loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

Pemicu Perang Paling Sepele Dan Konyol

Pemicu Perang Paling Sepele Dan Konyol

24 May 2018

Perang ada karena suatu alasan yang kuat dibalik hal tersebut seperti perebutan wilayah, ideologi, atau ekonomi namun bagaimana kalau perang terjadi karena alasan kuat tersebut bagi mayoritas penduduk bumi kita yang tercinta ini adalah hal yang sangat konyol? Jadi tanpa banyak babibu inilah perang-perang yang terjadi karena hal hal yang konyol melatar belakanginya:

-Perang BabiPerang Babi ini terjadi antara Amerika Serikat vs Inggris dan yah betul penyebabnya adalah seekor babi yang dibunuh. Bermula di bulan Juni tahun 1859 dimana seorang petani asal Amerika Serikat bernama Lyman Cutlar menembak mati babi milik seorang berkebangsaan Inggris setelah menemukan kalau babi tersebut menghancurkan ladang kentangnya.

Akibat hal ini penduduk setempat terlibat perdebatan yang intense akibat babi yang mati itu, sampai Lyman Cutlar diancam akan ditangkap akibat tingkahnya itu. Bagaikan domino, penduduk Amerika setempat mengaduhkan hal ini kepada Angkatan Darat AS yang akhirnya mengirim sejumlah kecil pasuka dipimpin oleh Kapten George Picket ke San Juan.

Tidak berhenti sampai disitu, pihak Inggris menanggapi dengan mengirimkan armada kapal angkatan laut bersenjata berat ke garis pantai San Juan. Akibat hal ini terjadi stalemate diantara kedua pihak dan keadaan tetap mencekam di San Juan selama berminggu minggu.

Keadaan mereda setelah pihak Amerika Serikat dan Inggris melalui negosiasi sepakat untuk memungkinkan pendudukan militer bersama Pulau San Juan pada Oktober 1859, sekaligus mengakhiri Perang Babi tanpa ada pertumpahan tanpa darah, kecuali untuk satu babi yang malang.

-Perang Anjing Liar

Penyebab untuk perang yang terjadi antara Yunani dan Bulgaria pada tahun 1925 ini adalah seekor anjing. Perlu diketahui memang sebelumnya tensi sudah tinggi antara kedua negara sejak Perang Kedua Balkan di tahun 1910-an. Ketegangan ini pada akhirnya "mendidih" pada Oktober 1925, ketika seorang tentara Yunani ditembak setelah diduga melintasi perbatasan ke Bulgaria, yang ternyata mengejar anjing-nya yang kabur ke daerah Bulgaria.

Penembakan seorang prajurit itu akhirnya menjadi alasan kuat bagi warga Yunani untuk melakukan perang, yang segera setelah insiden tersebut menyerbu Bulgaria dan menduduki beberapa desa disekitar perbatasan.

Pasukan Yunani pun bahkan akan mulai menembaki kota Petrich sampai akhirnya ketika Liga Bangsa-Bangsa akhirnya turut campur tangan dan mengutuk serangan itu, keadaan mereda dan berakhirnya perang singkat ini.

-Perang Kue 

Kue memang enak dimakan tapi bagimana kalau ini dijadikan alasan buat berperang? Pada tahun 1828, massa yang marah menghancurkan sebagian besar Kota Meksiko selama kudeta militer. Kebetulan, salah satu korban kerusuhan tersebut adalah seorang koki kue pastri asal Prancis yang bernama Remontel, yang kafe kecilnya dijarah oleh para penjarah.

Saat meminta ganti rugi kepada pemerintah Mexico, petisinya gak digubris sama sekali dan akhirnya dia mengirimkan petisi lain ke Pemerintah Prancis untuk kompensasi. Sebenarnya petisi ini tidak digubris juga oleh Perancis selama satu dekade, sampai Raja Louis-Philippe akhirnya melihat petisi ini.

Sang raja yang sudah sangat marah karena Meksiko gagal membayar pinjaman Perancis senilai jutaan dolar sebelumnya, menuntut Mexico agar membayar 600.000 peso sebagai kompensasi kepada Remontel atas kerugiannya.

Mexico kemudian menolak karena biayanya sangat tidak masuk akal, menerima jawaban seperti itu Sang Raja menyatakan PERANGGG! terhadap Mexico dengan mengirimkan armada Prancis dan memblokade kota Veracruz. Ketika Meksiko masih menolak membayar, kapal-kapal itu mulai menembaki benteng San Juan de Ulua.

