loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

Mau Berkendara Jauh? Hati-Hati Microsleep

Mau Berkendara Jauh? Hati-Hati Microsleep

26 June 2018

Saat berkendara, pasti kalian pernah merasakan ngantuk yang tak dapat dikendalikan. Apalagi waktu perjalanan jauh, mata rasanya tidak ingin diajak kompromi. Padahal sebelum berkendara, sudah istirahat cukup dan juga tak lupa untuk mengonsumsi kopi.

Kondisi yang seperti itu bukan mengantuk biasa. Fenomena mengantuk pada saat berkendara dinamakan microsleepMicrosleep merupakan ketiduran sejenak ketika mengemudi dalam waktu beberapa detik. Hal inilah yang menjadi penyebab utama dari kecelakaan di jalan raya. Kalau ingin tahu lebih banyak tentang microsleep, bisa simak ulasan berikut:

-Seperti Apa Microsleep Itu?

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, kalau microsleep merupakan kondisi di mana orang tertidur hanya dalam waktu beberapa detik. Biasanya, fenomena ini terjadi hanya satu atau dua detik saja. Akan tetapi, durasinya akan bertambah lama jika orang tersebut benar-benar sudah memasuki kondisi tidur. Mungkin kita beranggapan, kalau orang yang terkena microsleep sadar akan hal tersebut. Namun, dikutip dari hellosehat.com, kalau ternyata orang yang mengalami fenomena kesehatan itu tidak menyadari jika dirinya telah tertidur. Alasannya karena microsleep hanya berlangsung dalam hitungan detik saja.

-Apa Penyebabnya?

Microsleep ternyata tak hanya terjadi karena mengantuk saja. Ada beberapa faktor pemicu yang membuat orang bisa mengalami microsleep. Contohnya saja adalah melakukan kegiatan monoton alias beraktivitas yang itu-itu saja. Nah, hal tersebut membuat kita bosan sehingga menyebabkan microsleep datang menghampirimu.

Kemudian penyebab lainnya adalah bekerja pada saat shift malam. Pola kerja yang seperti ini memicu pergeseran waktu tidur. Oleh karena itu, microsleep sangat mungkin terjadi pada masa transisi waktu tidur. Lalu, faktor selanjutnya adalah adanya gangguan tidur. Contoh dari gangguan tidur ini adalah insomnia dan sleep apnea. Nah, kedua hal tersebut menyebabkan penurunan kualitas dan kuantitas tidur. Sehingga dapat mengundang yang namanya microsleep.

-Tanda-Tandanya Pada Seseorang?

Microsleep mempunyai beberapa gejala yang dapat dilihat. Contohnya seperti tubuh tersentak beberapa kali. Kemudian pengendara tidak mampu mengingat kejadian beberapa menit sebelumnya. Lalu, mata yang lebih sering berkedip dan tatapannya terlihat kosong.

Nah, jika para penumpang atau pengendara lain melihat ada pengemudi yang memiliki ciri seperti di atas, wajib sekali untuk menghentikan perjalanannya. Itu dilakukan supaya tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Contoh besarnya adalah kecelakaan.

-Cara Menghindarinya?

Jika kalian ingin melakukan perjalanan jauh, jangan khawatir. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghindari microsleep ini.

  • Pertama, adalah usahakan membawa teman ketika hendak berkendara. Selain untuk menemani berbicara sepanjang perjalanan agar tidak mengantuk, juga berfungsi untuk menggantikan kita saat mengemudi di kala rasa lelah sudah tidak dapat tertahan lagi. Dengan begitu, kalian akan terhindar dari yang namanya microsleep.
  • Kedua, menyempatkan beristirahat. Namun, jangan pernah menunggu badan terlalu lelah. Dikhawatirkan microsleep menghampiri secara tiba-tiba. Paling tidak, istirahatlah satu jam sekali supaya tubuh tidak merasakan lelah yang berlebihan.

Intinya, microsleep itu terjadi karena tubuh kita sudah benar-benar lelah. Sehingga jangan pernah menyepelekan tubuh yang lelah di saat berkendara. Oleh sebab itu, jika ingin berkendara terutama yang ingin melakukan perjalanan jauh harus beristirahat cukup dulu sebelumnya. 

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

Penyebab Instagram Berpotensi Buruk Bagi Kesehatan…

Penyebab Instagram Berpotensi Buruk Bagi Kesehatan…

United Kingdom's Royal Society of Public…

Kumpulan Baby Unyu Yang Mirip Seleb Dunia

Kumpulan Baby Unyu Yang Mirip Seleb Dunia

Biasanya, anak itu mirip…

Masih Ingat Ojan? Beginilah Kabarnya Sekarang

Masih Ingat Ojan? Beginilah Kabarnya Sekarang

Kamu mengenal Ojan melalui sebuah program komedi…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

Kisah di Balik Lagu-lagu Didi Kempot yang Melegenda

Kisah di Balik Lagu-lagu Didi…

Lahir dari keluarga seniman, mengawali karier…
Jadi Korban Ransomware, Pria Ini Langsung Retas Server…

Jadi Korban Ransomware, Pria Ini…

Ransomware adalah salah satu jenis malware…
Kecanduan Gadget, Pria Ini Tidur Sambil Ngetik Chat

Kecanduan Gadget, Pria Ini Tidur…

Video yang diunggah oleh pemilik akun Twitter…
Restart Akun Game Online Suami, Wanita Ini Auto Diceraikan

Restart Akun Game Online Suami,…

Kehadiran teknologi canggih saat ini memang…
Akhir Masa Jabatan, Inilah Yang Dilakukan Bu Susi

Akhir Masa Jabatan, Inilah Yang…

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode…
12 Kata Ini Sering Kamu Gunakan, Ternyata Ada Kepanjangannya…

12 Kata Ini Sering Kamu Gunakan,…

Kamu pasti gak akan sadar bahwa beberapa…
Jalan Menuju Gedung DPR Ditutup, Mahasiswa Demo Lagi?

Jalan Menuju Gedung DPR Ditutup,…

 Polisi menutup akses jalan ke Gedung…
8 Kalimat Andalan Para Fakboi

8 Kalimat Andalan Para Fakboi

Fenomena fuckboy seperti menjamur…
Masak Mi Instan, Wanita Ini Dilaporkan Tetangga Karena…

Masak Mi Instan, Wanita Ini Dilaporkan…

Mi instant memang punya aroma yang menggoda.…
Bucin Maksimal, Pria Ini Jegat Mobil Mantan Dan Minta…

Bucin Maksimal, Pria Ini Jegat…

 Banyak sekali kisah mengenai seorang…
banner ads