loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

Bahasa-Bahasa Tersulit Untuk Dipelajari

Bahasa-Bahasa Tersulit Untuk Dipelajari

16 November 2018

Sebagai sarana komunikasi, bahasa memiliki peran yang penting banget untuk kegiatan sehari-hari kita. Tapi, tahukah kamu bahwa ada sederet bahasa tersulit di dunia untuk dikuasai? Bahkan, banyak yang bilang kalau kita tidak terlahir di negara tempat bahasa tersebut digunakan, kita gak akan bisa sefasih itu dalam berkomunikasi. Penasaran? Kita mulai saja ya!

1. Mandarin

Tak dapat dipungkiri lagi, bahasa Mandarin sudah pasti menjadi salah satu bahasa tersulit di dunia untuk dipelajari. Bagaimana tidak, ada ribuan han zi (karakter dalam Mandarin) yang mau tak mau harus dihafal untuk mempelajarinya. Bahkan, dengan total lebih dari 50.000 karakter, seorang penutur bahasa Mandarin yang terpelajar 'hanya' mengetahui 8.000 karakter. Namun faktanya, untuk membaca koran, kamu 'hanya' perlu mengetahui 2.000 - 3.000 karakter 'saja' kok.

Penggunaan nada juga bisa menjadi sangat tricky nih. Pasalnya, terdapat 4 nada dasar yang memiliki arti yang berbeda jika diucapkan, meskipun pengejaan katanya sama. Contohnya, kata wen dengan nada ke-4 memiliki arti bertanya, namun kata wen dengan nada ke-3 memiliki arti mencium. Ribet deh.

2. Jepang

Masih memiliki relasi yang dekat dengan bahasa Mandarin, bahasa Jepang juga menjadi salah satu bahasa tersulit di dunia. Beberapa hal yang membuatnya menjadi salah satu bahasa tersulit adalah, karakter kanji, katakana, dan hiragana yang (seperti bahasa Mandarin) begitu bervariasi dan harus dihafalkan, serta pengucapan beberapa huruf yang berbeda dengan biasanya, seperti pada pelafalan huruf 'r' pada bahasa Jepang yang berbeda dengan pelafalan huruf 'r' pada bahasa Inggris.

Kalian kira berbekal nonton anime sudah bisa bahasa jepang? tidak semudah itu Sakamoto!

3. Hungaria

Beralih ke Eropa, ada bahasa Hungaria yang begitu menyulitkan orang-orang yang ingin mempelajarinya. Bahasa ini memiliki 35 jenis kasus (contoh : akusatif) yang tentunya, dianggap jauh lebih banyak dari bahasa lainnya. Selain itu, penggunaan prefiks dan sufiks (awalan dan akhiran) dan peraturan grammar nya pun juga tergolong rumit sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang mempelajarinya.

4. Finlandia

Selanjutnya adalah bahasa Finlandia yang konon diperlukan waktu selama 44 minggu atau 1100 jam untuk dapat menguasainya dengan fasih. Hal ini dilatarbelakangi oleh bahasa Finlandia yang tidak memiliki koneksi dengan bahasa Latin atau Jermanik lainnya, sehingga lebih sulit dipelajari dibanding bahasa Inggris, terutama pada grammar. Kosa katanya pun

juga cukup menjebak, contohnya, talotta berarti 'tanpa rumah', sedangkan talolta berarti 'dari rumah'.

5. Islandia

Masih di benua yang sama, bahasa Islandia juga menjadi salah satu bahasa tersulit karena pengucapannya yang cukup rumit, ditambah penggunaan hurufnya yang tak biasa serta penggunaan konjugasinya yang menyulitkan. Semua ini disebabkan karena bahasa Islandia merupakan bahasa kuno, sehingga hampir seluruh unsur dalam bahasa tersebut terdengar tak biasa.

