loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

Mbak Ini Tidak Bisa Dengar Suara Laki-Laki, Suara Lucinta Luna Bisa Nggak Ya?

Mbak Ini Tidak Bisa Dengar Suara Laki-Laki, Suara Lucinta Luna Bisa Nggak Ya?

17 January 2019

Seorang perempuan asal Xiamen, Tiongkok mengalami kelainan pendengaran yang unik. Ia tidak bisa mendengar suara laki-laki.

Suatu pagi setelah bangun tidur, Chen menyadari hal ini. Masalah tersebut menjadi semakin jelas ketika ia tidak bisa mendengar kekasihnya berbicara.

Malam sebelumnya, ia mendengar denging di telinganya (tinnitus), kemudian membuatnya mual dan muntah. Pagi berikutnya ia langsung mengunjungi dokter.

Seorang spesialis di Rumah Sakit Qianpu memberi tahu Chen bahwa dia memiliki bentuk gangguan pendengaran frekuensi rendah yang dikenal sebagai gangguan pendengaran dengan kemiringan terbalik (RSHL). Ini berarti Chen tidak dapat mendengar suara frekuensi rendah, frekuensi rata-rata suara laki-laki dewasa.

"Dia dapat mendengar saya ketika saya berbicara dengannya, tetapi ketika seorang pasien laki-laki muda berjalan, dia tidak bisa mendengarnya sama sekali," kata Lin Xiaoqing, dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan di rumah sakit itu.

Gangguan pendengaran RSHL adalah bentuk gangguan pendengaran sensorineural. Orang yang terkena gangguan ini biasanya tidak memiliki masalah mendengar suara frekuensi tinggi seperti suara perempuan dan anak-anak.

Tetapi mereka merasa sulit mendengar frekuensi lebih rendah yang cenderung lebih dalam. Mereka mungkin juga kesulitan mendengar suara-suara kendaraan, guntur, suara melalui telepon, dengungan lemari es, dan lainnya.

Gangguan pendengaran frekuensi tinggi, saat penderitanya tidak dapat mendengar suara perempuan atau anak-anak, adalah gangguan yang lebih umum. Dalam kondisi ini, plot audiogram berjalan dari sudut kiri atas grafik dan bergerak ke bawah seperti lereng gunung. Pada gangguan pendengaran terbalik, bentuk audiogram berjalan berlawanan arah.

Kasus RSHL sangat jarang ditemukan. Menurut Thigpen Hearing Center di Tennessee, Amerika Serikat, untuk setiap 12 ribu kasus gangguan pendengaran, hanya satu orang yang menderita RSHL. Contohnya di AS dan Kanada, kondisi gangguan itu memengaruhi sekitar 3.000 orang.

Sering kali orang yang memiliki RSHL tidak curiga mereka memilikinya, sampai anggota keluarga lain menginformasikannya. Selain itu cenderung sulit untuk mengenali, mendiagnosis, dan mengobati gangguan tersebut karena penderita dilahirkan dengan gangguan itu dan tidak menyadari cara mereka mendengar agak berbeda.

Salah satu penyebab utama RSHL adalah genetika. Wolfram syndrome, Mondini dyslapia, dan pewarisan melalui gen dominan semuanya telah diidentifikasi sebagai sumber penyebab RSHL.

Penyakit-penyakit tertentu juga bisa menjadi penyebab, terutama yang memengaruhi sel-sel rambut, yang bertanggung jawab untuk mengirimkan informasi suara dari telinga bagian dalam ke otak. Contohnya termasuk kehilangan pendengaran tiba-tiba, penyakit Ménière, dan infeksi virus.

Sumber penyebab RSHL ketiga yang paling umum adalah segala sesuatu yang menyebabkan perubahan tekanan endolymph, suatu cairan di telinga bagian dalam. Ini termasuk hal-hal seperti anestesi spinal atau umum, hipertensi intrakranial, dan perilymphatic fistula.

Tetapi ada beberapa kasus gangguan pendengaran dikaitkan dengan kebiasaan kurang tidur atau tingkat stres fisik yang tinggi. Xiaoqing percaya faktor inilah kemungkinan yang menyebabkan gangguan pada telinga pasiennya.

