loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

5 Mahar Pernikahan Anti-Mainstream

5 Mahar Pernikahan Anti-Mainstream

07 January 2019

Mahar pernikahan memiliki banyak nama di berbagai adat budaya, misalnya Uang Panai yang digunakan oleh masyarakat Makassar, Sulawesi Selatan. Bukan hanya berbeda nama, bentuk mahar di beberapa budaya pun beragam. Ada yang berupa uang, property atau bentuk kekayaan lain yang diberikan oleh pengantin pria atau keluarganya pada wanita yang akan dinikahinya.

Dalam budaya Nusantara, mahar biasanya dimanfaatkan oleh pengantin wanita sebagai bentuk investasi atau difungsikan untuk membantu pasutri dalam menjalani kehidupan berumah tangga. Oleh karena itu, mahar biasanya berupa uang, logam-logam mulia, atau ragam peralatan rumah tangga. Tapi ternyata ada mahar unik dan anti- mainstream lain seperti ini.

1 - Mahar Segelas Air Putih

Pasangan suami istri, Hari & Rohani dari Kampung Pea Jambu, Kecamatan Singkohor, Aceh mengejutkan dunia maya dengan foto akad pernikahan yang diunggah oleh pengguna Facebook bernama Purwanto.

Foto tersebut menampilkan suasana seperti prosesi akad di sebuah masjid, pengantin wanita terlihat sedang santai meneguk segelas air. Di posting-an tersebut pemilik akun memberikan keterangan bahwa mahar yang diberikan pengantin pria hanyalah segelas air minum.

Pengantin pria dikabarkan berprofesi sebagai penyuluh agama honorer di KUA setempat. Pasangan ini melangsungkan pernikahan pada 24 Maret 2018.

2 - Mahar Love Bird

Di foto tersebut tampak sepasang pengantin sedang melangsungkan akad. Di Samping pangantin pria, ada kandang burung yang dihias sangat cantik. Ternyata itu adalah burung love bird yang sedang bertengger.

Tidak diketahui pasti di mana dan kapan terjadinya pernikahan ini, tetapi video ijab kabul pasangan tersebut sempat viral di Youtube, dengan lantang dan percaya diri terdengar pengantin pria mengucap qobul, “Saya terima nikahnya Mara Elviesta binti Koko Asmara dengan maskawin uang seratus delapan puluh ribu rupiah dan sepasang burung lovebird dibayar tunai."

3 - Mahar Buku Bung Hatta

Di balik mahar buku ini, terdapat cerita haru tentang kisah cinta Bung Hatta. Mavis Rose dalam bukunya Indonesia Free: A Political Biography of Mohammad Hatta menyampaikan bahwa Bung Hatta pernah jatuh hati pada gadis cantik bernama Anni, anak Tengku Nurdin, seorang penerjemah yang bekerja di pemerintahan Aceh.

Bung Hatta mengagumi Anni sebagai aktivis perempuan, bahkan Rose mencatat bahwa mereka sempat bertunangan tapi hal itu tidak berlanjut pada pernikahan. Anni kemudian menikah dengan Abdul Rachim, kawan dekat Bung Karno, dan memiliki dua putri: Rachmi dan Titi.

Setelah bertahun- tahun disibukkan dengan urusan kemerdekaan Indonesia, Hatta jatuh cinta pada gadis yang beliau jumpai saat berkunjung ke Instituut Pasteur. Tapi beliau belum tahu namanya. Setelah ditelusuri, ternyata gadis yang ditemui Hatta itu Rahmi, putri keluarga Rachim.

Pada 18 November 1945, Bung Hatta menikahi Rahmi di sebuah villa di Megamendung, Bogor. Sebagai mas kawin, beliau memberikan buku yang ditulisnya saat dibuang di Digul pada 1934 berjudul "Alam Pikiran Yunani."

4 - Mahar Kuas dan Cat Minyak

Dalam foto tampak Untung Yuli Prasetyawan (33), seniman asal Magelang menyerahkan seperangkat alat lukis kuas, kanvas dan kaleng cat minyak untuk mempelai wanitanya sebagai Mahar.

Untung, dan istrinya Swasti Handayani Putri menikah pada 15 Maret 2015. Mahar yang diberikan Untung adalah seperangkat alat lukis, berupa kuas, kanvas berukuran 1,5 meter x 1,5 meter dan dua kaleng cat minyak.

Untung mengatakan bahwa seperangkat alat lukis yang diberikan pada istrinya memiliki filosofi tersendiri. Selain menunjukkan identitasnya sebagai pelukis, Untung ingin menunjukkan pada istrinya bahwa dunia itu indah, seindah lukisan.

Setelah prosesi akad selesai, Untung mengajak istrinya melukis di atas kain kanvas dengan diiringi alunan Saxophone yang memainkan lagu “When I Fall In Love.”

5 - Mahar Stadion

Mahar penikahan yang sempat mengejutkan dunia ini terjadi pada 1981. Putra mahota Abu Dhabi, Mahar stadium Syeikh Mohammed memberikan maha pernikahan stadion untuk pengantin wanitanya yaitu Putri Salma yang juga digunakan sebagai lokasi ijab kabul mereka. Stadion tersebut diduga bernilai sebesar US $ 22 juta.

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

Tempat-Tempat Yang Memiliki Kenangan Buruk Bagi Crew…

Tempat-Tempat Yang Memiliki Kenangan Buruk Bagi Crew…

Suatu tempat atau pulau di anime One Piece, pastinya…

Parah! Inilah Akibat Ke ATM Tengah Malam

Parah! Inilah Akibat Ke ATM Tengah Malam

Sudah menjadi rahasia umum di Malaysia bahwa sebagian…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

Suka Duka Orang-orang yang Bertugas Mengevakuasi Kecelakaan…

Suka Duka Orang-orang yang Bertugas…

Ada yang bilang, bekerja tak akan terasa…
Kenapa Bule Selalu Diistimewakan? Padahal Bukan Siapa-Siapa!

Kenapa Bule Selalu Diistimewakan?…

Bule, satu kata yang kalau disebut, yang…
Wisata Taman Nasional Komodo akan Ditutup Setahun.…

Wisata Taman Nasional Komodo akan…

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor…
5 Mahar Paling Muahal Dari Adat Indonesia

5 Mahar Paling Muahal Dari Adat…

Pernah mendengar istilah uang panaik dalam…
Kenapa Saat Hujan Cepat Lapar?

Kenapa Saat Hujan Cepat Lapar?

Saat hujan, perut rasanya lapar dan ingin…
Bukan Setan! Inilah Alasan Kita Suka Terbangun Jam…

Bukan Setan! Inilah Alasan Kita…

Saya cukup sering terbangun pada saat tidur…
Akhirnya Terungkap! Inilah Fungsi Lipatan Di Bungkus…

Akhirnya Terungkap! Inilah Fungsi…

Saat membeli kentang goreng di restoran…
Boss Edy Sudah Out, Terus?

Boss Edy Sudah Out, Terus?

Edy Rahmayadi akhirnya telah mengambil keputusan…
Tahu Rahasia Si Kakak, Sang Adik Langsung Memeras!

Tahu Rahasia Si Kakak, Sang Adik…

Biasanya, hubungan antara adik dan kakak…
Benarkah Fap-Fap Bisa Menurunkan Berat Badan?

Benarkah Fap-Fap Bisa Menurunkan…

Masturbasi memang memiliki banyak manfaat.…
banner ads