6. Thailand

Negara tetangga kita juga ternyata memiliki bahasa tersulit di dunia nih. Bahasa Thai dianggap sebagai salah satu bahasa tersulit untuk dipelajari. Bahasa ini memiliki 5 nada dasar yang cukup tricky untuk dipelajari serta memiliki karakter yang kompleks. Selain itu, alfabet Thai juga jauh lebih banyak dari alfabet pada umumnya, karena terdiri dari 44 huruf konsonan dan 24 huruf hidup (vowels).

Wik wik wik wik wik ai ai ai ai nggak dihitung ya, bro!

7. Arab

Terakhir, ada bahasa Arab yang juga digolongkan sebagai bahasa tersulit. Seseorang diperkirakan memerlukan waktu 2.200 jam atau hampir 2 tahun untuk mempelajari bahasa Arab sampai fasih. Terdapat juga beberapa cara berbeda untuk berkomunikasi dengan orang-orang tertentu. Hal ini tergantung pada jenis bahasa Arab apa yang seseorang gunakan, entah itu modern ataupun formal. Selain itu, kosa katanya juga dikenal sangat bervariasi, bahkan terdapat bermacam kata untuk menggambarkan 1 objek.

Itulah 7 bahasa tersulit di dunia gengs. Two thumbs up deh buat kalian yang fasih dalam salah satu (atau bahkan lebih) dari bahasa-bahasa tersebut!

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

4 Orang Ini Tidak Sadar Simpan Harta Karun

4 Orang Ini Tidak Sadar Simpan Harta Karun

Sering kali kita tidak sadar dengan apa yang sudah…

Kejadian Klise Yang Selalu Ada Di Sinetron Indonesia

Kejadian Klise Yang Selalu Ada Di Sinetron Indonesia

Enggak hanya sebagai sumber informasi, keberadaan…

Tanda Bahwa Kamu Harus Stop Mengejar Dia

Tanda Bahwa Kamu Harus Stop Mengejar Dia

Salah satu sifat yang…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

Meluk Sapi Jadi Lahan Bisnis, 4 Juta/90 Menit

Meluk Sapi Jadi Lahan Bisnis,…

Tidak banyak orang yang suka memeluk sapi…
Resiko FaceApp, Wajahmu Bisa Nampang di Papan Iklan…

Resiko FaceApp, Wajahmu Bisa Nampang…

Media sosial dipenuhi foto wajah menua warganet…
Kenapa Sih Masuk Sekolah Selalu Bulan Juli?

Kenapa Sih Masuk Sekolah Selalu…

Kamu tahu nggak, sih, kenapa tahun ajaran…
Jauhi 5 Hal Ini Untuk Hidup Lebih Santuy

Jauhi 5 Hal Ini Untuk Hidup Lebih…

Hidup memang sudah ribet, tapi sering kali…
Terlanjur Sayang, Cowok Ini Shock Pacarnya Cowok Juga

Terlanjur Sayang, Cowok Ini Shock…

Media sosial sebagai sebuah wadah untuk…
Kelakuan Kocak Bapak-Bapak

Kelakuan Kocak Bapak-Bapak

Sebagai orang yang sering dicap punya guyonan…
15 Tahun Jadi Guru Honorer, Nining Tetap Bertahan…

15 Tahun Jadi Guru Honorer, Nining…

Nining Suryani (44), guru di SDN Karyabuana…
Lagi, Siswa SMA Meninggal Saat MOS. Diduga Dipukuli…

Lagi, Siswa SMA Meninggal Saat…

Masa Orientasi Siswa (MOS) kembali menelan…
6 Jenis Anak Yang Rentan Jadi Korban Bully

6 Jenis Anak Yang Rentan Jadi…

Kasus bullying di sekolah mungkin sering…
4 Sosok Anak Indonesia Yang Berhasil Main Game Hingga…

4 Sosok Anak Indonesia Yang Berhasil…

Sebagai anak muda yang hidup di era digital…
banner ads