loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

Saran Dari Pengamat Untuk Maksimalkan Profit Pertamina

Saran Dari Pengamat Untuk Maksimalkan Profit Pertamina

27 September 2018

Para pengamat perminyakan yang tergabung dalam Asosiasi Pengamat dan Analis Petroleum Indonesia (APAPI) secara resmi menyarankan agar PT Pertamina memproduksi dan memasarkan produk minyak tradisional seperti minyak telon dan sinyongnyong.

Hal ini disampaikan oleh ketua APAPI Entong Waluyo dalam seminar bertajuk Pertamina dan Warisan Lokal yang dilangsungkan di Jakarta kemarin (17/9). Usulan tersebut dimaksudkan agar BUMN yang bergerak di bidang perminyakan dan gas alam tersebut bisa mendapatkan keuntungan yang stabil.

Usulan ini juga terkait dengan pernyataan beberapa waktu lalu bahwa Pertamina mengalami kerugian hingga Rp 14 triliun dari penjualan bahan bakar, sehingga membuat pemerintah melalui Kementerian ESDM meminta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mengaudit BUMN itu.

“Pertamina adalah kasus unik dalam dunia oil and gas. Di saat harga minyak dunia menurun tajam, Pertamina tetap tidak bisa menurunkan harga secara drastis karena merugi. Oleh karena itu kami mengumpulkan saran dari segenap kolega untuk memberi masukan kepada manajemen Pertamina dan pemerintah. Akhirnya kami sampai pada kesimpulan di mana Pertamina harus mulai memproduksi minyak telon dan minyak sinyongnyong,” ujar Entong.

Produksi minyak tradisional ini penting demi membentuk kelancaran perputaran arus uang Pertamina. Selama ini, APAPI menilai kondisi keuangan dan pelayanan Pertamina selalu terkekang oleh harga minyak yang mereka dapatkan dan jual. Ditambah lagi, meski kebenarannya masih perlu dipastikan, terdapatnya mafia minyak baik di luar maupun dalam negeri memperparah kondisi ini.

Entong bahkan menyebutnya sebagai poltergeist hands. “Kita selalu belajar bahwa dalam pasar bebas terdapat invisible hands, yang akan menyesuaikankondisi pasar dengan sendirinya termasuk soal harga. Tapi kita bisa melihat bahwa tidak ada invisible hands dalam kasus Pertamina. Yang ada adalah poltergeist hands, sama-sama tidak kelihatan tapi membuat runyam sana-sini.”

Oleh karena itu, pendirian fasilitas produksi minyak telon dan sinyongnyong dipercaya APAPI sebagai jalan keluar bagi Pertamina untuk memperdalam penetrasi pasar dan memaksimalkan keuntungan. Entong merujuk kepada beberapa perusahaan kompetitor yang bermain di ranah produk minyak tradisional, yang menurutnya hampir selalu mampu mencetak keuntungan setiap tahunnya.

Kedua produk tersebut umumnya memiliki permintaan yang tinggi di masyarakat. Meskipun jumlah pemain di bidang tersebut sudah cukup banyak, ia memastikan bahwa Pertamina tidak akan kesulitan untuk masuk dan beradaptasi melalui jaringan dan asetnya di seluruh Indonesia.

“Minyak itu tidak akan ada habisnya. Di seluruh kota dan desa di Indonesia, permintaannya selalu tinggi dari dulu hingga kini. Bila Pertamina bisa menggunakan jaringan dan asetnya untuk pemasaran, loyal customer bisa diraih. Produsen minyak telon saja bisa untung, masa Pertamina yang bermain di bensin dan bahan bakar mengaku rugi? Malu jadinya. Lebih baik Pertamina ikut merambah pasar minyak telon dan sinyongnyong agar punya pengalaman bagaimana rasanya untung dengan sehat,” papar Entong lebih jauh.

Pihak APAPI mengaku siap apabila tenaga mereka dibutuhkan pemerintah ataupun Pertamina untuk menyusun strategi mengenai usulan ini. Meski demikian, hingga artikel ini diturunkan, belum ada tanggapan resmi dari Pertamina atas usulan APAPI tersebut. 

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

Keuntungan Menjomblo

Keuntungan Menjomblo

Siapa yang jomblo? Yuk, angkat tangan dan nggak…

Hati-Hati Ada Cowok Ganteng Yang Berbahaya Loh

Hati-Hati Ada Cowok Ganteng Yang Berbahaya Loh

Siapa sih, yang enggak suka sama cowok cakep? Apalagi…

Ini Dia Daftar Orang-Orang Terkaya 2017

Ini Dia Daftar Orang-Orang Terkaya 2017

Majalah Bisnis Forbes merilis kembali daftar orang-orang…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

Punya Muka Mirip Messi, Pria Ini Berhasil Tiduri 23…

Punya Muka Mirip Messi, Pria Ini…

Di Iran, ada seorang pria bernama Reza Parastesh.…
Sering Dicurangi Pembeli, Kang Gorengan Pasang CCTV

Sering Dicurangi Pembeli, Kang…

Berawal dari sering dicurangi oleh pelanggannya,…
Baru Sujud Syukur Keluar Penjara, Eks Bupati Bogor…

Baru Sujud Syukur Keluar Penjara,…

Anda ketagihan apa gimana? baru bulan lalu…
Hati-Hati, Ini Ciri Cowok PHP

Hati-Hati, Ini Ciri Cowok PHP

Apakah kalian pernah bertemu seorang…
Setelah Aceh, Apakah PUBG Haroom Nasional?

Setelah Aceh, Apakah PUBG Haroom…

Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh…
Di Jepang Viral Prank 'Penderitaan 1000 Tahun' Bahayakah?

Di Jepang Viral Prank 'Penderitaan…

Semakin hari semakin banyak bermunculan prank atau…
8 Negara Eropa Ini Punya Populasi Cewek Terbanyak

8 Negara Eropa Ini Punya Populasi…

Terkadang, kaum laki-laki jones merenungi…
PA 212 Pastikan Aksi Massal Jelang Putusan MK, Yeay…

PA 212 Pastikan Aksi Massal Jelang…

Mahkamah Konstitusi (MK) akan membacakan…
Sidang Skripsi VS Sri Mulyani

Sidang Skripsi VS Sri Mulyani

Skripsi memang menjadi masalah yang pasti…
Kim Jong Un Tak Selamanya Seram. Kadang Bisa Unch-Unch…

Kim Jong Un Tak Selamanya Seram.…

Kita mungkin selama ini mengenal Kim Jong…
banner ads