loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

Tradisi Unik Merayakan Kelulusan Dari Berbagai Negara

Tradisi Unik Merayakan Kelulusan Dari Berbagai Negara

09 May 2018

Lain ladang lain belalang. Setiap negara pasti punya budayanya masing-masing termasuk budaya merayakan kelulusan. Budaya kelulusan di negara kita(kebanyakan) adalah corat-coret baju seragam. Nah berikut beberapa budaya merayakan kelulusan dari berbagai negara:

-Jepang

Tak seperti perayaan di Indonesia yang melakukan aksi corat-coret seragam, negeri Sakura memiliki tradisi kelulusan yang terbilang unik dan romantis. Di hari tersebut biasanya para murid datang dengan memakai seragam seperti biasa, namun yang berbeda pelajar laki-laki akan melepas kancing kedua dari baju mereka. Kancing ini kemudian akan diberikan kepada murid perempuan sebagai tanda bahwa mereka memiliki rasa suka, cinta dan sayang kepada orang tersebut.

Tak harus menunggu, siswi putri pun boleh meminta langsung kancing nomor dua ini kok! Alasan memilih kancing nomor dua, dikarenakan posisi kancing tersebut yang dekat dengan hati dan disebut bisa mewakili perasaan yang tulus. Hari kelulusan memang dimaknai sebagai hari yang spesial bagi pelajar Jepang, dan tradisi ini pun sekaligus digunakan sebagai ajang menyatakan perasaan kepada seseorang  yang mereka suka. Yang pasti no urakan, no tawuran.

-Swedia

Negara yang terkenal dengan bangsa Viking ini merayakan hari kelulusan dengan memilih berbusana seperti seorang pelaut. Baik pelajar laki-laki maupun perempuan mereka akan memakai pakaian berwarna putih dan melengkapinya dengan topi khas seorang nahkoda bernama Studentmossa. Mereka kemudian akan keluar dari sekolah dan disambut oleh keluarga yang sudah bersiap dengan poster besar berisi foto-foto masa kecil dan berbagai hadiah kelulusan.

Selesai dengan acara tersebut mereka kemudian akan diarak menuju kota dengan mobil bak terbuka dengan orang tua dan guru yang ikut di belakangnya. Sepanjang jalan mereka akan bersuka cita dengan berteriak, bernyanyi dan menari sebagai ungkapan rasa senang atas kelulusan yang mereka raih. Tak hanya sampai disitu, para warga pun ikut merayakan momen ini dengan berjalan kaki dan memegang bunga, balon dan juga boneka warna-warni. Meski melakukan euforia di jalan, prosesi ini tetap aman dan tidak terkesan urakan.

-Belanda

Anak-anak sekolah di Belanda pun punya cara unik untuk merayakan hari kelulusan mereka. Tak seperti di negara lain yang mengumumkan kelulusan langsung kepada para murid, di Belanda pihak sekolah akan mengumumkan hasil kelulusan kepada orang tua baik melalui surat ataupun telepon. Para orang tua lah yang kemudian memberitahukan hasil kelulusan ini kepada putra-putri mereka.

Jika kabar kelulusan sudah mereka terima, serentak semua muridpun akan mengibarkan bendera di rumah masing-masing dan menggantungkan tasnya di tiang bendera. Beberapa siswa pun ada juga yang menambahkan kain dengan tulisan ‘Ik ben geslaagd’ yang artinya “saya sudah lulus” di tiang bendera sebagai ungkapan bahagia.

-Thailand

Berbeda lagi di Thailand, hari kelulusan di rayakan dengan cara yang tenang  dan sakral. Negara gajah putih ini memiliki tradisi di mana anggota kerajaan ikut andil dalam perayaan kelulusan mereka. Perayaan kelulusan biasanya dilakukan di gedung sekolah dengan hanya dihadiri para lulusan dan orang yang berkepentingan saja.

 

Dalam prosesi ini pelajar putri akan diwajibkan untuk menggunakan gaun tradisional, memakai stocking dan tidak diperkenankan memakai aksesoris rambut bahkan perhiasan pun dilarang di pakai dalam acara tersebut. Sedangkan para siswa laki-laki harus menggunakan baju rapi dan potongan rambut pendek. Selesai acara, para siswa akan dikelilingi oleh adik kelas yang akan memberi selamat dan memberikan kado kelulusan kepada mereka.

=================================================

Merayakan hari kelulusan memang sepatutnya dilakukan dengan cara yang baik. Tanpa rusuh dan damai. Pelajar Indonesia mungkin mau meniru dan menciptakan cara uniknya sendiri untuk merayakan hari kelulusan. Tanpa corat-coret, tanpa konvoi sepeda dan tanpa mengganggu ketertiban umum sampai membuat onar. Tunjukkan kalau pelajar Indonesia adalah generasi cerdas yang bisa membanggakan dengan prestasinya dan mampu menampilkan budaya timur yang sopan dan beradab.

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

Kasus Persekusi, Apakah Sepenuhnya Salah FPI?

Kasus Persekusi, Apakah Sepenuhnya Salah FPI?

Sosmed sedang dihebohkan dengan Persekusi yang…

MUI Kaji Pelarangan PUBG

MUI Kaji Pelarangan PUBG

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyebut akan melakukan…

5 Tanda LDR Kalian Berjalan Lancar

5 Tanda LDR Kalian Berjalan Lancar

Menjalani hubungan jarak jauh memang bukanlah perkara…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

Meluk Sapi Jadi Lahan Bisnis, 4 Juta/90 Menit

Meluk Sapi Jadi Lahan Bisnis,…

Tidak banyak orang yang suka memeluk sapi…
Resiko FaceApp, Wajahmu Bisa Nampang di Papan Iklan…

Resiko FaceApp, Wajahmu Bisa Nampang…

Media sosial dipenuhi foto wajah menua warganet…
Kenapa Sih Masuk Sekolah Selalu Bulan Juli?

Kenapa Sih Masuk Sekolah Selalu…

Kamu tahu nggak, sih, kenapa tahun ajaran…
Jauhi 5 Hal Ini Untuk Hidup Lebih Santuy

Jauhi 5 Hal Ini Untuk Hidup Lebih…

Hidup memang sudah ribet, tapi sering kali…
Terlanjur Sayang, Cowok Ini Shock Pacarnya Cowok Juga

Terlanjur Sayang, Cowok Ini Shock…

Media sosial sebagai sebuah wadah untuk…
Kelakuan Kocak Bapak-Bapak

Kelakuan Kocak Bapak-Bapak

Sebagai orang yang sering dicap punya guyonan…
15 Tahun Jadi Guru Honorer, Nining Tetap Bertahan…

15 Tahun Jadi Guru Honorer, Nining…

Nining Suryani (44), guru di SDN Karyabuana…
Lagi, Siswa SMA Meninggal Saat MOS. Diduga Dipukuli…

Lagi, Siswa SMA Meninggal Saat…

Masa Orientasi Siswa (MOS) kembali menelan…
6 Jenis Anak Yang Rentan Jadi Korban Bully

6 Jenis Anak Yang Rentan Jadi…

Kasus bullying di sekolah mungkin sering…
4 Sosok Anak Indonesia Yang Berhasil Main Game Hingga…

4 Sosok Anak Indonesia Yang Berhasil…

Sebagai anak muda yang hidup di era digital…
banner ads