loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

Inilah Alasan Kenapa Bu Susi Cocok Jadi Dirut Garuda

Inilah Alasan Kenapa Bu Susi Cocok Jadi Dirut Garuda

09 December 2019

Meskipun kita adalah rakyat jelata yang jarang naik Garuda, namun berita dicopotnya pak Dirut si maskapai dalam negeri ini tentu menyita perhatian. Ternyata sembari memimpin, sang direktur utama melakukan penyelundupan yang seperti diberitakan itu. Dan kabarnya yang terlibat dalam kasus ini tak hanya dia seorang tapi ada beberapa petinggi yang lain.

Setelah dicopotnya Direktur utama Garuda, tentu maskapai ini mengalami kekosongan pemimpin. Masih belum diputuskan sih siapa yang akan maju. Namun dari banyak nama yang muncul Susi Pudjiastuti adalah yang cukup menyita perhatian. Sangat beralasan seandainya beliau terpilih, dan berikut adalah alasannya:

1. Punya pengalaman di Susi Air

Memilih seseorang untuk duduk di posisi penting tentu banyak pertimbangannya. Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah pengalaman. Seperti yang kita ketahui, si ibu mantan tukang ledakin kapal ini bergelut di Susi Air, maskapainya sendiri. Di situ beliau merintis banget si Susi Air. Dari awalnya cuma pesawat antar ikan sampai jadi komersial. Dari jumlahnya seiprit sampai puluhan.

Pengalaman sebagai owner sebuah maskapai tentu nggak main-main ya. Tak hanya soal pengetahuan dunia kedirgantaraan, beliau pasti familiar banget dengan strategi-strategi terkait, terutama dari sisi ekonomi dan bisnisnya. Dengan pengalaman yang dimiliki, serta kesempatan di maskapai sebesar Garuda, bu Susi bukan tak mungkin akan bisa membuat brand ini makin melejit.

2. Pengalaman di KKP yang nggak perlu diragukan

Beda Garuda dengan maskapai lain yang ada di Indonesia adalah statusnya, di mana yang satu itu merupakan perusahaan milik negara. Berbicara soal ini, alasan bu Susi layak jadi Dirut tak lain karena beliau pernah bergelut di sektor kenegaraan juga alias di Kementerian kelautan dan Perikanan. Lima tahun beliau menjabat dan nggak kena resuffle, artinya beliau bisa dibilang berprestasi dan banyak capaian.

Mulai dari mengurangi aktivitas pencurian ikan sampai bikin produksi laut Indonesia meningkat pesat. Makanya ketika ada rapor lima tahun menteri, beliau ini masuk dalam kategori paling memuaskan kinerjanya. Dengan semua yang beliau lakukan dan alami di pemerintahan rasa-rasanya cukup pas kalau wanita lulusan paket C tapi punya gelar Doktor ini duduk di kursi pimpinan Garuda.

3. Dicintai Netizen

Image juga penting untuk jadi pemimpin dan soal itu bu Susi jelas memilikinya. Meskipun awalnya dicibir ketika ada di kementerian karena tato di kaki sampai pendidikan akhirnya, tapi di ujung kepemimpinannya di KKP sosok ini malah dipuji habis-habisan.

Jika kamu ingat di masa-masa pengumuman menteri beberapa bulan lalu, nama Susi Pudjiastuti meraih trending di berbagai lini sosmed. Rakyat menginginkan beliau untuk dipilih lagi jadi menteri KKP. Meskipun belum ada survei spesifik soal sebagaimana besar masyarakat memandang sosoknya, namun figur bu Susi jelas punya nilai positif di masyarakat. Apalagi beliau kadang suka bercengkerama langsung dengan masyarakat lewat sosmed-nya, membuat bu Susi ini seolah makin dekat dengan kita-kita.

Punya image positif dan nggak pernah sekalipun terkena skandal semasa kerjanya, apalagi sampai selundupkan kapal selam, jelas bu Susi layak banget jadi Dirut Garuda.

4. Mungkin bakal punya gebrakan ekstrem yang bikin Garuda melejit

Nggak ada yang salah dengan Garuda selama ini selain Dirut-nya yang ketahuan mbeling dan tiketnya yang mahal hehehe (curcol). Namun demikian maskapai ini bisa dibilang butuh sesuatu yang lebih fresh. Apalagi seperti yang diketahui kalau beberapa periode terakhir ini si maskapai non swasta ini punya beberapa catatan kurang oke. Mulai nilai sahamnya yang lebih sering turunnya, deretan komplain yang dulunya jarang ada, sampai rugi bandar terus. Berdasarkan laporan di Juli tahun 2018, Garuda rugi sampai Rp 2,45 triliun. 

