loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Waspada Saat Baca Media Online

5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Waspada Saat Baca Media Online

09 October 2018

Internet sekarang ini menjadi semacam gudangnya informasi. Bagaimana tidak, di sini kamu bisa menemukan hampir segala informasi yang kamu butuhkan dari berbagai sumber yang berbeda. Berita juga dengan begitu cepat bisa menyebar ke berbagai belahan dunia berkat internet. Tapi awas, kamu perlu waspada.

Di era modern ini, ternyata masih saja ada orang yang langsung percaya dengan pemberitaan apapun yang mereka temukan di internet. Tanpa berpikir panjang atau mencari tahu sumber lain, beberapa orang bahkan langsung membagikan berita tersebut kepada orang lain begitu saja. Ingat, tidak semua hal yang ditulis di media online itu benar. Berikut ini yang perlu kamu waspadai.

1. Artikel Tanpa Sumber Terpercaya

Saat kamu membaca sesuatu di internet, selalu pastikan ada sumber yang menyertai tulisan tersebut. Jika tidak ada sumber yang mendukung tulisan tersebut, maka jangan langsung percaya isi artikel tersebut.

Yang ditekankan di sini adalah sumber yang memiliki reputasi bagus. Meski beberapa situs sekarang sudah menambahkan sumber dari tulisan mereka, beberapa link yang mereka cantumkan juga tidak benar-benar bereputasi sehingga kamu patut meragukan isinya. Intinya, jangan terlalu gampang menghakimi dan gampang percaya apa yang kamu baca di internet.

2. Headline yang Tidak Bisa Dipercaya

Saat membaca berita-berita online, kamu tentu sering melihat berita dengan headline yang benar-benar mengejutkan. Beberapa orang bisa mendeteksi bahwa headline tersebut tidak sepenuhnya benar dan dilebih-lebihkan. Namun beberapa orang lainnya tidak dan langsung membagikan berita ini begitu saja.

Headline memang sengaja dibuat untuk memancingmu membaca berita tersebut. Tapi saat kamu membaca berita secera jeli hingga selesai, terkadang apa yang tertulis di headline sangat berbeda dengan isi berita. Tapi jangan salah, tidak hanya media besar yang melakukannya. Bahkan ada situs-situs yang sengaja memuat headline yang heboh dengan memanfaatkan rasa takut atau kebencian masyarakat. Tujuannya adalah untuk mendapatkan traffic yang tinggi karena dari situlah mereka mendapatkan pemasukan. Sedihnya lagi, justru berita seperti ini yang mendapatkan traffic lebih banyak dari situs yang benar-benar memuat berita.

3. Informasi yang Ketinggalan Jaman

Terkadang beberapa artikel meskipun sudah punya sumber yang sempurna juga tidak benar-benar akurat. Misalnya saja artikel yang bercerita tentang beberapa fakta tentang uranium. Masalahnya adalah, ilmu pengetahuan terus berkembang, maka terkadang juga akan ada beberapa fakta yang ikut berubah. Namun artikel yang dibuat beberapa tahun lalu ini masih memiliki traffic yang tinggi dan masih sering dibaca hingga sekarang. Akibatnya beberapa orang mengira fakta ini masih berlaku hingga sekarang.

Untuk menghindari ini, kamu juga perlu jeli dalam melihat tanggal dibuatnya artikel tersebut. Pengetahuan manusia akan selalu berubah dan mendapatkan informasi baru setiap saat yang mengubah persepsi lama yang dimiliki. Contoh mudahnya, dulu manusia percaya bahwa bumi itu datar, namun setelah penelitian lebih jauh maka diketahuilah bahwa bumi ternyata bulat. Jadi, pastikan agar kamu selalu up to date dengan setiap berita yang ada agar tidak terjebak dengan pengetahuan dan informasi lama.

4. Gambar yang Dipakai Kembali dengan Tujuan yang Berbeda

Hal ini sama buruknya dengan membuat headline yang menipu atau berita yang menyederhanakan laporan. Jutaan foto diubah setiap saat dengan tujuan untuk menipu para pembaca untuk tujuan-tujuan tertentu. Misalnya saja foto arkeolog yang menemukan tulang belulang raksasa. Foto yang seperti ini memang menipu dan tidak benar, tapi tidak menimbulkan kerusakan. Namun jika foto yang dipakai dihubungkan untuk kepentingan politik atau agama, hal seperti ini bisa menimbulkan perpecahan.