Ia menuturkan, Chen mengakui dirinya bekerja sangat lama dan tidak merawat dirinya sendiri. Untungnya kondisi seperti ini memungkinkan untuk disembuhkan.

Jika Anda curiga memiliki masalah pendengaran yang serupa, Anda dapat menemui ahli audiologi yang akan melakukan serangkaian tes. Walaupun sebenarnya mendapatkan perawatan dari audiologi dapat secara signifikan meningkatkan pengalaman mendengarkan musik, keamanan adalah alasan utama mengapa tidak boleh melewatkan diagnosis dan perawatan.

"Banyak hal yang hilang dari Anda, penderita RSHL adalah suara lingkungan," tulis Thigpen Hearing Center. "Jika tidak dapat mendengar suara mobil datang, Anda tidak dapat menghindarinya. Jika seseorang yang agak jauh dari Anda mencoba memperingatkan akan sesuatu, Anda mungkin tidak akan mendengarnya, karena volume suara adalah produk dari frekuensi yang lebih rendah."

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, sekitar 466 juta orang di seluruh dunia dipengaruhi oleh beberapa bentuk cacat pendengaran. Pada tahun 2050, angka itu diperkirakan mencapai lebih dari 900 juta. Sejumlah faktor dapat menyebabkan gangguan pendengaran, termasuk penyakit keturunan, infeksi, obat-obatan tertentu, penuaan, dan paparan suara keras.

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

Jadi Korban Tabrak Lari, Kok Malah Jadi Tersangka?

Jadi Korban Tabrak Lari, Kok Malah Jadi Tersangka?

Duka mendalam kini tengah dirasakan oleh seorang…

Kenapa Sih Kita Suka Belum Kenyang Kalau Belum Makan…

Kenapa Sih Kita Suka Belum Kenyang Kalau Belum Makan…

agi banyak orang Indonesia, saat makan rasanya…

Spot Diving Paling Muantep

Spot Diving Paling Muantep

Diving adalah salah satu cara seru untuk menyaksikan…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

Meluk Sapi Jadi Lahan Bisnis, 4 Juta/90 Menit

Meluk Sapi Jadi Lahan Bisnis,…

Tidak banyak orang yang suka memeluk sapi…
Resiko FaceApp, Wajahmu Bisa Nampang di Papan Iklan…

Resiko FaceApp, Wajahmu Bisa Nampang…

Media sosial dipenuhi foto wajah menua warganet…
Kenapa Sih Masuk Sekolah Selalu Bulan Juli?

Kenapa Sih Masuk Sekolah Selalu…

Kamu tahu nggak, sih, kenapa tahun ajaran…
Jauhi 5 Hal Ini Untuk Hidup Lebih Santuy

Jauhi 5 Hal Ini Untuk Hidup Lebih…

Hidup memang sudah ribet, tapi sering kali…
Terlanjur Sayang, Cowok Ini Shock Pacarnya Cowok Juga

Terlanjur Sayang, Cowok Ini Shock…

Media sosial sebagai sebuah wadah untuk…
Kelakuan Kocak Bapak-Bapak

Kelakuan Kocak Bapak-Bapak

Sebagai orang yang sering dicap punya guyonan…
15 Tahun Jadi Guru Honorer, Nining Tetap Bertahan…

15 Tahun Jadi Guru Honorer, Nining…

Nining Suryani (44), guru di SDN Karyabuana…
Lagi, Siswa SMA Meninggal Saat MOS. Diduga Dipukuli…

Lagi, Siswa SMA Meninggal Saat…

Masa Orientasi Siswa (MOS) kembali menelan…
6 Jenis Anak Yang Rentan Jadi Korban Bully

6 Jenis Anak Yang Rentan Jadi…

Kasus bullying di sekolah mungkin sering…
4 Sosok Anak Indonesia Yang Berhasil Main Game Hingga…

4 Sosok Anak Indonesia Yang Berhasil…

Sebagai anak muda yang hidup di era digital…
banner ads