loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

Kota-kota di Indonesia Ini Punya Toleransi Tinggi

Kota-kota di Indonesia Ini Punya Toleransi Tinggi

15 January 2019

Melihat banyaknya catatan kasus diskriminasi terhadap suatu agama di Indonesia, agaknya negara kita hari ini tengah dihadapkan masalah toleransi yang tidak bisa dipandang remeh. Bayak sudah orang yang telah dirugikan dari kasus model tersebut. Dan cerita peyerbuan jama’ah gereja di Jalan Permai 4 Blok 8 Griya Martubung, Medan, Sumatra Utara, beberapa waktu lalu adalah sebagai kecil buktinya.

Berkaca dari kondisi tersebut, memang sudah saatnya kini pemerintah atau siapa saja serius mengatasi permasalahan tersebut. Pasalnya, kondisi miris itu bila dibiarkan bisa menjadi layaknya bom waktu yang siap meledak kapan saja, dan lantas menghancurkan keutuhan negara. Menakutkan memang, tapi berdasarkan hasil penilaian indeks kota toleran (IKT) dari 94 kota yang dilakukan Setara Institute, beberapa kota di tanah air ternyata beberapa masih menyimpan tingkat toleransi tinggi. Siapa sajakah mereka simak ulasan berikut ini.

Singkawang menjadi kota dengan tingkat toleransi tinggi

Dalam melakukan proses penelitian mengenai masalah ini Setara Institute menggunakan empat variabel yang diukur yakni regulasi pemerintah kota, tindakan pemerintah, regulasi sosial, dan demografi agama. Dan setelah melakukan riset dengan modal variabel tadi, nama Singkawang menjadi kota di Indonesia mempunyai tingkat toleransi tertinggi.

Wilayah berada di Kalimantan Barat tersebut mempunyai IKT sebesar 6.513. Dilansir dari Tempo.com, menurut penuturan Ketua Setara Institute yaitu Hendardi, “hal tersebut terjadi lantaran dinilai paling sukses menerapkan toleransi bahkan sampai RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) dan produk hukum lainnya”.

 

Salatiga menjadi daerah di Jawa yang mempunyai toleransi tinggi

Sedangkan menduduki IKT tertinggi di Pulau Jawa adalah Salatiga dengan skor penilaian 6.447, lalu menyusul Bekasi 5.890 dan Surabaya 5.823. Satu wilayah di Jawa Tengah ini menduduki peringkat tertinggi di Jawa lantaran dianggap mampu menjalankan empat variabel penelitian tadi dengan baik.

Menurut Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris, kendati hanya terdiri empat kecamatan, pemerintah Salatiga selalu berkomitmen, semua produk hukum, baik Peraturan Wali Kota (Perwal) maupun Peraturan Daerah (Perda) akan mengakumodir semua golongan tanpa diskriminasi. Jadi dari situ saja kita bisa melihat bagaimana kebenaran penelitian tersebut.

Capaian angka IKT tinggi, Manado jadi salah satu kota toleran dari Timur Indonesia

Selain di bagian barat, wilayah Timur Indonesia yang dikenal dengan keragamannya ternyata juga menyimpan kota-kota dengan IKT bagus. Dan nama Manado menjadi kota dengan angka toleransi paling tinggi dari beberapa kota di sana. Mereka mempunyai angka penilaian mencapai (5.960), lalu diikuti oleh Ambon (5.960), Kupang (5.857) dan Tomohon (5.833).

Angka yang membuktikan bagaimana kemajemukan ternyata bisa hidup dengan baik di daerah-daerah tersebut. Pada umumnya cara yang kerap mereka gunakan untuk mempererat tali toleransi adalah dengan melaksanakan festival budaya. Seperti contohnya Manado Festival Figura yang sering yang merangkul semua kepercayaan atau etnis.

 

Sumatra hadirkan Binjai sebagai kota tingkat toleransi Tinggi

Masih kota yang mempunyai tingkat IKT tinggi di Indonesia. Binjai menjadi satu-satunya wilayah masuk daftar 10 besar di penelitian dan riset yang dilakukan Setara Institute. Dilansir Boombastis dari Tirto.id, mereka mempunyai angka indeks sebesar (5830). Jumlah yang lebih besar dari Jakarta yang hanya memperoleh penilaian dari penelitian tersebut sebesar (2,88).

Angka yang tentunya tidak membuat kita kaget kalau melihat penampakan wilayah Ibukota saat ini. Kembali ke Binjai penilaian yang didapatkan tersebut tidaklah terlepas dari bagaimana pemerintah dan masyarakat bisa bersinergi mengelola sebuah keragaman dengan baik.

=============================================

Melihat beberapa perhitungan tadi, agaknya kota-kota tersebut bisa menjadi rujukan untuk pembelajaran daerah lain bagaimana menciptakan hal-hal toleransi antar masyarakat. Besar harapan ke depan akan semakin banyak lagi wilayah di tanah air yang mempunyai IKT sampai angka 5000 ke atas.

Apakah kotamu termasuk?

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

Alasan Kenapa Banyak Cowok Ga Suka Drama Korea

Alasan Kenapa Banyak Cowok Ga Suka Drama Korea

Kalo kemaren kita bahas soal cowok yang nonton…

Mengenal Mr.Greget Di Balik Layar

Mengenal Mr.Greget Di Balik Layar

 Jika berbicara tentang film-film…

Deddy Corbuzier Minta Riana Di Luar Negeri Aja. Kok…

Deddy Corbuzier Minta Riana Di Luar Negeri Aja. Kok…

The Sacred Riana menjadi banyak perhatian…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

4 Hal Yang Bikin Kaum Flat Earth Yakin Mereka Paling…

4 Hal Yang Bikin Kaum Flat Earth…

Perkara bumi berbentuk datar atau bulat,…
Kalahkan Gaji PNS 5 Bulan, Beginilah Besarnya Imbalan…

Kalahkan Gaji PNS 5 Bulan, Beginilah…

Menjadi wasit di Indonesia bisa dibilang…
4 Dampak Akibat Nge-Prank Tarik Bangku Di Sekolah

4 Dampak Akibat Nge-Prank Tarik…

Nge-prank tarik bangku di sekolah mungkin…
4 Tips Menghindari Razia Rambut

4 Tips Menghindari Razia Rambut

Razia rambut adalah sebuah kegiatan yang…
Mengikuti Jejak Patrick, Orang-Orang Ini Menikahi…

Mengikuti Jejak Patrick, Orang-Orang…

Ingat episode dimana Patrick menikahi tiang?…
Hari-Hari Unik Di Bikini Bottom

Hari-Hari Unik Di Bikini Bottom

Banyak hal menarik seputar serial SpongeBob…
Filmnya Mau Lanjut, Apa Kabar Pemain Kung-Fu Hustle?

Filmnya Mau Lanjut, Apa Kabar…

Berkat dikonfirmasinya Kung Fu Hustle 2…
5 Kelakuan Bobrok Para PNS yang Bikin Tepok Jidat

5 Kelakuan Bobrok Para PNS yang…

Ada-ada saja kelakuan PNS di negara ber-flower…
Sudah Dandan Untuk Pernikahan, Calon Suami Malah Meninggal…

Sudah Dandan Untuk Pernikahan,…

Yang namanya musibah memang datang kapan…
Kim Jong Un Paksa Warganya Setor 100kg Tinja Tiap…

Kim Jong Un Paksa Warganya Setor…

Kim Jong-un baru aja mengeluarkan perintah…
banner ads