loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

5 Hal Yang Hanya Dialami Oleh Mahasiswa Jurusan Psikologi

5 Hal Yang Hanya Dialami Oleh Mahasiswa Jurusan Psikologi

15 August 2018

Psikologi merupakan salah satu jurusan terfavorit di sejumlah kampus Indonesia. Oleh karenanya, menjadi mahasiswa jurusan psikologi tentu memberikan kebanggaan tersendiri.

Meski begitu, ada suka dan duka yang hanya dialami mahasiswa jurusan psikologi. Seperti:

1. Disuruh baca kepribadian

Seorang mahasiswa psikologi UI, Aulia, mengaku dianggap bisa tahu kepribadian seseorang walau baru pertama kali bertemu. Ia bahkan pernah ditanya keribadian berdasarkan golongan darah.

"Dulu, kan, banyak akun golongan darah dan kepribadian gitu. Aku ditanya itu benar atau enggak. Ditanya juga 'kalau golongan darah B kepribadiannya bagaimana'? Aku cuma bisa nyengir awkward," tutur Aulia.

2. Dianggap bisa baca pikiran

"Kalau kenalan sama orang asing pasti diomongin 'waduh bisa baca pikiran orang, dong' 'waduh aku harus hati-hati nih, nanti kepribadianku kebaca'," aku Acintya, alumni S1 dan S2 Psikologi UGM.

Padahal menurut Acintya, untuk 'membaca pikiran' seseorang yang baru dikenal itu merupakan hal yang mustahil. Harus melalui tahapan tes tertentu untuk menganalisa orang secara tepat.

"Kalau untuk orang yang sudah sering bersama (sudah dekat -red), lumayan gampang untuk dilakukan," lanjut Acintya.

3. Diminta tips dan trik mengerjakan psikotes

Aulia menuturkan notifikasi WhatsApp dan LINE di handphonenya mendadak ramai bila teman-temannya sedang mengikuti ujian masuk perusahaan. Sebagai mahasiswa psikologi, ia kerap diminta tips dan trik mengerjakan psikotes dan TPA.

"Bahkan pernah sampai dikirim foto soal ujian dan disuruh mengerjakan. Asal tahu aja, ya, kunci psikotes dan TPA itu tidur cukup, makan enak. Tapi tiap kali aku kasih tahu begini mereka marah-marah, aduh kesal sendiri," pungkasnya.

4. Secara enggak sadar menganalisa diri sendiri dan orang lain

Berbagai teori psikologi yang diajarkan selama kuliah, tak jarang mahasiswa terapkan di kehidupan sehari-hari. Seperti Aulia yang mengaku pernah menganalisa diri sendiri.

"Kalau lagi senang banget suka mikir, 'oh aku senang banget gini jangan-jangan ini episode manic, jangan-jangan aku bipolar'," ujarnya.

Ia juga secara diam-diam menemukan penjelasan di balik perilaku seseorang. "Kadang kalau ada yang curhat bagaimana orang itu dibesarkan dari kecil, aku langsung mikir 'oh pantes orangnya rese'," ucapnya sambil tertawa.

5. Menjadi sumber solusi segala permasalahan hidup

Mahasiswa jurusan psikologi juga memiliki citra sebagai tempat curhat yang baik. Mereka dianggap memiliki solusi dari segala permasalahan hidup layaknya seorang psikolog profesional.

Padahal, Shabrina --mahasiswa psikologi UGM-- menyebut proses untuk menjadi psikolog tidak semudah dan secepat itu. Setelah mengenyam pendidikan S1 psikologi, kamu harus melanjutkan S2 pendidikan profesi.

"Pernah dijadikan tempat curhat. Tapi kalau menurut dia tanggapannya salah, diejek 'katanya anak psikologi'. Ya, mohon maaf, saya bukan psikolog. Atau kadang jawab 'wah maaf, nih, hidupku aja enggak bener. Salah tanya kamu'," kata dia.

Senada dengan Shabrina, Aulia menambahkan ia juga pernah diminta untuk mengobati seseorang layaknya psikiater. 

"Adiknya temanku bipolar, terus dia sama mamanya konsultasi ke aku bagaimana cara menyembuhkannya. Ya, aku bantu semampuku aja. Tapi aku tegaskan, aku belum memiliki kapasitas untuk melakukan itu, karena bukan psikolog atau psikiater," jelas Aulia.

"Kalau udah ditanya begini, ya, membantu aja sebisa aku. Itung-itung mencoba mengaplikasikan ilmu yang sudah diketahui," ujar dia.

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

Bagooos! Mabok Pembalut Belum Kelar, Sudah Ada Mabok…

Bagooos! Mabok Pembalut Belum Kelar, Sudah Ada Mabok…

Kejadian mabuk menggunakan barang tak biasa memang…

Beberapa Hal Yang Diperhatikan Orang Lain Untuk Menilai…

Beberapa Hal Yang Diperhatikan Orang Lain Untuk Menilai…

Dalam dunia kerja atau bisnis atau dalam membuat…

Aku Yang Dulu Bukan Aku Yang Sekarang, Dulu Sekuriti…

Aku Yang Dulu Bukan Aku Yang Sekarang, Dulu Sekuriti…

Dulu menciduk maling , sekarang diciduk polisi...

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

Suara Misterius Di Langit Pekalongan. Thanos kah?

Suara Misterius Di Langit Pekalongan.…

Warga di sekitar Pekalongan dan sekitarnya,…
Antrian Beli Iphone Terbaru Sepi, Apakah Sudah Misqueen?

Antrian Beli Iphone Terbaru Sepi,…

Hari ini, Jumat (14/12/2018) tiga iPhone…
Selain Indonesia, Negara-Negara Ini Juga Suka Makan…

Selain Indonesia, Negara-Negara…

Selain gak bisa lepas dari sambal, makan…
Tidak Selalu Jahat, Inilah 5 Sifat Giant Yang Perlu…

Tidak Selalu Jahat, Inilah 5 Sifat…

Selain Nobita, ada juga tokoh-tokoh lain,…
Inilah Rahasia Kenapa Bunglon Bisa Merubah Warna Kulitnya

Inilah Rahasia Kenapa Bunglon…

Bunglon akan mengubah warna kulit tubuhnya…
Selain Shopee, Iklan Produk-Produk Ini Juga Kena Boicrot.

Selain Shopee, Iklan Produk-Produk…

Iklan Shopee diboicrot oleh mak-emak, tapi…
Quotes-Quotes Paling Hits Sepanjang 2018

Quotes-Quotes Paling Hits Sepanjang…

Di penghujung tahun, adalah saat yang tepat…
Net.Tv Bakalan Nayangin Kartun. Ada Apa Aja Sih?

Net.Tv Bakalan Nayangin Kartun.…

Net.Tv dan Cartoon Network bekerja sama.…
10 Video Paling Banyak Dislikes Di Youtube

10 Video Paling Banyak Dislikes…

Selera memang relatif, jikalau si A suka…
Sinetron Jadul Lorong Waktu, Kini Ada Di Youtube

Sinetron Jadul Lorong Waktu, Kini…

Lorong Waktu, adalah sinetron Sci-fi Religi…
banner ads