Perang yang berlangsung sekitar 5 bulanan itu merenggut sekitar 250 jiwa, bahkan Jenderal terkenal Meksiko, Santa Anna mesti rela kehilangan kakinya akibat terkenal peluru meriam. Perang absurd ini berakhir di bulan Maret 1893 setelah Inggris bersedia menjadi broker perdamaian bagi kedua bela pihak, dimana salah satu perjanjiannya tetap mengharuskan Meksiko membayar 600.000 Peso kepada Remontel.

-Perang Ember

Pertentangan omong kosong yang keterlaluan ini berlangsung antara tahun 1325-1327 dan berhasil menyaksikan pertempuran besar yang mengakibatkan banyak korban. Alasan dibalik perang ini? Ember. Di suatu malam yang damai, sekumpulan tentara mabuk dari Modena memutuskan untuk mencuri sebuah ember dari Bologna, and the rest is history.

FYI, Modena dan Bologna ini terbagi dua. Modena mendukung Holy Roman Empire disebut sebagai Ghibellines sedangkan Bologna mendukung Paus disebut sebagai Guelph . Dari sini saja sudah aneh, kan Kaisar HRE itu di berkati sama Paus  kenapa mesti bermusuhan? . Kelanjutannya adalah keesokan harinya Guelph mendeklarasikan perang terhadap Ghibellines and Pope John XXII memimpin sekitar 30,000 pasukan menghadapi Ghibellines.

Dalam perang ini, Bologna mengerahkan pasukan sebanyak 32.000 orang melawan 7000 pasukan Modena. Kedua pasukan ini bertemu di Zappolino, di wilayah Bologna. Sekalipun Modena kalah jumlah, pasukan Modena berhasil mengalahkan pasukan bologna yang melarikan diri ke kota mereka. Sekitar 2.000 orang tewas di kedua sisi. Selain itu Modena berhasil menang dan mempertahankan ember yang telah dicuri.

=================================

Itu tadi beberapa perang yang terjadi yang menurut kita dipicu oleh satu hal yang konyol. kalau kalian tahu yang lainnya silahkan tulis di komentar

 

SC:Kaskus

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

Kegiatan Berfaedah Bagi Anak Muda Di Bulan Puasa

Kegiatan Berfaedah Bagi Anak Muda Di Bulan Puasa

Kita sudah memasuki bulan puasa, meski begitu kegiatan…

Kenapa Si Otong Sering Diasosiasikan Dengan Burung?

Kenapa Si Otong Sering Diasosiasikan Dengan Burung?

Pernah bertanya-tanya kenapa si otong selalu diasosiasikan…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

Bagaimana Rasanya Ketika Dzakar Fruit Lelaki Ditendang…

Bagaimana Rasanya Ketika Dzakar…

Buah zakar memang terkenal sensitif. Itu…
Seorang Pedagang Pukuli Preman Yang Malakin Tokonya.…

Seorang Pedagang Pukuli Preman…

Nasib apes dialami Miswanto alias Iwan Lontong…
Ledakan Besar di Beirut Lebanon. Ada Apa?

Ledakan Besar di Beirut Lebanon.…

Ledakan besar yang mengguncang Kota Beirut…
Update PVP! Ketua MPR Usul Bolehkan Pistol Untuk Bela…

Update PVP! Ketua MPR Usul Bolehkan…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengusulkan…
Kalau Dikelitik, Kita Ketawa. Kenapa Ya?

Kalau Dikelitik, Kita Ketawa.…

Ini jadi sebuah misteri yang banyak tak…
Kenapa Sih Kasus Covid Di Indonesia Makin Naik? Ini…

Kenapa Sih Kasus Covid Di Indonesia…

Ahli Epidemiologi Universitas Indonesia,…
Kenapa Bulu Kuduk Berdiri Saat Kedinginan?

Kenapa Bulu Kuduk Berdiri Saat…

Saat kedinginan atau ketakutan, tak jarang…
Jadi, Apa Makna Sebenarnya Dari Kata Anu?

Jadi, Apa Makna Sebenarnya Dari…

Kata "anu" memang memiliki makna…
Dokter Reisa Tidak Akan Tampil Lagi Di Tv. Penonton…

Dokter Reisa Tidak Akan Tampil…

dr Reisa Broto Asmoro kini tak akan kita…
5 Jenis Manusia Yang Sebaiknya Jangan Dikasih Pinjem…

5 Jenis Manusia Yang Sebaiknya…

Di masa sekarang di mana seseorang bisa…
banner ads