loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

Sebenarnya, Kita Siap Nggak Sih Untuk Asian Games?

Sebenarnya, Kita Siap Nggak Sih Untuk Asian Games?

08 August 2018

Asian Games 2018 sudah mendekati tanggal mainnya. Tanggal cantik 18.8.18 bakalan menjadi saksi sejarah, di mana Indonesia merasa sangat terhormat dikunjungi 44 negara untuk bertanding secara sehat. Namun, menjelang opening ceremony Asian Games 2018, banyak kejadian memalukan yang terjadi di negeri ini.

Hal tersebut membuat kita berpikir bahwa Indonesia belum siap untuk menjadi tuan rumah di ajang olahraga paling besar se-Asia ini. Seperti:

-Mendekati Pembukaan, Stadion Dirusak

Pembangunan infrastruktur tanah air beberapa tahun terakhir bisa dibilang jor-jorandemi menyambut Asian Games 2018. Hal ini juga diungkapkan oleh Najwa Shihab lewat Mata Najwa episode Demi Asian Games yang tayang pada 31 Juli kemarin. Sayangnya, infrastruktur yang sudah dibangun sedemikian rupa malah disalahgunakan oleh masyarakat sendiri. Dilansir dari okezone.com, Stadion utama GBK mengalami kerusakan mencapai Rp150 juta ketika digunakan untuk ajang Final Piala Presiden 2018.

Hal tersebut menuai banyak kritikan dari masyarakat, termasuk pejabat yang bertanggung jawab. Namun, Direktur Utama Pusat Pengelola Kompleks Gelora Bung Karno (PPKGBK), Winarto, menyatakan, “menonton bola tidak ramai itu tidak seru, berbeda dengan nonton bioskop. Jadi kerusakan itu wajar, dan relatif lebih kecil dari kerusakan yang lalu.” Tak hanya GBK, Stadion Jakabaring yang baru “dipoles” itu juga rusak parah karena kisruh penonton ketika Sriwijaya FC bertanding melawan Arema FC, pada 21 Juli lalu.

-Kebijakan Ganjil-Genap Terkesan Dipaksakan

Banyak kebijakan baru yang diterapkan menjelang datangnya Asian Games 2018, salah satunya adalah kendaraan ganjil-genap. Memang hal ini sudah terlebih dulu diterapkan untuk mengurangi kemacetan di beberapa titik. Namun, demi menjaga citra Indonesia agar tak terkesan “macet banget” di hadapan 44 negara tamu, kebijakan ini diperluas. Kebijakan ganjil-genap yang awalnya hanya berlaku 8 jam di jalan-jalan tersebut diperluas.

Peraturan tersebut menjadi 15 jam durasi (dari jam 6 pagi hingga 9 malam), dengan rute tambahan yaitu Rasuna Said, A Yani, Pondok Indah, Gandaria, hingga RA Kartini. Dikutip dari tirto.id, banyak pengguna jalan yang merasa dirugikan karena menambah ongkos untuk naik transportasi pribadi. “Sama sekali tidak efektif kalau tujuannya buat mengurangi kemacetan. Motor kan, masih tetap banyak. Kalau mau sekalian motor dilarang,” ungkap Pengamat Transportasi, Djoko Setiowarno.

-Mengorbankan Anak Sekolah

Tak hanya kebijakan ganjil-genap saja yang diusulkan Pemerintah untuk mengurangi kemacetan Jakarta. Demi Asian Games, Pemprov DKI Jakarta juga ngide untuk meliburkan sekolah ketika Asian Games 2018 berlangsung. Kapolri, Tito Karnavian menyampaikan bahwa opsi meliburkan anak sekolah bisa mengurangi kemacetan hingga 11 persen, dikutip dari Kompas.com. Meskipun anak sekolahnya juga pasti senang.

Keputusan ini memang belum final, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengungkapkan bahwa kebijakan ini akan dipertimbangkan setelah melihat evaluasi simulasi lalu lintas. Jika memang kebijakan ganjil-genap tak begitu berpengaruh, maka opsi meliburkan anak sekolah bisa jadi dilaksanakan. Bagaimana dong kualitas SDM kita? Demi Asian Games waktu belajar mereka di sekolah harus dikorbankan.

=============================================================

Tak hanya kebijakan-kebijakan Pemerintah saja yang terkesan dipaksakan demi Asian Games 2018 ini, tetapi juga perilaku masyarakatnya. Mulai dari tak bisa menjaga infrastruktur Asian Games hingga cuek-bebek dan tak mau tahu soal ajang ini. Cuek juga bukan berarti bagus, loh, Malah dapat menjadi boomerang juga untuk negeri ini.

Maka dari itu, di sisa 10 hari menuju opening ceremony Asian Games 2018 ini, mari bersatu sebagai rakyat Indonesia yang bangga untuk menyambut 44 negara tamu di rumah kita. Cukup tahan untuk mengikuti kebijakan Pemerintah yang sudah kepalang tanggung dan tak mengacaukan infrastruktur yang telah dibangun.

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

Penyebab Kaki Terasa Gatal Ketika Sedang Olahraga

Penyebab Kaki Terasa Gatal Ketika Sedang Olahraga

Pernah nggak sih ketika kita lari merasa tungkai…

Android Berbasis Indonesia?

Android Berbasis Indonesia?

Seperti yang lo ketahui, Android punya banyak versi…

True Definition Of Kutunggu Dudamu

True Definition Of Kutunggu Dudamu

Pernikahan pasangan yang sudah berusia ini mempunyai…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

Selain Hafidz, Inilah 3 Siswa Lain Yang Juga Dapat…

Selain Hafidz, Inilah 3 Siswa…

Jika kalian mengira hanya Hafidh Rifa’i…
Deretan Etika Ketika Main Game Online

Deretan Etika Ketika Main Game…

Game online, berbeda dari game offline.…
Demi Ketemu Orang Tua, Remaja Ini Mengaku Diculik

Demi Ketemu Orang Tua, Remaja…

Seorang remaja kesepian di China dilaporkan…
Kucing Dilempar Di Sinetron Azab, Pecinta Hewan Terpelatuk

Kucing Dilempar Di Sinetron Azab,…

Berbagai kecaman soal adegan sinetron bertema…
Viral Challange Cium Sapi. Apa Pula Ini?!

Viral Challange Cium Sapi. Apa…

Pemerintah Austria mengeluarkan peringatan…
Penyebab Bukber Cuma Jadi Wacana Foreva

Penyebab Bukber Cuma Jadi Wacana…

Di bulan puasa, pasti hampir semua orang…
7 Tanda Depressi Yang Mungkin Tidak Kalian Ketahui

7 Tanda Depressi Yang Mungkin…

Depresi menjadi salah satu penyakit mental…
Ternyata Plastik Yang Bisa Dimakan Sudah Ada Di Indonesia

Ternyata Plastik Yang Bisa Dimakan…

Saat Anda memasak mi instan, sadarkah bahwa…
Baru Dilantik 15 Menit, Eh Bupati Ini Langsung Dicopot

Baru Dilantik 15 Menit, Eh Bupati…

Terdakwa suap terkait jual-beli jabatan…
Ada Apa Dengan Muh.Salim?

Ada Apa Dengan Muh.Salim?

Bagi kalian yang nolep dan hidup di sosmed,…
banner ads