loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

Ciri Khas Pembeda Antara Komik Amrik Dan Jepang

Ciri Khas Pembeda Antara Komik Amrik Dan Jepang

30 July 2018

Jika kamu membaca komik, mungkin kamu akan sering mendapatkan berbagai ciri khas yang jadi pembeda antara komik Amerika dan Jepang.

Dengan ciri khas tersebut, kita bisa mengetahui dan belajar, mengenai makna dan nilai yang ingin disampaikan dari budaya barat maupun budaya timur, baik di komik Amerika dan Jepang.

Di masa sekarang, mungkin hal tersebut sudah tidak begitu berarti. Salah satu faktor yang membuatnya membaur adalah adanya efek globalisasi, yang menjadikan mudah terjadinya pertukaran informasi, maupun budaya.

Meskipun begitu, kita perlu tahu, apa saja ciri khas dari setiap komik baik Amerika yang memang memiliki ciri khas nilai barat, serta komik Jepang yang memiliki ciri khas nilai timur. 

-Mata

Jika kamu perhatikan, komik Amerika cenderung memiliki gambar karakter dengan mata yang proposional, atau memang sesuai dengan ukuran mata manusia pada umumnya.

Berbeda dengan komik Jepang yang cenderung memiliki mata besar dalam penggambarannya, kamu bisa melihat contoh pada komik Jepang berjenis shoujo(komik Jepang yang diperuntukkan kaum hawa).

-Cara Baca

Indonesia mungkin termasuk negara yang terpengaruh dari komik Amerika terlebih dahulu. Sebab komik yang diterbitkan di Indonesia, pada umumnya memiliki cara baca dari kiri ke kanan.

Bahkan komik Jepang yang seharusnya dibaca dari kanan ke kiri, oleh penerbit di Indonesia dijadikan membacanya dari kiri ke kanan.

Intinya adalah komik Amerika memiliki kecenderungan membaca dari kiri ke kanan, sedangkan untuk komik Jepang kecenderungan cara membaca dari kanan ke kiri.

-Penekanan Karakter Dan Penekanan Emosi

Sebenarnya ini tidak berlaku hanya di komik saja. Di media lain, seperti film atau animasi juga biasanya memiliki penekanan seperti ini.

Komik Amerika cenderung memiliki penekanan pada karakter. Setiap karakter memiliki sifat dan ciri khas masing-masing, sehingga segala kelakuan yang dilakukan oleh satu karakter cenderung masuk akal.

Sedangkan untuk komik Jepang, cenderung memiliki penekanan pada emosi.

Kamu mungkin bisa saja menemukan karakter yang awalnya mendukung sang protagonis, bisa jadi menjadi antagonis hanya karena suatu hal yang melibatkan emosi seperti dendam.

Padahal karakter tersebut tidak memiliki sifat pedendam pada awalnya. Bahkan cenderung tidak menunjukkan sifat-sifat demikian. Mungkin beda cerita jika memang sang penulis cerita ingin membuat “plot-twist”.

-Hasil VS Proses

Satu ciri khas yang paling kentara pada komik Amerika maupun komik Jepang. Jika kamu perhatikan komik Amerika lebih mengutamakan pada hasil dibandingkan proses.

Cara yang paling mudah adalah jika kamu membaca komik dengan genre Superhero.

Pada komik Amerika, tidak akan ditampilkan bagaimana proses orang tersebut menjadi kuat, bahkan kekuatan supernya cenderung berasal dari warisan orang tua atau memang ditakdirkan untuk memiliki kekuatan super.

Berbeda dengan komik Jepang yang justru terdapat proses, sang protagonis untuk menjadi kuat. Protagonis biasanya diceritakan seorang yang lemah hingga akhirnya berusaha keras berlatih dan menjadi seorang superhero.

Kamu juga bisa melihat dari cara bagaimana sang protagonis mengeluarkan kekuatannya atau berubah wujud. Jika komik Amerika, cenderung tidak memperlihatkan proses berubah.

Berbeda dengan komik Jepang yang di mana ketika berubah wujud, membutuhkan waktu dan gerakan dalam proses berubah, hingga akhirnya berubah ke wujud yang lebih kuat.

==============================================

Nah itu dia berbagai perbedaan antara komik Amerika dan Jepang. Mungkin kamu akan menemukan ciri khas komik Amerika di komik Jepang di masa sekarang begitupun sebaliknya.

Hal tersebut memang wajar, karena sesuai perkembangan zaman, sebuah nilai atau bahkan budaya bisa saja akan diselipkan pada sebuah media yang tidak lazim. Ciri khas komik Amerika dan Jepang mungkin sudah mulai sulit ditemukan.

Cr:Duniaku

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

Banyak Yang Bercita-cita jadi Yucuber, Regenerasi…

Banyak Yang Bercita-cita jadi Yucuber, Regenerasi…

Indonesia menghadapi masalah regenerasi petani…

Setelah Dipenjara 31 Tahun, Inilah Kompensasi Yang…

Setelah Dipenjara 31 Tahun, Inilah Kompensasi Yang…

Kehidupan dalam jeruji besi memang terkesan mengerikan,…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

Sisa Air Mandi Idol Dijual 12 Juta/Botol

Sisa Air Mandi Idol Dijual 12…

Jepang memang terkenal sebagai negara yang…
Tidak Jorok! Mandi Sekali Sehari Ternyata Menyehatkan

Tidak Jorok! Mandi Sekali Sehari…

Mandi dua kali sudah jadi kebiasaan…
China Terapkan Hadiah Rp 1 M Jika Laporkan Konten…

China Terapkan Hadiah Rp 1 M Jika…

Dari dulu Indonesia selalu berperang dengan…
Punya Pacar Kasar, Kok Masih Bertahan?

Punya Pacar Kasar, Kok Masih Bertahan?

unya pacar kasar, entah main tangan atau…
Inilah Alasan Kenapa Kamu Beruntung Tidak Sekolah…

Inilah Alasan Kenapa Kamu Beruntung…

Percaya tidak percaya, pendidikan di Indonesia…
5 Hal Yang Kita Sering Lakukan Ketika Jam Kosong Di…

5 Hal Yang Kita Sering Lakukan…

Jam pelajaran paling disukai semua murid,…
Triout, Malware Mengerikan yang Menyamar Jadi VPN

Triout, Malware Mengerikan yang…

Pembuat malware punya banyak cara…
Tidak Cuma Dipukuli, Cleaning Service Ini Juga Bakal…

Tidak Cuma Dipukuli, Cleaning…

Seorang pekerja cleaning service SMPN Galesong…
Kenapa Sih Banyak Murid Menentang Guru?

Kenapa Sih Banyak Murid Menentang…

Pada Oktober 2018, seorang siswa SMAN 7…
Punya Rambut Panjang Sampai Kaki, Perempuan Ini Tidak…

Punya Rambut Panjang Sampai Kaki,…

Kebanyakan orang tak tahan kalau tidak keramas atau…
banner ads