loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

Jarang Kita Sadari, Ternyata Inilah Benda-Benda Paling Kotor di Rumah!

Jarang Kita Sadari, Ternyata Inilah Benda-Benda Paling Kotor di Rumah!

04 January 2019

Saat kamu memikirkan tempat paling sarat kuman, mungkin yang ada di pikiran kamu adalah toilet umum. Wajar aja, mengingat toilet umum didatangi dan disentuh banyak orang setiap hari, belum lagi kondisinya yang terlihat kotor. Tapi, tanpa disadari benda-benda di rumah kamu juga bisa jadi sarang kuman loh!

Gak semua kuman itu jahat, yang perlu diwaspadai adalah beberapa jenis virus dan bakteri yang berpotensi menularkan penyakit. Bakteri dan virus tersebut bisa aja tinggal di benda-benda paling kotor di rumah kamu. Mau tahu benda-benda apa saja sih yang paling kotor di rumah kamu tapi kamu sering gak menyadarinya? Yuk simak ulasannya berikut!

1. Wastafel Dapur

"Tempat paling kotor di dapur adalah bak cuci piring," ungkap Meghan May, M.S., Ph.D., seorang profesor mikrobiologi dan penyakit menular di Fakultas Kedokteran Osteopatik Universitas New England, pada SELF.com. May menjelaskan kekhawatiran terbesar di dapur adalah mikroorganisme yang biasa ditemukan pada makanan yang terkontaminasi seperti daging mentah dan susu, seperti bakteri salmonella, Campylobacter, listeria, dan E. coli. Lalu ada virus seperti norovirus yang bisa mencemari makanan dan air.

May juga mengungkapkan kalau bakteri-bakteri dan virus ini bisa menyebabkan penyakit bawaan makanan yang membuat kamu terserang gejala seperti diare, mual, sakit perut, dan demam. Wastafel dapur berpotensi menjadi sarang kuman karena di situlah tempat kamu membersihkan banyak hal. Pikirkan talenan yang terkena daging mentah, sendok bekas mengocok telur mentah, atau bahkan percikan kecil dari tangan kamu saat kamu mencucinya. Bagian luar wastafel kamu seperti gagang keran juga bisa sangat kotor kalo kamu melakukan hal-hal seperti menyentuh daging mentah, lalu nyalakan keran dengan jari-jari kamu. Nah, kalau sudah tahu begini, kamu jangan lupa untuk rutin membersihkannya.

 

2. Area di Sekitar Toilet

Saat kamu menyiram toilet, kabut halus dari isinya (termasuk bakteri dan virus) menyebar ke udara. Ini adalah fenomena yang dikenal sebagai ‘toilet plume’. Para ahli gak menjelaskan tentang seberapa jauh itu bisa menyebar, tapi sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2005 dalam Journal of Applied Microbiology menemukan mikroorganisme bisa menyebar lebih dari dua kaki di udara pasca-flush. Tingkat patogen yang terlibat di sini mungkin gak cukup untuk membuat kamu sakit, tapi tetep aja itu kotor.

 

3. Spons dan Lap Pembersih

Sebagai permulaan, sebuah penelitian Laporan Ilmiah yang diterbitkan pada tahun 2017 mendeteksi setidaknya terdapat 362 jenis bakteri dalam sampel 14 spons dapur yang berbeda. Sekali lagi, bukan berarti kamu pasti sakit karena spons dapur kamu, tapi itu tetap saja kotor. Secara umum, Badan Perlindungan Lingkungan EPA mencatat bahwa spons sulit dibersihkan dan membuatnya terlalu mudah bagi bakteri untuk berkembang.

"Kain lap dikenal sebagai sumber bakteri yang sangat baik," Sami Raut, Ph.D., asisten profesor biologi di University of Alabama di Birmingham mengatakan pada SELF.com. EPA telah melangkah lebih jauh dengan mengatakan kain katun dan spons gak boleh digunakan untuk membersihkan sama sekali karena cuma memindahkan kuman di sekitar.

