loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

Sifat-Sifat Baik Ini Ternyata Bikin Orang Kesel Lho!

Sifat-Sifat Baik Ini Ternyata Bikin Orang Kesel Lho!

08 April 2019

Apakah kamu orang yang baik? Jawaban dari pertanyaan itu tidak sesederhana kelihatannya. Ada banyak karakteristik yang harus dimiliki seseorang supaya dia bisa disebut baik. Misalnya ramah, jujur, peduli, dan sebagainya. Orang yang memiliki sejumlah sifat baik biasanya secara otomatis akan disebut orang baik dan disenangi banyak orang.

Tapi tahukah kamu bahwa hal itu tidak selalu berlaku? Ya, sekadar memiliki sifat baik saja tidak cukup. Kamu juga perlu tahu cara yang benar dalam menerapkannya. Jika tidak, alih-alih disenangi orang lain, kamu malah bisa membuat mereka kesal.

Seperti:

1. Jujur tentang semua hal

Semua orang tentu setuju bahwa kejujuran adalah sifat yang sangat penting. Jujur dalam perkataan dan perbuatan adalah ciri orang yang bisa dipercaya. Orang yang jujur tidak akan takut untuk mengatakan kebenaran meskipun pahit, dan seringkali berani mengungkapkan kebenaran yang pahit itu adalah langkah awal untuk menemukan solusinya.

Tapi sekali lagi, hal itu tidak selalu berlaku. Terkadang, kebenaran yang pahit itu memang tidak perlu diungkapkan, terutama di depan publik. Misalnya jika temanmu memiliki kebiasaan buruk yang harus diperbaiki. Memberinya koreksi yang terus terang memang termasuk kejujuran, tapi tentu tidak bijaksana untuk melakukannya di depan umum karena itu sama saja mempermalukannya.

Maka, jadilah jujur tapi tetap bijaksana.

2. Hemat yang keterlaluan

Hemat pangkal kaya, begitu kata pepatah. Artinya menerapkan gaya hidup hemat bisa membawa kita kepada kesuksesan. Maka kita tentu wajib memupuk sifat tersebut. Kita harus mampu membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Jangan sampai hal-hal yang sebetulnya hanya sekadar keinginan kita anggap sebagai kebutuhan sehingga akhirnya kita manjadi boros.

Tapi jangan pula melakukan kesalahan yang sebaliknya, yaitu menganggap hal yang sebenarnya kebutuhan sebagai keinginan sehingga kita tidak mau mengeluarkan uang untuk itu. Misalnya, kamu mungkin menganggap jalan-jalan dan nongkrong bersama teman adalah keinginan belaka. Padahal, itu adalah kebutuhan.

Kamu butuh rekreasi. Kamu juga butuh bergaul. Memang, kamu wajib mengatur agar acara rekreasi dan berkumpul dengan teman tidak menjadi pemborosan. Tapi bukan berarti kamu perlu menghindarinya sama sekali.

Terlalu hemat bisa sama artinya dengan pelit. Tidak ada orang yang suka orang pelit, jadi jangan segan untuk mengeluarkan uang untuk hal yang benar-benar penting.

3. Rajin kebangetan

Selain uang, kamu juga perlu menyisihkan waktu untuk bersenang-senang. Rajin belajar dan bekerja keras memang bagus, bahkan harus. Tapi hidup ini bukan melulu soal hal-hal serius, kamu juga perlu menyisihkan waktu untuk menikmati kesenangan dan hiburan bersama keluarga dan teman-teman.

Tentu kerja keras yang dengan rajin kamu lakukan sebenarnya adalah untuk orang-orang yang kamu sayangi juga. Namun, ingat bahwa mereka bukan hanya butuh materi darimu, tapi juga waktu. Jadi, jangan menjadi terlalu rajin bekerja sampai-sampai kamu tidak punya waktu untuk mereka, karena hal itu pasti membuat mereka kecewa.

4. Humoris di berbagai keadaan

Kamu tentu setuju bahwa humoris adalah sifat yang menyenangkan. Kalau ada temanmu yang lucu dan suka bercanda, kamu pasti senang bergaul dengannya. Tapi kalau dia terlalu sering bercanda sampai susah diajak ngomong serius, kamu pasti bakalan kesal juga kan?

Artinya, menjadi humoris memang bagus, tapi harus tahu porsi dan waktu yang pas. Jangan bercanda di tengah suasana serius, jangan bercanda pada orang yang selera humornya tidak sama denganmu, dan jangan bercanda terlalu berlebihan sampai membuat orang lain sakit hati. Kalau sudah begitu, sifat humorismu tidak akan membuat orang lain senang tapi malah sebaliknya.

==========================================

Itulah 4 contoh sifat baik yang justru bisa bikin orang lain kesal jika diterapkan dengan cara yang tidak tepat. Ya, memang berniat melakukan hal yang benar saja tidak cukup, cara melakukannya pun harus benar. Dengan demikian, sifat baikmu akan benar-benar bermanfaat bagi orang lain.

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

Nilai Ujian SMA Anjlok! Katanya Gara-Gara PUBG

Nilai Ujian SMA Anjlok! Katanya Gara-Gara PUBG

PUBG (PlayerUnknown's Battlegrounds) versi…

Mahasiswa Tidak Memperhatikan Pelajaran, Dosen Ini…

Mahasiswa Tidak Memperhatikan Pelajaran, Dosen Ini…

Tidak sedikit mahasiswa yang merasa bosan saat…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

4 Mentri Favorit Anak Muda Yang Harus Banget Dipertahankan

4 Mentri Favorit Anak Muda Yang…

1. Bu Susi Sejak terpilih lima tahun silam,…
Pelaku Kucing Dicekoki Ciu Beri Klarifikasi. Netizen:…

Pelaku Kucing Dicekoki Ciu Beri…

Azzam Cancel akhirnya buka suara terkait…
Kisah di Balik Lagu-lagu Didi Kempot yang Melegenda

Kisah di Balik Lagu-lagu Didi…

Lahir dari keluarga seniman, mengawali karier…
Jadi Korban Ransomware, Pria Ini Langsung Retas Server…

Jadi Korban Ransomware, Pria Ini…

Ransomware adalah salah satu jenis malware…
Kecanduan Gadget, Pria Ini Tidur Sambil Ngetik Chat

Kecanduan Gadget, Pria Ini Tidur…

Video yang diunggah oleh pemilik akun Twitter…
Restart Akun Game Online Suami, Wanita Ini Auto Diceraikan

Restart Akun Game Online Suami,…

Kehadiran teknologi canggih saat ini memang…
Akhir Masa Jabatan, Inilah Yang Dilakukan Bu Susi

Akhir Masa Jabatan, Inilah Yang…

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode…
12 Kata Ini Sering Kamu Gunakan, Ternyata Ada Kepanjangannya…

12 Kata Ini Sering Kamu Gunakan,…

Kamu pasti gak akan sadar bahwa beberapa…
Jalan Menuju Gedung DPR Ditutup, Mahasiswa Demo Lagi?

Jalan Menuju Gedung DPR Ditutup,…

 Polisi menutup akses jalan ke Gedung…
8 Kalimat Andalan Para Fakboi

8 Kalimat Andalan Para Fakboi

Fenomena fuckboy seperti menjamur…
banner ads