loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

Yang Harus Diketahui Cowok, Soal Menstruasi

Yang Harus Diketahui Cowok, Soal Menstruasi

31 January 2019

Setiap cowok pasti seenggaknya kenal satu cewek dalam hidupnya, minimal ibu, atau sodara kalo yang punya, atau malah pacar. Dan semua cewek, kecuali dalam situasi yang sangat langka, itu pasti ngalamin menstruasi, tapi sayangnya sebagai cowok jarang banget peduli soal ini.

Soal menstruasi ini emang hanya dialami cewek, makanya cowok rata-rata nggak ngerti apa yang terjadi selama cewek ngalamin menstruasi. Tapi kenapa cowok penting untuk tahu soal menstruasi, ada sejumlah alasan. Misalnya terkait soal keputusan nanti pas merencanakan keluarga, melawan miskonsepsi dan berempati pada para cewek disekitarmu.

Penyebab menstruasi

Kalau udah puber, cewek bakal ngalamin perubahan hormon dalam tubuh dengan meningkatnya hormone estrogen dan progesteron. Kedua hormon ini menyebabkan penebalan lapisan dinding rahim yang isinya pembuluh darah. Bersamaan dengan penebalan dinding rahim, tubuh juga mengalami yang namanya ovulasi atau pelepasan sel telur.

Nah, tujuan penebalan dinding rahim ini tuh buat nyiapin kalau terjadi kehamilan. Tapi kalau nggak ada pembuahan dalam waktu 24 jam, sel telur akan melebur dan dinding rahim bakal luruh dalam bentuk darah dan keluar lewat vagina. Nah, darah ini lo yang kemudian disebut darah menstruasi.

Cewek itu punya dua ovarium yang masing-masing mengandung sel telur. Selama siklus menstruasi, hormon-hormon itu kemudian mematangkan sel telur di dalam ovarium, yang berarti siap dibuahi oleh sperma. Hormon-hormon ini pula yang menebalkan dan melapisi dinding rahim dengan jaringan sel dan darah. Dalam perjalanan menuju siklus menstruasi tersebut, hormon mengatur salah satu ovarium untuk melepaskan sel telur yang sudah matang yang disebut ovulasi.

Biasanya cewek gak ngerasa kalo lagi ovulasi, tapi kadang ada yang suka ngerasa kembung, ngalamin keluar bercak-bercak darah mens, atau sakit di perut bagian bawah. Kalo sel telur udah lewat dari ovarium maka akan melewati saluran tuba fallopi menuju ke rahim. Bila kemudian terjadi pembuahan oleh sperma maka akan tumbuh menjadi calon bayi dengan menyerap nutrisi dari penebalan rahim, dan itulah yang disebut kehamilan.

Kalo kehamilan tidak terjadi, maka badan cewek tidak membutuhkan penebalan dinding rahim lagi, dan luruhlah dinding tersebut berikut dengan darah, nutrisi untuk calon bayi dan semua jaringan sel mengalir keluar melalui vagina dan menjadi menstruasi.

Kapan sih pertama kali cewek mengalami menstruasi?

Biasanya, cewek ngalamin mens pertama kalinya saat usianya 12 tahun atau sekitar 2 tahun setelah payudaranya mulai tumbuh membesar. Munculnya keputihan juga bisa jadi tanda kalau cewek bakal ngalamin mens nggak lama lagi. Tapi, usia ini nggak bisa jadi patokan. Ada juga kok yang udah mens pas usianya 10 tahun atau bahkan di atas 12 tahun dan itu normal, karena perkembangan tubuh tiap cewek punya jadwalnya sendiri-sendiri, kan? Jadi kalo cewek ngalamin mens sebelum atau setelah 12 tahun nggak perlu khawatir, ya!

Nah lamanya menstruasi bisa berbeda-beda tiap cewek

Menstruasi biasanya berlangsung sekitar 5 hari sampai satu minggu. Umumnya diperlukan sekitar satu bulan untuk terjadi penebalan dinding rahim dan produksi sel telur, kemudian meluruh kalau nggak dibuahi dan keluar jadi darah mens. Itulah kenapa mens biasanya terjadi setiap sebulan sekali. Tapi nggak bisa dipukul rata semua cewek gitu ya. Tiap cewek punya siklus yang berbeda-beda, biasanya mens paling cepat datang kisaran 21 hari dan paling lama kisaran 35 hari hari sekali. Banyak atau sedikitnya darah mens juga beda-beda tiap cewek dan gak bisa dikontrol kayak kalo kita pipis. Siklus ini bakal berhenti kalo cewek udah menginjak kisaran usia 50 tahunan, ini yang namanya menopause.

