loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

Seberapa Besarkah Cumi-Cumi Raksasa?

Seberapa Besarkah Cumi-Cumi Raksasa?

23 April 2018

Cumi-cumi raksasa (Architeuthis dux) merupakan salah satu spesies cumi-cumi terbesar dan paling terkenal di dunia yang hidup di laut dalam. Namun meskipun banyak dikenal orang karena sering dikaitkan dengan makhluk mitos, Kraken, para ilmuwan masih belum mengetahui secara pasti seberapa besar hewan dari kelas Chepalopoda ini dapat tumbuh.

Cumi-cumi raksasa tersebar secara acak di hampir seluruh belahan dunnia sampai dengan kedalaman 1000 meter. Hidup di kedalaman laut tersebut membuat makhluk ini harus beradaptasi dengan kerasnya lingkungan di sekitar mereka. Salah satu adaptasi yang dilakukan oleh hewan-hewan invertebrata laut dalam seperti cumi-cumi raksasa adalah gigantisme laut-dalam. Adaptasi ini menyebabkan ukuran cumi-cumi raksasa menjadi lebih besar dibandingkan dengan cumi-cumi lain yang hidup di perairan yang lebih dangkal.

Gigantisme tersebut kemungkinan terjadi karena sulitnya persaingan mencari makanan, tekanan yang lebih besar, serta suhu yang lebih dingin. Salah satu hewan yang mengalami gigantisme laut-dalam adalah cumi-cumi raksasa. Menurut perkiraan, ukurannya dapat mencapai 13 meter untuk betina dan 10 meter untuk jantan, diukur dari sirip belakang sampai dengan ujung dari dua tentakel panjangnya. Namun ada juga ilmuwan yang melakukan penelitian tentang cumi-cumi raksasa dan memperkirakan bahwa panjangnya dapat mencapai lebih dari 20 meter.

Karena tempat hidupnya yang berada di laut dalam dan sedikitnya dokumentasi-dokumentasi ilmiah mengenai hewan ini, para ilmuwan sepakat bahwa cumi-cumi raksasa merupakan salah satu predator paling misterius dalam dunia binatang. Dari hampir semua spesimen yang pernah ditemukan, baik itu merupakan potongan tubuh yang ditemukan dari dalam perut paus sperma, atau bangkainya yang terbawa arus sampai ke pantai, tidak banyak yang dapat dipelajari selain dari perkiraan ukuran serta makanan yang mereka konsumsi.

Salah satu hal yang membuatnya sulit diteliti adalah karena dalamnya perairan tempat mereka hidup. Adaptasi yang telah mereka lakukan membuat kemungkinan ditemukannya cumi-cumi raksasa di perairan yang dangkal menjadi sangat kecil. Sebab tekanan di dekat permukaan laut akan lebih rendah dibandingkan dengan tekanan di kedalaman. Akibatnya, saat cumi-cumi raksasa naik mendekati permukaan, fungsi tubuh mereka juga akan terganggu dan bisa dipastikan mereka tidak dapat bertahan hidup dengan lama. Itulah mengapa sangat jarang sekali ada dokumentasi mengenai cumi-cumi raksasa ini saat mereka masih hidup di dekat permukaan air.

Cumi-cumi raksasa, seperti sepupunya, cumi-cumi kolosal, merupakan hewan dengan mata terbesar di dunia. Ukuran matanya dapat mencapai diameter lebih dari 30 cm. Mata yang besar ini membuat cumi-cumi raksasa dapat melihat mangsanya dengan baik di gelapnya perairan dalam.

Cumi-cumi raksasa mempunyai 8 lengan dan 2 tentakel yang lebih panjang (feeding tentacles) yang digunakan untuk memudahkan mereka mengambil makanan. Seperti hampir semua hewan dari kelas Chepalopoda, cumi-cumi raksasa juga mempunyai paruh di mulutnya yang berguna untuk memotong makanan mereka.

Cumi-cumi raksasa memangsa ikan, udang, cumi-cumi lain, dan ada kemungkinan bahwa mereka juga menyerang dan memangsa paus berukuran kecil. Sementara predator bagi cumi-cumi raksasa adalah paus sperma. Banyak yang berspekulasi bahwa keduanya terlibat pertarungan di perairan dalam.

=================================================

Itu tadi sedikit banyak soal Cumi-cumi raksasa. Lautan memang menyimpan banyak sekali misteri dan baru sedikit yang bisa kita eksplor.

Ada apa di dalam sana? Mungkin 30 tahun dari sekarang kita sudah memiliki teknologi yang cukup canggih untuk mengeksplorasi dalamnya lautan.

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

Kenapa Sih Makanan Di Bioskop Mahal?

Kenapa Sih Makanan Di Bioskop Mahal?

Beberapa tahun belakangan, bioskop jadi ramai kembali.…

SD Card dan SIM dalam Satu Kartu, Ini Chip Masa Depan!

SD Card dan SIM dalam Satu Kartu, Ini Chip Masa Depan!

Perangkat mobile yang kita gunakan…

(NO SENSOR) Foto Aura Kasih Tanpa Busana Tersebar

(NO SENSOR) Foto Aura Kasih Tanpa Busana Tersebar

Melihat Aura Kasih tampil dengan pakaian seksi…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

New Normal Berlaku di Korsel, Kasus Corona Naik Lagi

New Normal Berlaku di Korsel,…

Korea Selatan telah berupaya meredam penyebaran…
Gimana Caranya Rice Cooker Tahu, Kalau Nasi Sudah…

Gimana Caranya Rice Cooker Tahu,…

Mungkin pertanyaan ini kerap membingungkan…
Ingin Bikin Mantan Pacar Menangis, Wanita Ini Kirim…

Ingin Bikin Mantan Pacar Menangis,…

Seorang wanita ingin melakukan balas dendam…
Wanita Ini Nikahi Oppa Korea. Ternyata Tak Seindah…

Wanita Ini Nikahi Oppa Korea.…

Penggemar drama dan budaya Korea Selatan…
Apa Itu Herd Immunity?

Apa Itu Herd Immunity?

World Health Organization (WHO) mengecam…
Solusi Untuk Kalian Yang Kebelet Nikah Di Tengah Corona

Solusi Untuk Kalian Yang Kebelet…

Selama virus corona masih belum reda, maka…
3 Hal yang Dikhawatirkan Jika Usia 45 ke Bawah Boleh…

3 Hal yang Dikhawatirkan Jika…

Perubahan demi perubahan soal aturan di…
5 Hal Tentang Didi Kempot Yang Mungkin Kita Tidak…

5 Hal Tentang Didi Kempot Yang…

Kepergian Dionisius Prasetyo atau kita kenal…
Kenapa Sih Kita Nggak Simpatik Sama Kerumunan McD…

Kenapa Sih Kita Nggak Simpatik…

McD Sarinah, salah satu resto waralaba luar…
Bingung Nikahi Siapa, Pria Ini Nikahi Dua Pacarnya

Bingung Nikahi Siapa, Pria Ini…

Keberuntungan sepertinya begitu memihak…
banner ads