loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

Dollar Menggila, Ternyata Tidak Sepenuhnya Buruk Lho!

Dollar Menggila, Ternyata Tidak Sepenuhnya Buruk Lho!

05 September 2018

Banyak orang mengatakan jika rupiah melemah artinya Indonesia tamat. Bisa jadi benar atau salah. Namun pada kenyataannya banyak sektor justru diuntungkan dari naiknya harga dolar di pasar valuta asing.

Segala hal memiliki nilai positif dan negatifnya sendiri-sendiri. Mungkin dolar naik ibarat badai tornado bagi Indonesia. Tapi setiap badai berlalu pasti ada cahaya yang hangat, kan? Nih, 7 keuntungan Indonesia jika dolar terus melejit:

1. Eksportir Akan Memperoleh Keuntungan yang Lumayan

Indonesia adalah negara yang memiliki hobi mengimpor banyak sekali barang kebutuhan dari luar negeri. Hal inilah yang membuat negara ini jadi kucing kebakaran ekornya saat dolar meroket menembus 14.000 rupiah. Kita terbiasa apa-apa dibayar dengan dolar, akibatnya saat nilai dolar naik kita pun jadi tekor. Banyak importir mengeluhkan rupiah yang tak memiliki daya untuk melawan. Mau tidak mau importir akan menaikkan harga barangnya jika ingin dapat untung. Namun apa yang mereka lakukan justru membunuh calon pembeli. Dampaknya, barang tidak laku dan mereka semakin merugi.

Berbeda dengan sektor ekspor. Para pelaku di bidang ini mungkin akan mendulang untung lebih banyak. Barang-barang yang mereka jual ke luar negeri mungkin harganya sama. (Dibayar menggunakan dolar) Namun selisih harga dolar terhadap rupiah tentu menjadi untung yang tak terbilang sedikit. Ambil contoh selisih dolar bulan ini dan bulan lalu 500 rupiah. Kecil sih, tapi jika dikalikan dengan total penjualan, bisa jadi untung yang lumayan. Meski demikian, pelaku ekspor tetap ingin rupiah menguat karena jika terus tertekan akan memberikan efek domino yang sangat besar bagi Indonesia.

2. Barang Lokal Indonesia Bisa Berjaya di Negeri Sendiri

Imbas dari melemahnya rupiah terhadap dolar membuat barang dari luar negeri mengalami naik harga. Mulai dari benda elektronik, otomotif, pakaian, hingga makanan. Banyak orang akan berpikir dua kali untuk menebus benda ini dan dibawa pulang. Sementara itu, produk dalam negeri harganya masih akan stabil, walau ada kenaikan mungkin tidak signifikan. Momen langka ini seharusnya bisa digunakan oleh pelaku UMKM di Indonesia untuk mempromosikan produk mereka.

Orang Indonesia cenderung mencari barang yang lebih murah daripada barang mahal namun fungsinya sama. Promosi besar-besaran bisa dilakukan agar barang lokal Indonesia laku di negerinya sendiri. Selama ini kita lebih banyak menggunakan barang dari luar negeri yang sering kena pajak itu. Lalu saat pajak kian naik, dan harga kian mencekik, mau tidak mau kita harus beralih ke produk yang lebih murah. Salah satunya memilih produk lokal yang secara kualitas sama namun harga bersahabat.

3. Sektor Pariwisata Akan Mengalami Peningkatan

Sektor pariwisata ternyata juga mendapatkan imbas yang cukup besar dari naiknya nilai tukar dolar terhadap rupiah. Akan banyak sekali turis yang datang atau berbelanja di Indonesia karena “murahnya” biaya hidup di sini. Jika sebelumnya 100 dolar sama dengan 1,2 juta rupiah, saat ini 100 dolar menjadi 1,4 juta rupiah. Selisih yang cukup signifikan ini akan menguntungkan mereka yang menggunakan dolar untuk berwisata.

