loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

Inilah Alasan Kenapa Kamu Beruntung Tidak Sekolah Di Korsel

Inilah Alasan Kenapa Kamu Beruntung Tidak Sekolah Di Korsel

13 February 2019

Percaya tidak percaya, pendidikan di Indonesia masih lebih menyenangkan ketimbang di Korsel sana. Kenapa? berikut adalah penyebabnya:

1. Jam Sekolah Sampai 15 Jam!

Okay?! Dalam satu hari kita memiliki 24 jam. Dan jika Korea Selatan menerapkan waktu sekolah selama 15 jam, maka sisa waktu untuk pelajar menikmati hari mereka hanya 9 jam dalam sehari. Bagaimana dengan waktu tidur?! Well, hanya mereka yang bisa mengaturnya! Tapi katanya jika tidur 3 jam atau kurang dari itu, prospek masuk perguruan unggulan cukup tinggi. Jika tidur 4-5 jam, prospeknya hanya untuk masuk universitas kelas bawah. Jika tidur lebih dari 5 jam, jangan harap dapat kesempatan berkuliah!

Bagi siswa SMA, sekolah dimulai pukul 08.00 dan selesai pukul 11.00. Namun mereka akan menambah kelas sampai pukul 9.30 sampai 10 malam lho! Apalagi kalau bukan untuk menambah bekal menghadapi ujian perguruan tinggi yang persaingannya benar-benar ketat! Di Korea Selatan, les tambahan ini disebut Hagwon. Namun jangan sangka les ini hanya sekedar les biasa! Karena les yang mereka ikuti ternyata juga menjadi ajang pamer kelas sosial!

2. Tekanan Bikin Stress Berat!

Di Korea Selatan, keberhasilan kalian dalam mencari pekerjaan dijadikan patokan status dan kehormatan di masyarakat lho! Oleh karenanya tak heran jika pelajar mati-matian untuk mendapat sekolah bergengsi agar nantinya pekerjaan impian pun gampang mereka dapatkan. Mereka perlu bekerja keras, tentu saja! Karena persaingan sengit untuk mendapat universitas terbaik pun tak main-main!

Apalagi untuk negara kecil yang hanya memiliki sedikit universitas, tentu membuat kuota cukup terbatas. Tekanan dari lingkungan, yang dirasakan para orang tua pun turun ke putra-putri mereka. Dan menciptakan kondisi penuh tekanan dan sangat kompetitif! Maka tak heran jika Korea Selatan menduduki peringkat pertama untuk jumlah bunuh diri selama 11 tahun terakhir karena kondisi tersebut!

 

3. CSAT

Okay! Tekanan ini juga diperparah dengan ujian final siswa SMA untuk bisa masuk perguruan negeri favorit. CSAT atau College Scholastic Ability Test, merupakan tes masuk perguruan tinggi dan ada tiga universitas sasaran utama: Seoul National University, Korea University, dan Yonsei University sering disingkat menjadi ‘SKY’. Masyarakat Korea Selatan beranggapan jika gagal masuk SKY maka akan membuat masa depan suram, bukan hanya dalam mencari pekerjaan tapi katanya juga dalam mencari jodoh!

Tak heran jika waktu ujian tiba, semua tempat ibadah penuh dengan orang tua yang berdoa dan polisi yang siaga di sepanjang jalan membantu pelajar untuk datang tepat waktu ke sekolah. Ujian CSAT ini benar-benar memberi tekanan besar bagi pelajar, karenanya pemerintah membantu dengan menciptakan kondisi kondusif di saat ujian. Mereka pun membuat larangan terbang dan mendarat pesawat di jam-jam saat berlangsungnya ujian serta larangan membunyikan klakson lho!

 

4. Hukuman Fisik Masih Diberlakukan

Para pelajar di Korea Selatan terus dituntut disiplin di sekolah. Tak hanya disiplin karena sistem pendidikan mereka yang ketat, namun karena aturan sekolah yang ternyata masih memperbolehkan hukuman fisik! Jadi di sekolah guru memiliki tongkat sakti yang disebut ‘tongkat disiplin’. Dengan tongkat ini, para guru mampu menanamkan rasa takut pada siswa dan tentu saja menjadi alasan lain mengapa siswa begitu bekerja keras menjadi pelajar yang baik!

Meski lambat laun, aturan hukuman fisik ini mulai dikurangi namun masih banyak praktek kekerasan ini ada di sekolah. Terlebih dengan adanya kenyataan jika beberapa orang tua masih mendukung bahkan mendorong hukuman fisik ini tetap ada di sekolah!

================================================

Maka, bersyukurlah kamu sekolah di sini. Masih bisa nongkrong, masih bisa mabar, dan masih bisa cari jodoh.

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

Persamaan Fidel Castro dengan Bung Karno

Persamaan Fidel Castro dengan Bung Karno

Dunia dihebohkan dengan…

Boleh Asal Santun

Boleh Asal Santun

Cecep Dion Supriyadi. Sosok yang ramai digunakan…

Mengenang Clan-Clan Besar Point Blank

Mengenang Clan-Clan Besar Point Blank

Sejak pertama kali muncul pada Juni 2009, Point…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

Menang Lotere Rp2,8 M, Pria Ini Malah Pergi Tinggalkan…

Menang Lotere Rp2,8 M, Pria Ini…

Pornthida Chamnanwet melaporkan sang suami,…
Perusahaan Ini Tawarkan 2,3 M Untuk Cium Ketek

Perusahaan Ini Tawarkan 2,3 M…

Ada banyak jenis pekerjaan unik di dunia…
Dua Kakak Beradik Bakar Rumah, Katanya Seru Lihat…

Dua Kakak Beradik Bakar Rumah,…

  Dua saudara lelaki berusia 11 dan…
Gara-Gara Parkir Sembarangan, Orang Ini Nekat Bakar…

Gara-Gara Parkir Sembarangan,…

 Masalah parkir sembarangan memang…
Kakek 85 Tahun Lulus Sarjana, Mantan Murid Waktu SMP…

Kakek 85 Tahun Lulus Sarjana,…

Seorang kakek berusia 85 tahun di Kota Baubau,…
Tahun 2020, Nikah Bakal Butuh Sertifikat. Semua Calon…

Tahun 2020, Nikah Bakal Butuh…

Bagi pasangan yang sudah menikah, kursus…
Ternyata Uang Memang Bisa Membeli Kebahagiaan

Ternyata Uang Memang Bisa Membeli…

Setiap makhluk hidup di dunia ini mempunyai…
Pasangan Habiskan 600 juta Saat 11.11, Pria Ini Mau…

Pasangan Habiskan 600 juta Saat…

Seorang cowok asal China, Wang baru-baru…
3 Tips Lolos Razia Pak Pol

3 Tips Lolos Razia Pak Pol

November ini, sedang marak-maraknya razia…
Keasyikan Main HP, Driver Ojol ‘Nyemplung’ Lubang…

Keasyikan Main HP, Driver Ojol…

Kasus ini bisa menjadi pelajaran bagi driver ojek…
banner ads