loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

Bahasa-Bahasa Tersulit Untuk Dipelajari

Bahasa-Bahasa Tersulit Untuk Dipelajari

16 November 2018

Sebagai sarana komunikasi, bahasa memiliki peran yang penting banget untuk kegiatan sehari-hari kita. Tapi, tahukah kamu bahwa ada sederet bahasa tersulit di dunia untuk dikuasai? Bahkan, banyak yang bilang kalau kita tidak terlahir di negara tempat bahasa tersebut digunakan, kita gak akan bisa sefasih itu dalam berkomunikasi. Penasaran? Kita mulai saja ya!

1. Mandarin

Tak dapat dipungkiri lagi, bahasa Mandarin sudah pasti menjadi salah satu bahasa tersulit di dunia untuk dipelajari. Bagaimana tidak, ada ribuan han zi (karakter dalam Mandarin) yang mau tak mau harus dihafal untuk mempelajarinya. Bahkan, dengan total lebih dari 50.000 karakter, seorang penutur bahasa Mandarin yang terpelajar 'hanya' mengetahui 8.000 karakter. Namun faktanya, untuk membaca koran, kamu 'hanya' perlu mengetahui 2.000 - 3.000 karakter 'saja' kok.

Penggunaan nada juga bisa menjadi sangat tricky nih. Pasalnya, terdapat 4 nada dasar yang memiliki arti yang berbeda jika diucapkan, meskipun pengejaan katanya sama. Contohnya, kata wen dengan nada ke-4 memiliki arti bertanya, namun kata wen dengan nada ke-3 memiliki arti mencium. Ribet deh.

2. Jepang

Masih memiliki relasi yang dekat dengan bahasa Mandarin, bahasa Jepang juga menjadi salah satu bahasa tersulit di dunia. Beberapa hal yang membuatnya menjadi salah satu bahasa tersulit adalah, karakter kanji, katakana, dan hiragana yang (seperti bahasa Mandarin) begitu bervariasi dan harus dihafalkan, serta pengucapan beberapa huruf yang berbeda dengan biasanya, seperti pada pelafalan huruf 'r' pada bahasa Jepang yang berbeda dengan pelafalan huruf 'r' pada bahasa Inggris.

Kalian kira berbekal nonton anime sudah bisa bahasa jepang? tidak semudah itu Sakamoto!

3. Hungaria

Beralih ke Eropa, ada bahasa Hungaria yang begitu menyulitkan orang-orang yang ingin mempelajarinya. Bahasa ini memiliki 35 jenis kasus (contoh : akusatif) yang tentunya, dianggap jauh lebih banyak dari bahasa lainnya. Selain itu, penggunaan prefiks dan sufiks (awalan dan akhiran) dan peraturan grammar nya pun juga tergolong rumit sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang mempelajarinya.

4. Finlandia

Selanjutnya adalah bahasa Finlandia yang konon diperlukan waktu selama 44 minggu atau 1100 jam untuk dapat menguasainya dengan fasih. Hal ini dilatarbelakangi oleh bahasa Finlandia yang tidak memiliki koneksi dengan bahasa Latin atau Jermanik lainnya, sehingga lebih sulit dipelajari dibanding bahasa Inggris, terutama pada grammar. Kosa katanya pun

juga cukup menjebak, contohnya, talotta berarti 'tanpa rumah', sedangkan talolta berarti 'dari rumah'.

5. Islandia

Masih di benua yang sama, bahasa Islandia juga menjadi salah satu bahasa tersulit karena pengucapannya yang cukup rumit, ditambah penggunaan hurufnya yang tak biasa serta penggunaan konjugasinya yang menyulitkan. Semua ini disebabkan karena bahasa Islandia merupakan bahasa kuno, sehingga hampir seluruh unsur dalam bahasa tersebut terdengar tak biasa.