Meski demikian, efek untuk sektor pariwisata biasanya musiman. Dolar tak akan selamanya berada di puncak kemenangannya, bisa jadi beberapa bulan kemudian akan terjun. Itulah mengapa saat dolar naik, orang-orang dari sektor pariwisata akan gencar melakukan promosi. Semakin banyak turis yang datang artinya geliat pariwisata di Indonesia akan semakin bagus. Dampaknya, keuntungan besar bisa diterima Indonesia dari sektor yang mulai berkembang ini.

4. Para Pekerja Bergaji Dolar Kebanjiran Untung

Tak bisa dipungkiri lagi jika dunia internet memberikan dampak besar bagi seluruh orang di dunia. Termasuk kita yang berada di Indonesia. Belakangan ini sebuah peluang bisnis baru banyak bermunculan di internet. Salah satu yang kian tenar adalah internet marketer. Pelaku di bidang ini lebih banyak menggunakan dolar untuk segala transaksinya. Saat dolar naik tentu mereka kebagian untung meski mungkin dampaknya hanya sementara.

Mereka mungkin mendapatkan untung 200 dolar sebulan. Jumlah ini hanya menjadi 2,6 juta sekian pada bulan lalu. Namun hari ini jumlah itu akan menjadi 2,8 juta rupiah. Selisih 200 ribu rupiah lumayan besar. Itu masih 200 dolar, lalu bagaimana dengan pebisnis yang mendapatkan untuk hingga puluhan ribu dolar? Selisih beberapa rupiah saja bisa membuat mereka untuk yang cukup besar.

Meski demikian, tak semua orang Indonesia bisa melakukan bisnis di internet yang butuh ketekunan dan jam terbang ekstra untuk memahaminya.

======================================

Intinya, dari pada kita mengutuk nggak karuan, lebih baik manfaatkan situasi. Dari pada banyak bacot malah bikin kamu jadi situasu,

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

Belum Habis Flakka, Datanglah Gray Death

Belum Habis Flakka, Datanglah Gray Death

Jika kemarin ada flakka yang bisa membuat kita…

Perayaan Kelulusan Anak Indonesia Yang Sangat Berfaedah

Perayaan Kelulusan Anak Indonesia Yang Sangat Berfaedah

Kita biasanya lihat perayaan kelulusan anak sekolah…

Jika Kamu Merasakan Hal-Hal Ini, Mungkin Kamu Bakal…

Jika Kamu Merasakan Hal-Hal Ini, Mungkin Kamu Bakal…

Hantu pocong menjadi hantu khas Indonesia yang…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

Selain Hafidz, Inilah 3 Siswa Lain Yang Juga Dapat…

Selain Hafidz, Inilah 3 Siswa…

Jika kalian mengira hanya Hafidh Rifa’i…
Deretan Etika Ketika Main Game Online

Deretan Etika Ketika Main Game…

Game online, berbeda dari game offline.…
Demi Ketemu Orang Tua, Remaja Ini Mengaku Diculik

Demi Ketemu Orang Tua, Remaja…

Seorang remaja kesepian di China dilaporkan…
Kucing Dilempar Di Sinetron Azab, Pecinta Hewan Terpelatuk

Kucing Dilempar Di Sinetron Azab,…

Berbagai kecaman soal adegan sinetron bertema…
Viral Challange Cium Sapi. Apa Pula Ini?!

Viral Challange Cium Sapi. Apa…

Pemerintah Austria mengeluarkan peringatan…
Penyebab Bukber Cuma Jadi Wacana Foreva

Penyebab Bukber Cuma Jadi Wacana…

Di bulan puasa, pasti hampir semua orang…
7 Tanda Depressi Yang Mungkin Tidak Kalian Ketahui

7 Tanda Depressi Yang Mungkin…

Depresi menjadi salah satu penyakit mental…
Ternyata Plastik Yang Bisa Dimakan Sudah Ada Di Indonesia

Ternyata Plastik Yang Bisa Dimakan…

Saat Anda memasak mi instan, sadarkah bahwa…
Baru Dilantik 15 Menit, Eh Bupati Ini Langsung Dicopot

Baru Dilantik 15 Menit, Eh Bupati…

Terdakwa suap terkait jual-beli jabatan…
Ada Apa Dengan Muh.Salim?

Ada Apa Dengan Muh.Salim?

Bagi kalian yang nolep dan hidup di sosmed,…
banner ads