loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

Kota-kota di Indonesia Ini Punya Toleransi Tinggi

Kota-kota di Indonesia Ini Punya Toleransi Tinggi

15 January 2019

Melihat banyaknya catatan kasus diskriminasi terhadap suatu agama di Indonesia, agaknya negara kita hari ini tengah dihadapkan masalah toleransi yang tidak bisa dipandang remeh. Bayak sudah orang yang telah dirugikan dari kasus model tersebut. Dan cerita peyerbuan jama’ah gereja di Jalan Permai 4 Blok 8 Griya Martubung, Medan, Sumatra Utara, beberapa waktu lalu adalah sebagai kecil buktinya.

Berkaca dari kondisi tersebut, memang sudah saatnya kini pemerintah atau siapa saja serius mengatasi permasalahan tersebut. Pasalnya, kondisi miris itu bila dibiarkan bisa menjadi layaknya bom waktu yang siap meledak kapan saja, dan lantas menghancurkan keutuhan negara. Menakutkan memang, tapi berdasarkan hasil penilaian indeks kota toleran (IKT) dari 94 kota yang dilakukan Setara Institute, beberapa kota di tanah air ternyata beberapa masih menyimpan tingkat toleransi tinggi. Siapa sajakah mereka simak ulasan berikut ini.

Singkawang menjadi kota dengan tingkat toleransi tinggi

Dalam melakukan proses penelitian mengenai masalah ini Setara Institute menggunakan empat variabel yang diukur yakni regulasi pemerintah kota, tindakan pemerintah, regulasi sosial, dan demografi agama. Dan setelah melakukan riset dengan modal variabel tadi, nama Singkawang menjadi kota di Indonesia mempunyai tingkat toleransi tertinggi.

Wilayah berada di Kalimantan Barat tersebut mempunyai IKT sebesar 6.513. Dilansir dari Tempo.com, menurut penuturan Ketua Setara Institute yaitu Hendardi, “hal tersebut terjadi lantaran dinilai paling sukses menerapkan toleransi bahkan sampai RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) dan produk hukum lainnya”.

 

Salatiga menjadi daerah di Jawa yang mempunyai toleransi tinggi

Sedangkan menduduki IKT tertinggi di Pulau Jawa adalah Salatiga dengan skor penilaian 6.447, lalu menyusul Bekasi 5.890 dan Surabaya 5.823. Satu wilayah di Jawa Tengah ini menduduki peringkat tertinggi di Jawa lantaran dianggap mampu menjalankan empat variabel penelitian tadi dengan baik.

Menurut Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris, kendati hanya terdiri empat kecamatan, pemerintah Salatiga selalu berkomitmen, semua produk hukum, baik Peraturan Wali Kota (Perwal) maupun Peraturan Daerah (Perda) akan mengakumodir semua golongan tanpa diskriminasi. Jadi dari situ saja kita bisa melihat bagaimana kebenaran penelitian tersebut.

Capaian angka IKT tinggi, Manado jadi salah satu kota toleran dari Timur Indonesia

Selain di bagian barat, wilayah Timur Indonesia yang dikenal dengan keragamannya ternyata juga menyimpan kota-kota dengan IKT bagus. Dan nama Manado menjadi kota dengan angka toleransi paling tinggi dari beberapa kota di sana. Mereka mempunyai angka penilaian mencapai (5.960), lalu diikuti oleh Ambon (5.960), Kupang (5.857) dan Tomohon (5.833).

Angka yang membuktikan bagaimana kemajemukan ternyata bisa hidup dengan baik di daerah-daerah tersebut. Pada umumnya cara yang kerap mereka gunakan untuk mempererat tali toleransi adalah dengan melaksanakan festival budaya. Seperti contohnya Manado Festival Figura yang sering yang merangkul semua kepercayaan atau etnis.

 

Sumatra hadirkan Binjai sebagai kota tingkat toleransi Tinggi

Masih kota yang mempunyai tingkat IKT tinggi di Indonesia. Binjai menjadi satu-satunya wilayah masuk daftar 10 besar di penelitian dan riset yang dilakukan Setara Institute. Dilansir Boombastis dari Tirto.id, mereka mempunyai angka indeks sebesar (5830). Jumlah yang lebih besar dari Jakarta yang hanya memperoleh penilaian dari penelitian tersebut sebesar (2,88).

Angka yang tentunya tidak membuat kita kaget kalau melihat penampakan wilayah Ibukota saat ini. Kembali ke Binjai penilaian yang didapatkan tersebut tidaklah terlepas dari bagaimana pemerintah dan masyarakat bisa bersinergi mengelola sebuah keragaman dengan baik.

=============================================

Melihat beberapa perhitungan tadi, agaknya kota-kota tersebut bisa menjadi rujukan untuk pembelajaran daerah lain bagaimana menciptakan hal-hal toleransi antar masyarakat. Besar harapan ke depan akan semakin banyak lagi wilayah di tanah air yang mempunyai IKT sampai angka 5000 ke atas.

Apakah kotamu termasuk?

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

Para Diktator Terkejam Yang Pernah Tercatat Sejarah

Para Diktator Terkejam Yang Pernah Tercatat Sejarah

Ngomong-ngomong soal negara dan pemimpin, kalian…

Kesulitan Yang akan Kamu Hadapi Kalau Punya Banyak…

Kesulitan Yang akan Kamu Hadapi Kalau Punya Banyak…

Punya banyak duit, siapa sih yang ga mau? Kita…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

15 Tahun Jadi Guru Honorer, Nining Tetap Bertahan…

15 Tahun Jadi Guru Honorer, Nining…

Nining Suryani (44), guru di SDN Karyabuana…
Lagi, Siswa SMA Meninggal Saat MOS. Diduga Dipukuli…

Lagi, Siswa SMA Meninggal Saat…

Masa Orientasi Siswa (MOS) kembali menelan…
6 Jenis Anak Yang Rentan Jadi Korban Bully

6 Jenis Anak Yang Rentan Jadi…

Kasus bullying di sekolah mungkin sering…
4 Sosok Anak Indonesia Yang Berhasil Main Game Hingga…

4 Sosok Anak Indonesia Yang Berhasil…

Sebagai anak muda yang hidup di era digital…
Seorang Buron Berhasil Tertangkap Gara-Gara Kentut…

Seorang Buron Berhasil Tertangkap…

Sepandai-pandainya bangkai disimpan, baunya…
Terlalu Kurus, Napi Ini Kabur Dengan Nyelip Jeruji…

Terlalu Kurus, Napi Ini Kabur…

Pencuri di Bolivia menghebohkan dunia internasional.…
Mengenal Pelayat Bayaran. Nangis Makin Kejer, Duit…

Mengenal Pelayat Bayaran. Nangis…

Di tengah dunia modern yang apa-apa semakin…
Aksi Boikot Jepang Trending Di Korsel. Ada Apa Ini?

Aksi Boikot Jepang Trending Di…

Aksi Boikot Jepang sedang marak di Korea…
Kisah 3 Orang Yang Betah Dipenjara

Kisah 3 Orang Yang Betah Dipenjara

Bagi sebagian orang, penjara adalah tempat…
Hal-Hal Alay Yang Dulu Pernah Kita Lakukan

Hal-Hal Alay Yang Dulu Pernah…

Fase hidup manusia zaman sekarang adalah:…
banner ads