PMS atau Premenstrual Syndrom

Nah, kalau sebelum atau selama mens cewek jadi moody, murung, sedih, cemas, emosian, termasuk kram perut dan jerawatan, itu artinya dia lagi PMS atau sindrom pramenstruasi. Tapi tenang, gejala-gejala ini bakal hilang setelah beberapa hari selama mens. Kalau dia lagi PMS, nggak usah ngomel-ngomel nggak jelas, mending kamu bantuin dia untuk kompres perutnya pakai bantal pemanas yang hangat. Dia juga bisa minum ibuprofen untuk ngurangin rasa nyeri di perutmu.

Masalah menstruasi yang harus segera ditangani

Meskipun menstruasi itu normal dan terjadi tiap bulan, tapi ternyata gak selalu berjalan lancar. Kalo hal-hal berikut ini terjadi sama cewek di dekatmu ngalamin hal-hal dibawah ini, kasih tau untuk segera konsultasi ke dokter ya.

  • Kamu udah 16 tahun tapi belum mens sama sekali
  • Siklus mens nggak teratur (kadang sebulan sekali, kadang 2 bulan sekali), terjadi setelah lewat dari 2 tahun sejak kamu mens pertama kali dan udah berlangsung selama 3 bulan atau lebih
  • Keluar bercak darah padahal lagi nggak mens
  • Darah mens yang keluar kelewat banyak sampai harus ganti pembalut sejam sekali
  • Kram perut yang kebangetan sakitnya dan nggak membaik padahal udah minum obat anti nyeri
  • Mensnya berlangsung lama sampai lebih dari seminggu
  • Kram perut yang kebangetan sakitnya dan nggak membaik padahal udah minum obat anti nyeri sampai ganggu aktivitas, apalagi kalau sampai pingsan

 Nah, demikian ulasan tentang menstruasi yang perlu kamu tahu sebagai cowok dan juga cewek-cewek yang ada di hidup kamu. Jadi jangan gak peduli lagi ya soal menstruasi ini, kalo bisa lebih pengertian dan support mereka terutama pada saat PMS.

sc:hipwee

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

Ini Yang Akan Terjadi Jika Kuota Internet Satu juta/GB

Ini Yang Akan Terjadi Jika Kuota Internet Satu juta/GB

Masing-masing operator telekomunikasi di Indonesia…

Ada Apa Dengan Yucup?

Ada Apa Dengan Yucup?

Dunia heboh datang dari sosial media berbasis video…

Grind My Gear

Grind My Gear

Suka ngeliat meme ini? Meme Grind My Gear ini dibuat…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

Meluk Sapi Jadi Lahan Bisnis, 4 Juta/90 Menit

Meluk Sapi Jadi Lahan Bisnis,…

Tidak banyak orang yang suka memeluk sapi…
Resiko FaceApp, Wajahmu Bisa Nampang di Papan Iklan…

Resiko FaceApp, Wajahmu Bisa Nampang…

Media sosial dipenuhi foto wajah menua warganet…
Kenapa Sih Masuk Sekolah Selalu Bulan Juli?

Kenapa Sih Masuk Sekolah Selalu…

Kamu tahu nggak, sih, kenapa tahun ajaran…
Jauhi 5 Hal Ini Untuk Hidup Lebih Santuy

Jauhi 5 Hal Ini Untuk Hidup Lebih…

Hidup memang sudah ribet, tapi sering kali…
Terlanjur Sayang, Cowok Ini Shock Pacarnya Cowok Juga

Terlanjur Sayang, Cowok Ini Shock…

Media sosial sebagai sebuah wadah untuk…
Kelakuan Kocak Bapak-Bapak

Kelakuan Kocak Bapak-Bapak

Sebagai orang yang sering dicap punya guyonan…
15 Tahun Jadi Guru Honorer, Nining Tetap Bertahan…

15 Tahun Jadi Guru Honorer, Nining…

Nining Suryani (44), guru di SDN Karyabuana…
Lagi, Siswa SMA Meninggal Saat MOS. Diduga Dipukuli…

Lagi, Siswa SMA Meninggal Saat…

Masa Orientasi Siswa (MOS) kembali menelan…
6 Jenis Anak Yang Rentan Jadi Korban Bully

6 Jenis Anak Yang Rentan Jadi…

Kasus bullying di sekolah mungkin sering…
4 Sosok Anak Indonesia Yang Berhasil Main Game Hingga…

4 Sosok Anak Indonesia Yang Berhasil…

Sebagai anak muda yang hidup di era digital…
banner ads