 

4. Ponsel

Angkat tangan kamu kalo kamu bawa ponsel ke kamar mandi. Ya … seharusnya gak boleh loh ya. Sebuah studi pada 2017 terhadap 27 ponsel pelajar di Germs menemukan lebih dari 17.000 bakteri pada setiap ponsel, termasuk Staphylococcus aureus, yang bisa menyebabkan infeksi seperti keracunan makanan. Kalo ponsel kamu membawa patogen dan kamu membawanya di sekitar rumah, kamu mungkin menyebarkan bakteri atau virus itu. Hal tersebut meningkatkan potensi untuk terserang penyakit.

 

5. Keyboard Komputer dan Laptop

Gak jauh dari ponsel kamu, keyboard komputer dan laptop kamu adalah benda lain yang berpotensi jadi sarang bakteri dan virus, kata Raut. Pernah makan di komputer kamu, misalnya? Kuman di tangan kamu (dan remah-remah yang bertaburan ke keyboard kamu) bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri. Dalam sebuah studi 2018 yang diterbitkan dalam Jurnal Internasional Penelitian Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat, para peneliti mengambil sampel dari 25 keyboard yang berbeda, sekitar 96 persen di antaranya terkontaminasi oleh patogen seperti E. coli dan Staphylococcus.

 

6. Gagang Pintu dan Sakelar Lampu

Gagang pintu dan sakelar lampu adalah benda selanjutnya yang berpotensi jadi sarang bakteri dan virus.

Mungkin kamu gak sadar, tapi berapa kali kamu menyentuh gagang pintu dan sakelar lampu saat tangan kamu dalam kondisi kotor? Yap, cukup sering. Maka dari itu, gagang pintu dan sakelar lampu adalah benda selanjutnya yang berpotensi jadi sarang bakteri dan virus.

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

Kreasi Makanan Dari Indomie

Kreasi Makanan Dari Indomie

Tak bisa kita pungkiri bahwa makan Indomie adalah…

Selamat Hari Kemerdekaan Malaysia!

Selamat Hari Kemerdekaan Malaysia!

Hari ini tepatnya 31 Agustus 2018. Negara tetangga…

4 Alasan Kenapa Anak Kecil Bisa Melihat Mahluk Tak…

4 Alasan Kenapa Anak Kecil Bisa Melihat Mahluk Tak…

Sebagian masyarakat mempercayai bahwa bayi atau…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

Kisah sedih Usma, kiosnya ludes dijarah para perusuh…

Kisah sedih Usma, kiosnya ludes…

Aksi 22 Mei menyisakan banyak cerita tak…
5 Bahaya Jika Buka Puasa, Gorengan TEROOOS!

5 Bahaya Jika Buka Puasa, Gorengan…

Alih-alih berburu gorengan saat menjelang…
Bucin to The MAX! Rela Digampar 52 Kali Karena Nggak…

Bucin to The MAX! Rela Digampar…

Tiap tanggal 14 Februari mungkin diperingati…
Kominfo Yakin Batasi Medsos Efektif Tangkal Hoaks.…

Kominfo Yakin Batasi Medsos Efektif…

Menkominfo Rudiantara meyakini…
Respect! Meskipun Motornya Dicuri, Mamang Ojol Ini…

Respect! Meskipun Motornya Dicuri,…

Kisah luar biasa datang dari driver ojek…
Sisi Lain Di Balik Ricuh 22 Mei

Sisi Lain Di Balik Ricuh 22 Mei

Setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan…
Sampai Kapankah Sosmed Dibatasi Pemerintah?

Sampai Kapankah Sosmed Dibatasi…

Kita sama-sama menyadari kalau medsos seperti…
3 Bahaya Pakai VPN Buat Ngakalin Yang Diblokir

3 Bahaya Pakai VPN Buat Ngakalin…

Pengamat keamanan siber Alfons Tanujaya…
Wow! Aksi 22 Mei Jadi Objek Selfie Anak SMA

Wow! Aksi 22 Mei Jadi Objek Selfie…

Aksi 22 Mei berhasil menarik perhatian seluruh…
Suara Fals Saat Karaoke, 2 Pria Digebukin

Suara Fals Saat Karaoke, 2 Pria…

Bernyanyi adalah hal yang boleh dilakukan…
banner ads