Dengan kondisi yang demikian ini ditambah dengan Citra Garuda yang jadi agak tercoreng sedikit gara-gara kelakuan Dirut-nya, maka sudah saatnya perusahaan ini diambil alih kepemimpinannya oleh seseorang seperti bu Susi. Berkaca ke masa lalu lagi, seperti yang kita tahu ibu yang pernah surfing sambil ngopi ini juga dikenal dengan berbagai macam gebrakan sangar di kementeriannya. Salah satunya aksi tenggelamkan yang berdampak pada penyusutan ekstrem angka penjarahan ikan di laut Indonesia itu.

Pertanyaan yang mungkin muncul adalah, di KKP tentu ibu Susi bisa bikin gebrakan karena pengalamannya banyak di situ lalu bagaimana dengan kedirgantaraan? Nggak usah dijawab ya, coba scroll ke atas. Beliau itu bukan cuma memimpin maskapai, tapi memilikinya. Jadi sudah pasti kalau dipilih jadi Dirut Garuda beliau bakal mempersiapkan banyak strategi. Mungkin termasuk bikin murah tiket Garuda biar rakyat jelata macam kita bisa menikmati terbang bersama maskapai ini.

5. Beliau lagi nggak pegang jabatan apa-apa

Alasan penting lain kenapa Bu Susi layak jadi Dirut Garuda tak bukan adalah karena beliau lagi kosong. Yup, sampai sekarang belum ada berita soal beliau yang menjabat posisi apa pun, khususnya yang berhubungan dengan pemerintahan. Ini artinya tidak ada hambatan berarti bagi beliau melangkah apabila dipinang untuk menjabat posisi tertentu.

Tengah tidak menjabat apa pun sekarang ini adalah momen yang pas bagi pihak terkait Garuda untuk menggaet bu Susi sebagai Dirut. Daripada beliau sudah menempati tempat lain kemudian ditawari pastinya nggak akan efektif. Jadi, mumpung pintu masih terbuka lebar, silakan mempertimbangkan beliau sebagai pemimpin baru si maskapai negeri. Eh, tapi usut dulu mereka-mereka yang terduga curang. Biar maskapai ini bisa segera kembali moncer setidaknya nggak rugi sampai triliunan rupiah.

=============================

Kira-kira seperti itu. Apakah kalian setuju?

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

5 Jenis Pajak Yang Ternyata Beneran Ada Lho!

5 Jenis Pajak Yang Ternyata Beneran Ada Lho!

Pajak adalah kewajiban yang hampir berlaku bagi…

5 Chiki Jaman Bocah Berhadiah Duit

5 Chiki Jaman Bocah Berhadiah Duit

Masa kecil rasanya gak lengkap jika tanpa cerita…

Berkenalan Dengan Kembaran Kak Seto

Berkenalan Dengan Kembaran Kak Seto

Mungkin belum banyak…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

Bisakah Barang Impor dari China Membawa Virus Corona?

Bisakah Barang Impor dari China…

Penyebaran virus Corona (2019 n-CoV) membuat…
Seorang Wanita Batal Ke Wuhan Setelah Anjing Memakan…

Seorang Wanita Batal Ke Wuhan…

Seorang wanita bicara setelah perjalanannya…
Motor Hilang, Ngelapor Ke Polsek Ampe Nangid, Ternyata…

Motor Hilang, Ngelapor Ke Polsek…

Akmal, 13, warga Kecamatan Sukodono, Kabupaten…
MUI siap keluarkan fatwa haram untuk Netflix

MUI siap keluarkan fatwa haram…

Majelis Ulama Indonesia (MUI) siap mengeluarkan…
Astonom Deteksi 2 Planet Mirip Bumi Layak Huni

Astonom Deteksi 2 Planet Mirip…

Tim astronom berhasil mendeteksi sekumpulan…
Mendikbud Kritisi Sinetron Indo. Perbaiki Ceritanya!

Mendikbud Kritisi Sinetron Indo.…

Mendikbud Nadiem Makarim tidak hanya menyoroti…
5 Hal Mengakjubkan Yang Terjadi Setiap 5 Detik

5 Hal Mengakjubkan Yang Terjadi…

Selain berita yang kamu baca di koran atau…
Pelajar SMA Pembunuh Begal Terancam Hukuman Seumur…

Pelajar SMA Pembunuh Begal Terancam…

ZA, pelajar SMA Negeri di Malang, Jawa Timur…
Habiskan Harta Suami Rp124 M hingga Bangkrut, Wanita…

Habiskan Harta Suami Rp124 M hingga…

Seorang model terkenal di Jepang mengejutkan…
Visa Habis dan Tak Punya Uang, WNA Nekat Berenang…

Visa Habis dan Tak Punya Uang,…

Seorang warga negara Aljazair bernama Haminoumna…
banner ads