6. Thailand

Negara tetangga kita juga ternyata memiliki bahasa tersulit di dunia nih. Bahasa Thai dianggap sebagai salah satu bahasa tersulit untuk dipelajari. Bahasa ini memiliki 5 nada dasar yang cukup tricky untuk dipelajari serta memiliki karakter yang kompleks. Selain itu, alfabet Thai juga jauh lebih banyak dari alfabet pada umumnya, karena terdiri dari 44 huruf konsonan dan 24 huruf hidup (vowels).

Wik wik wik wik wik ai ai ai ai nggak dihitung ya, bro!

7. Arab

Terakhir, ada bahasa Arab yang juga digolongkan sebagai bahasa tersulit. Seseorang diperkirakan memerlukan waktu 2.200 jam atau hampir 2 tahun untuk mempelajari bahasa Arab sampai fasih. Terdapat juga beberapa cara berbeda untuk berkomunikasi dengan orang-orang tertentu. Hal ini tergantung pada jenis bahasa Arab apa yang seseorang gunakan, entah itu modern ataupun formal. Selain itu, kosa katanya juga dikenal sangat bervariasi, bahkan terdapat bermacam kata untuk menggambarkan 1 objek.

Itulah 7 bahasa tersulit di dunia gengs. Two thumbs up deh buat kalian yang fasih dalam salah satu (atau bahkan lebih) dari bahasa-bahasa tersebut!

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

Mengaku Senang Keluar-Masuk Penjara, Alasan Pemuda…

Mengaku Senang Keluar-Masuk Penjara, Alasan Pemuda…

Jika biasanya para narapidana ingin segera keluar…

Pacaran Kids Jaman 'Now' Yang Bikin Eneg

Pacaran Kids Jaman 'Now' Yang Bikin Eneg

Kalau boleh diibaratkan, Pacaran itu seperti kentut.…

Keasikan Main Smartphone, Bocah Ini Kejepit Kloset

Keasikan Main Smartphone, Bocah Ini Kejepit Kloset

Di dunia yang serba canggih ini, kita bisa dengan…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

5 Foto Cewek Yang Dulu Sering Dipakai Hode Untuk Menipu…

5 Foto Cewek Yang Dulu Sering…

Untuk memancing ikan, kita perlu yang namanya…
Sekolah Ini Bakal DO Murid Yang Tidak Memberitahu…

Sekolah Ini Bakal DO Murid Yang…

Apa jadinya kalau sekolah kamu mewajibkan…
Kenapa Pekalongan Sering Disebut Kota Cheater?

Kenapa Pekalongan Sering Disebut…

Jika kalian sering melihat meme-meme…
Kisah Seorang Kolektor Yang Rugi 16jt Karena Koleksinya…

Kisah Seorang Kolektor Yang Rugi…

Bisa dikatakan ini adalah sebuah kejadian…
Suka Duka Satu Sekolah Bareng Kakak

Suka Duka Satu Sekolah Bareng…

Meskipun tiap sekolah tentu memiliki peraturan…
Pemilu Ukraina: Dimana Petahana Dikalahkan Pelawak

Pemilu Ukraina: Dimana Petahana…

Pelawak Ukraina, Volodymyr Zelensky, memenangi…
Menghemat Waktu, Pria Ini Berenang ke Kantor Sejauh…

Menghemat Waktu, Pria Ini Berenang…

Untuk menghemat waktu perjalanan ke kantornya,…
Melerai Orang Bertengkar, Bukannya Dapat Terima Kasih…

Melerai Orang Bertengkar, Bukannya…

Terkadang niat baik seperti seperti melerai…
Benang Layang-layang Nyatanya Bisa Mengancam Nyawa…

Benang Layang-layang Nyatanya…

Dulu, layang-layang jadi salah satu permainan…
Melihat Kisah Perjuangan Pendistribusian Surat Suara…

Melihat Kisah Perjuangan Pendistribusian…

Sebagai salah satu hajatan besar nasional…
banner ads