loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

Pengorbanan Petugas PLN Ketika Kamu Ngeluh Mati Lampu

Pengorbanan Petugas PLN Ketika Kamu Ngeluh Mati Lampu

05 March 2019

Nggak bisa dipungkiri, saat ini kita sangat bergantung pada listrik dalam segala kondisi. Bahkan saat tidur pun kita masih mengandalkan energi listrik untuk mengisi daya pada smartphone, agar siap dipakai saat kita bangun. Pantas kalau kita bingung dan nggak bisa ngapa-ngapain ketika mati listrik terjadi. Walaupun hal ini mengganggu banget, banyak dari kita yang seringkali cuma bisa marah-marah  dan protes.

Reaksi ini wajar banget kok! Apalagi jika pekerjaanmu nggak bisa lepas dari listrik. Namun sebelum kita terpancing emosi lebih jauh, kita harus ingat kalau ada petugas yang sedang memperbaiki jaringan listrikmu.

Menjadi petugas listrik walaupun sering dipandang sebelah mata, mereka melakukan pekerjaan mulia yang nggak semua orang mau lho. Cuaca buruk, alat-alat yang mungkin kurang memadai bahkan sampai panas menyengat adalah sebagian kecil resiko yang mereka ambil untuk kenyamanan orang banyak. Memberikan waktu sebanyak-banyaknya untuk orang yang sedang melakukan pekerjaannya sebaik mungkin tentu nggak sulit kan untuk kita? Resiko apa saja sih yang dijalani petugas listrik saat melakukan perbaikan?

Di mana pun kabel berada, maka petugas PLN  harus siap siaga

Aliran listrik harus sampai ke pelosok dimanapun itu, jalan yang ditempuh untuk pemasangan tiang dan juga kabelnya tentu nggak mudah. Namun walaupun harus sampai melintas persawahan dan bukit-bukit petugas PLN tetap harus melaksanakan tugasnya. Nggak sedikit kabel yang ternyata ‘nyasar’ di sungai dan harus segera ditarik kembali agar tidak terjadi konslet seperti di gambar. Menyebrang menggunakan perahu kecil tanpa disertai pengaman pada petugas adalah hal biasa untuk mereka.

Tersengat listrik

Pernah merasakan sensasi kesetrum saat kita melakukan isi daya listrik? Tentu ada perasaan kaget dan reaksi kesakitan yang kita rasakan, padahal daya yang kita rasakan itu kecil lho. Tentu pada kabel-kabel besar milik PLN punya kapasitas yang lebih besar dan bisa bahaya banget kalau kita pegang. Pada saat mati listrik, hal yang dilakukan oleh petugas tentu juga termasuk mengecek ulang sambungan kabel pada tiang pada ketinggian tertentu. Nah kalau nggak hati-hati tentu benda ini bisa memakan korban, nggak sedikit juga petugas yang terpaksa meregang nyawa pada saat bertugas lho.

Berada di ketinggian dan diterpa angin kencang 

Punya ilmu tentang perkabelan dan listrik nggak cukup bagi bidang ini, mereka juga harus punya keberanian yang luar biasa untuk menyelesaikan tugasnya. Salah satu contoh kecilnya adalah bisa bertahan dan nggak panik saat harus memperbaiki kabel di puncak tiang listrik disertai angin yang kencang. Sayangnya nggak semua petugas punya pengaman untuk diri mereka sendiri, seperti sarung tangan maupun jaket pengaman. Padahal tiang yang harus mereka panjat bisa berjarak belasan meter.

Harus siap kapanpun

Adanya aliran listrik yang terputus jika dibiarkan berlama-lama bisa menjadi masalah yang lebih besar, maka dari itu penanganannya harus cepat tanggap. Keberadaan sistem otomatis memang membantu, tapi otomatisasi bukanlah jawaban yang tepat karena tidak semua kerusakan bisa ditangani dengan mesin. Jika ini terjadi tengah malam pun petugas PLN harus siap terjun langsung ke lapangan agar listrik senantiasa menyala tanpa masalah. Waktu untuk istirahat dan juga bersama keluarga pun akhirnya bisa jadi korban.

====================================

Nah, ternyata memperbaiki listrik nggak semudah menyambungkan kabel yang putus di satu bagian atau sekedar menekan tombol on atau off seperti kita. Memastikan bahwa listrik padam tidak semakin meluas dan peralatan yang ada tetap dalam keadaan baik adalah salah satu hal yang harus dilakukan oleh petugas dalam keadaan apapun. 

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

2 Kuburan Di Gorontalo Dipindah, Gara-Gara Beda Pilihan…

2 Kuburan Di Gorontalo Dipindah, Gara-Gara Beda Pilihan…

Dua kuburan di Desa Toto Selatan Kecamatan Kabila,…

Berantem Rebutan Cewek, Yang Satu Tewas, Satu Lagi…

Berantem Rebutan Cewek, Yang Satu Tewas, Satu Lagi…

Seorang pelajar berumur 17 tahun, kita sebut saja…

Geger Sekte Kerajaan Ubur-ubur di Banten

Geger Sekte Kerajaan Ubur-ubur di Banten

Warga Serang, Banten, digegerkan dengan adanya…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

3 Tanda Kamu Sedang Stress Berat

3 Tanda Kamu Sedang Stress Berat

Penyebab stress, memang bisa disebabkan…
Asal Muasal Kata 'Ngabuburit'

Asal Muasal Kata 'Ngabuburit'

istilah ngabuburit pasti sudah…
5 Alasan Kenapa Saitama Lebih Kuat Dari Goku

5 Alasan Kenapa Saitama Lebih…

Dalam dunia perwibuan, sering ada perdebatan.…
Pengen Selfie Sempurna, Malah Kehilangan Nyawa

Pengen Selfie Sempurna, Malah…

Seorang mahasiswi luar negeri tewas terjatuh…
Siswa Yang Tak Diluluskan karena Kritik Kebijakan…

Siswa Yang Tak Diluluskan karena…

Siswa Kelas XII jurusan IPS SMAN 1 Sembalun…
Selain Hafidz, Inilah 3 Siswa Lain Yang Juga Dapat…

Selain Hafidz, Inilah 3 Siswa…

Jika kalian mengira hanya Hafidh Rifa’i…
Deretan Etika Ketika Main Game Online

Deretan Etika Ketika Main Game…

Game online, berbeda dari game offline.…
Demi Ketemu Orang Tua, Remaja Ini Mengaku Diculik

Demi Ketemu Orang Tua, Remaja…

Seorang remaja kesepian di China dilaporkan…
Kucing Dilempar Di Sinetron Azab, Pecinta Hewan Terpelatuk

Kucing Dilempar Di Sinetron Azab,…

Berbagai kecaman soal adegan sinetron bertema…
Viral Challange Cium Sapi. Apa Pula Ini?!

Viral Challange Cium Sapi. Apa…

Pemerintah Austria mengeluarkan peringatan…
banner ads