Sebagai contohnya, pada Mei 2015 sebuah kampanye sosial media sayap kiri menyebarkan foto berbotol-botol champagne yang dikirim ke Downing Street, London, tempat asal perdana menteri yang pro-kesederhanaan yang baru terpilih saat itu. Hal ini tentu memicu amarah masyarakat terhadap perdana menteri dan banyak orang mengatakan bahwa ia adalah sosok yang munafik. Padahal, foto tersebut sebenarnya diambil lebih dari sepuluh tahun sebelumnya.

5. Mengejar Klik

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa satu media menulis beberapa berita yang sama? Mengapa satu media menulis tentang sebuah berita dalam beberapa artikel terpisah? Mengapa kamu masih mendengar peperangan mematikan di Syria tapi hampir tidak mendengar tentang peperangan di Sudan Selatan?

Hal ini tidak lain karena banyak situs membuat keputusan tentang apa yang harus dipublikasikan berdasarkan kemungkinan jumlah klik yang didapat. Akibatnya, para editor juga mendorong staf untuk menulis sesuatu yang bisa memicu klik.

==================================

Nah, jadi mulai sekarang berhati-hatilah saat membaca artikel atau berita apapun di internet. Jangan sampai emosimu terpancing dan membagikan berita-berita yang tidak benar.

Ingat, meminta maaf berarti mengaku salah. Setelah itu, hukum harus tetap berjalan.

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

Sikap-Sikap Orang Jepang Yang Patut Kita Teladani

Sikap-Sikap Orang Jepang Yang Patut Kita Teladani

Segala hal dalam hidup pasti ada plus minusnya.…

Biar Gak Malu-Maluin Depan Calon Mertua, Inilah Beberapa…

Biar Gak Malu-Maluin Depan Calon Mertua, Inilah Beberapa…

Sejak dahulu kala, Indonesia memang sudah terkenal…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

4 Hal Yang Bikin Kaum Flat Earth Yakin Mereka Paling…

4 Hal Yang Bikin Kaum Flat Earth…

Perkara bumi berbentuk datar atau bulat,…
Kalahkan Gaji PNS 5 Bulan, Beginilah Besarnya Imbalan…

Kalahkan Gaji PNS 5 Bulan, Beginilah…

Menjadi wasit di Indonesia bisa dibilang…
4 Dampak Akibat Nge-Prank Tarik Bangku Di Sekolah

4 Dampak Akibat Nge-Prank Tarik…

Nge-prank tarik bangku di sekolah mungkin…
4 Tips Menghindari Razia Rambut

4 Tips Menghindari Razia Rambut

Razia rambut adalah sebuah kegiatan yang…
Mengikuti Jejak Patrick, Orang-Orang Ini Menikahi…

Mengikuti Jejak Patrick, Orang-Orang…

Ingat episode dimana Patrick menikahi tiang?…
Hari-Hari Unik Di Bikini Bottom

Hari-Hari Unik Di Bikini Bottom

Banyak hal menarik seputar serial SpongeBob…
Filmnya Mau Lanjut, Apa Kabar Pemain Kung-Fu Hustle?

Filmnya Mau Lanjut, Apa Kabar…

Berkat dikonfirmasinya Kung Fu Hustle 2…
5 Kelakuan Bobrok Para PNS yang Bikin Tepok Jidat

5 Kelakuan Bobrok Para PNS yang…

Ada-ada saja kelakuan PNS di negara ber-flower…
Sudah Dandan Untuk Pernikahan, Calon Suami Malah Meninggal…

Sudah Dandan Untuk Pernikahan,…

Yang namanya musibah memang datang kapan…
Kim Jong Un Paksa Warganya Setor 100kg Tinja Tiap…

Kim Jong Un Paksa Warganya Setor…

Kim Jong-un baru aja mengeluarkan perintah…
banner ads