loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

Kenapa Sih, Orang Indonesia Lebih Suka Pakai Whatsapp?

Kenapa Sih, Orang Indonesia Lebih Suka Pakai Whatsapp?

11 December 2018

Aplikasi chat yang ada di Indonesia kini sudah semakin banyak. Salah satunya adalah aplikasi WhatsApp yang hampir di-download oleh semua kalangan di Indonesia. Sebut saja anak-anak, remaja, hingga orang tua memilih aplikasi ini sebagai media untuk berkomunikasi dengan teman-teman, keluarga, hingga rekan kerja. Namun, ada pula yang menggunakan aplikasi chatlainnya sepeti BBM atau Line untuk berkomunikasi. Walau begitu, tetap saja orang Indonesia ternyata lebih menyukai aplikasi chat yang simpel seperti WhatsApp.

Tidak dapat dipungkiri, aplikasi ini sudah memiliki pengguna hingga mencapai 1 milliar dari seluruh dunia. Selain itu, WhatsApp juga bisa digunakan di berbagai sistem operasi smartphoneseperti Android, iOS. Lalu mengapa orang Indonesia lebih suka menggunakan Whatsapp dibanding aplikasi chat lainnya? Berikut ulasannya.

1. Menggunakan nomor telepon sebagai akun dari profil WhatsApp tersebut, jadi super simpel!

Hal pertama yang membuat WhatsApp banyak disukai yaitu tidak perlu ribet mendaftar akun email untuk pembuatan profil dari WhatsApp tersebut, cukup menggunakan nomor telepon sendiri untuk pembuatan akun WhatsApp tersebut. Dan apabila suatu saat ingin menginstal ulang aplikasi WhatsApp lagi, maka pengguna cukup memasukkan nomor telepon lama yang di gunakan di WhatsApp sebelumnya, jadi tidak ribet seperti aplikasi chat lainnya yang menggunakan email. Karena email kadang pula pengguna juga lupa akan password yang di gunakan pada email tersebut.

2. Terhubung langsung dengan nomor di kontak telepon dan tidak membuat dua kali kerja

Hal Kedua yang membuat WhatsApp banyak disukai yaitu sudah tersinkron dengan nomor di kontak telepon. Ketika kita ingin mengirim pesan pada seseorang, kita tidak perlu meminta ID atau PIN terlebih dahulu. Karena cukup menyimpan nomor teleponnya, maka kita sudah bisa tersinkron dengan kontak orang tersebut.

Misalnya, ketika kita baru mendapat kenalan baru dan bertukar nomor telepon, maka WhatsApp akan secara otomatis memasukan nomor telepon orang tersebut ke daftar kontak WhatsApp kita. Sehingga kita pun tidak perlu kesulitan untuk mengingat ID atau PIN, karena hampir semua orang mendaftarkan WhatsApp dengan nomor pribadinya sendiri.

3. Interface yang simpel, mudah dipahami dan hemat data internet

Siapapun yang baru menggunakan WhatsApp pasti akan mudah memahami penggunaan aplikasi ini. Sebab, aplikasi ini memiliki interface yang simpel dan memang mudah dipahami. Inilah yang menjadi keunggulan WhatsApp dibanding aplikasi chat lainnya.

Selain itu, dengan interface-nya yang simpel dan tidak memuat banyak gambar (selain file yang di-download atau di-share), aplikasi WhatsApp ini terbilang sangat ringan, hemat baterai, dan dapat menghemat data internet ketika dijalankan. Sebab, tidak banyak memuat banyak gambar seperti aplikasi chat lainnya.

4. Terdapat fitur update status dan video call yang praktis

WhatsApp juga terdapat fitur update status yang memudahkan pengguna, apabila ingin membagikan suatu aktivitas / hal seru yang ingin diperlihatkan kepada orang lain. Penggunaannya pun cukup mudah, hanya tinggal menggeser kekiri pada bagian menu chat WhatsApp, maka pengguna akan masuk kedalam menu update status.

Dan untuk penggunaan video call pada WhatsApp pengguna cukup masuk pada nomor telepon seseorang yang dituju. lalu pengguna hanya perlu memilih panggilan video pada WhatsApp tersebut, maka pengguna akan masuk ke dalam sebuah panggilan video. Meskipun Pada ada aplikasi seperti Facebook, Line dan BBM sudah terdapat terdapat dua fitur tersebut terlebih dahulu, namun penggunaan fitur-fitur tersebut di WhatsApp tidak terlalu memakan penggunaan data internet.

