ada Apa?

Ledakan Besar di Beirut Lebanon.…

Ledakan besar yang mengguncang Kota Beirut…
Update PVP! Ketua MPR Usul Bolehkan Pistol Untuk Bela…

Update PVP! Ketua MPR Usul Bolehkan…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengusulkan…
Kalau Dikelitik, Kita Ketawa. Kenapa Ya?

Kalau Dikelitik, Kita Ketawa.…

Ini jadi sebuah misteri yang banyak tak…
Kenapa Sih Kasus Covid Di Indonesia Makin Naik? Ini…

Kenapa Sih Kasus Covid Di Indonesia…

Ahli Epidemiologi Universitas Indonesia,…
Kenapa Bulu Kuduk Berdiri Saat Kedinginan?

Kenapa Bulu Kuduk Berdiri Saat…

Saat kedinginan atau ketakutan, tak jarang…
Jadi, Apa Makna Sebenarnya Dari Kata Anu?

Jadi, Apa Makna Sebenarnya Dari…

Kata "anu" memang memiliki makna…
Dokter Reisa Tidak Akan Tampil Lagi Di Tv. Penonton…

Dokter Reisa Tidak Akan Tampil…

dr Reisa Broto Asmoro kini tak akan kita…
5 Jenis Manusia Yang Sebaiknya Jangan Dikasih Pinjem…

5 Jenis Manusia Yang Sebaiknya…

Di masa sekarang di mana seseorang bisa…
Serapan Anggaran Covid-19 Rendah, Terawan: Berarti…

Serapan Anggaran Covid-19 Rendah,…

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto…
banner ads