loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

5 Jenis Modus Penipuan SMS Dan Cara Mencegahnya

5 Jenis Modus Penipuan SMS Dan Cara Mencegahnya

06 March 2019

Penipuan melalui SMS sudah marak terjadi sejak orang baru-baru mengenal SMS sebagai salah satu cara berkomunikasi. Sejak itu, orang-orang jahat menemukan cara baru untuk melancarkan niat jahatnya yaitu dengan melakukan penipuan melalui SMS.

Sejak saat itu, sudah banyak sekali orang yang menjadi korban penipuan dan tidak sedikit juga pelaku penipuan melalui SMS yang sudah ditangkap pihak kepolisian.

Ada berbagai metode yang para pelaku penipuan lakukan supaya bisa melakukan aksinya menipu orang yang menjadi target aksi penipuannya.

Tidak heran jika kepolisian merasa sulit untuk memberantas para pelaku penipuan karena selain banyak metode, metodenya pun terus berganti jika metedo menipu sebelumnya telah diketahui.

Penipuan yang dilakukan melalui SMS pun ada beberapa jenis yang perlu diketahui siapa ya kamu tidak menjadi korbannya. Penipuan-penipuan melalui SMS ini pun bisa dicegah. Berikut  informasi mengenai jenis-jenis penipuan melalui SMS dan juga cara mencegahnya.

Selamat, kamu dapat hadiah!

Tidak ada angin, tidak ada hujan, tiba-tiba kamu mendapatkan hadiah yang kadang jumlahnya terbilang fantastis. Pasti kamu bingung kan? Kalau ada SMS semacam ini, berapapun nominal yang disebut dan apapun hadiahnya, abaikan!

Pesan semacam ini sudah sangat jelas peipuan. Jika kamu terperangkap dan akhirnya menghubungi nomor yang diminta, kamu pasti akan diminta untuk mengirim sejumlah uang. Jadi, tidak perlu lagi ragu karena SMS ini sudah pasti penipuan.

Ada keluarga yang kecelakaan, tolong!

Pola selanjutnya adalah SMS yang berisi pesan bahwa salah satu anggota keluargamu mengalami kecelakaan. Penipu pun akan meminta sejumlah uang sebagai biaya pengobatan. Jangan mudah percaya! Hubungi langsung yang bersangkutan dan tanyakan bagaimana kondisinya.

Jika kerabatmu baik-baik saja, jelas SMS ini adalah penipuan. Kalau dalam pesan tersebut tidak menyebutkan nama anggota keluargamu, tanyakan saja siapa anggota keluargamu yang mengalami kecelakaan. Jika tidak menjawab dengan benar, otomatis ini adalah penipuan.

Duh, Mama habis pulsa nih. Kirim pulsa ya

Mama minta pulsa sempat ramai dibicarakan karena menjadi modus penipuan yang sangat populer. Karena modus ini bersangkutan dengan orangtua, biasanya korban tidak berpikir panjang untuk membantu dan akhirnya terjebak penipuan.

Jika mendapat SMS semacam ini, pastikan dulu itu bukan dari Ibumu. Langsung hubungi Ibumu dan tanyakan kondisinya. Jika Ibumu sudah mengonfirmasi bahwa itu bukanlah dirinya, abaikan pesan tersebut karena Mamamu tidak kehabisan pulsa!

Aku teman lama, nih. Masa gak kenal?

Selain mengaku sebagai keluarga, penipu juga terkadang mengaku sebagai temanmu dan menghubungi seolah-olah kalian akrab. Namun, penipu biasanya tidak menyebutkan nama dan malah memintamu untuk menebak.

Duh, kalau sudah begini, langsung abaikan saja deh. Kamu akan dipermainkan oleh si penipu dan akhirnya dia akan berpura-pura meminjam uangmu. Teman lama, tiba-tiba menghubungi, dan langsung pinjam uang. Sangat aneh kan?

Operator bank minta kode OTP

Modus selanjutnya adalah penipu mengaku sebagai operator call center dari sebuah bank. Nah, penipuan dengan modus ini lebih canggih karena menggunakan alpha numeric yang bertuliskan “Bank yang bersangkutan”.

Penipu tersebut kemudian akan bertanya pada korban dengan alasan ingin memeriksa data pribadi korban sebagai nasabah. Kamu pun akan dimintai nomor OTP. Jika kamu memberikannya, lenyaplah semua uang di rekeningmu. Oleh sebab itu, jangan pernah beritau nomor OTPmu ke siapapun.

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

Mbak Ini Tidak Bisa Dengar Suara Laki-Laki, Suara…

Mbak Ini Tidak Bisa Dengar Suara Laki-Laki, Suara…

Seorang perempuan asal Xiamen, Tiongkok mengalami…

Sosok Dibalik Lezatnya Indomie

Sosok Dibalik Lezatnya Indomie

Siapa yang tak mengenal makanan satu ini? Rasa…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

Ngaku Jadi TNI, Pria Asal Medan Berhasil Tipu Banyak…

Ngaku Jadi TNI, Pria Asal Medan…

Penipuan saat ini bisa dilakukan dengan…
Tak Mau Menyakiti, Pria Ini Nikahi Dua Pacarnya Sekaligus

Tak Mau Menyakiti, Pria Ini Nikahi…

Pilih si A atau si B? why not both? Seorang…
Kakek 83 Tahun Nikahi Wanita 27 Tahun di Tegal

Kakek 83 Tahun Nikahi Wanita 27…

Seorang pria lansia dan wanita muda sedang…
Usai Juara, Penemu Obat Kanker Di Indonesia Ditelantarkan

Usai Juara, Penemu Obat Kanker…

Viral temuan obat kanker dari kayu bajakah…
Belanja Bisa Menghilangkan Stress, Mitos Atau Fakta?

Belanja Bisa Menghilangkan Stress,…

Jika Anda mengalami masalah atau stres karena…
Simpan Uang Di Rumah, Eh Malah Dimakan Rayap

Simpan Uang Di Rumah, Eh Malah…

Siapa sangka malam itu Putri harus kehilangan…
Kita Harus Bersyukur Binatang-Binatang Ini Sudah Punah

Kita Harus Bersyukur Binatang-Binatang…

Dinosaurus adalah penghuni bumi yang tidak…
Bocah Pemulung Viral Dikira Meninggal Ternyata Masih…

Bocah Pemulung Viral Dikira Meninggal…

Bocah pemulung laki-laki asal Depok viral…
Potret Kelakuan Para Guru Ketika Ngajar

Potret Kelakuan Para Guru Ketika…

Masa sekolah memang penuh petualangan. Dari…
4 Kalimat Untuk Bikin Cewek Tengsin Abis

4 Kalimat Untuk Bikin Cewek Tengsin…

Nggak semua obrolan blak-blakan itu bisa…
banner ads