5. Bukan media untuk 'kepo' atau 'stalking'

Walaupun sudah menghadirkan fitur untuk update ‘status’. Namun, fitur tersebut tidak terlalu dijadikan untuk ajang eksis antar sesama pengguna WhatsApp. Berbeda dengan aplikasi chatlainnya yang memang dari awal mengedepankan fitur untuk update status atau feeds seperti BBM atau menghadirkan fitur update status dengan stiker seperti Line.

Karena sejak awal WhatsaApp memang sudah memiliki interface yang simpel hanya untuk chatting, maka ketika fitur untuk update ‘status’ tersebut dimunculkan pun pengguna tetap fokus pada fungsi utamanya untuk mengirim pesan singkat. Sehingga, aplikasi WhatsaApp pun lebih disukai karena bukan media untuk saling ’kepo’ atau ‘stalking’ antar penggunanya.

6. Gratis dan tidak ada iklan seperti para pendahulunya

Istimewanya lagi, WhatsApp tidak menampilkan iklan apapun pada aplikasinya. Sehingga, pengguna pun nyaman saat menggunakannya. Aplikasi chat lain seperti BBM, sudah menerapkan iklan pada feeds-nya sehingga terkadang pengguna harus melihat atau meng-klik iklan tersebut terlebih dahulu di sela-sela penggunaan aplikasinya. Namun di WhatsApp, kamu tidak akan menemukan hal tersebut karena hingga kini WhatsApp masih bebas dari iklan.

Itulah alasan mengapa orang Indonesia lebih suka menggunakan Whatsapp dibanding aplikasi chat lainnya. So, apakah kamu setuju jika WhatsApp merupakan aplikasi chat yang paling nyaman digunakan?

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

Memperkosa Kambing, Pria Ini Dipaksa Menikahinya.…

Memperkosa Kambing, Pria Ini Dipaksa Menikahinya.…

Seorang pria di Sudan yang bernama CHARLES…

Macam-Macam Kertas Bungkus Gorengan

Macam-Macam Kertas Bungkus Gorengan

Nggak ada yang ngalahin…

Setelah 18 Kali Gagal, Mahasiswa Ini Akhirnya Wisuda

Setelah 18 Kali Gagal, Mahasiswa Ini Akhirnya Wisuda

Skripsi sering jadi momok bagi mahasiswa. Susahnya…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

Perusahaan Ini Tawarkan 2,3 M Untuk Cium Ketek

Perusahaan Ini Tawarkan 2,3 M…

Ada banyak jenis pekerjaan unik di dunia…
Dua Kakak Beradik Bakar Rumah, Katanya Seru Lihat…

Dua Kakak Beradik Bakar Rumah,…

  Dua saudara lelaki berusia 11 dan…
Gara-Gara Parkir Sembarangan, Orang Ini Nekat Bakar…

Gara-Gara Parkir Sembarangan,…

 Masalah parkir sembarangan memang…
Kakek 85 Tahun Lulus Sarjana, Mantan Murid Waktu SMP…

Kakek 85 Tahun Lulus Sarjana,…

Seorang kakek berusia 85 tahun di Kota Baubau,…
Tahun 2020, Nikah Bakal Butuh Sertifikat. Semua Calon…

Tahun 2020, Nikah Bakal Butuh…

Bagi pasangan yang sudah menikah, kursus…
Ternyata Uang Memang Bisa Membeli Kebahagiaan

Ternyata Uang Memang Bisa Membeli…

Setiap makhluk hidup di dunia ini mempunyai…
Pasangan Habiskan 600 juta Saat 11.11, Pria Ini Mau…

Pasangan Habiskan 600 juta Saat…

Seorang cowok asal China, Wang baru-baru…
3 Tips Lolos Razia Pak Pol

3 Tips Lolos Razia Pak Pol

November ini, sedang marak-maraknya razia…
Keasyikan Main HP, Driver Ojol ‘Nyemplung’ Lubang…

Keasyikan Main HP, Driver Ojol…

Kasus ini bisa menjadi pelajaran bagi driver ojek…
Jelang CPNS, Pedagang Jimat Banjir Order

Jelang CPNS, Pedagang Jimat Banjir…

Jelang pendaftaran Calon Pegawai Negeri…
banner ads