loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

 Larry Tesler Penemu Cut, Copy, Paste Meninggal Dunia

Larry Tesler Penemu Cut, Copy, Paste Meninggal Dunia

20 February 2020

Kabar duka cita datang dari dunia teknologi. Seorang computer scientist sekaligus penemu dari cut, copy, paste, Larry Tesler meninggal dunia pada Senin (17/2) kemarin di usia ke-74 tahun.

Dilansir dari Gizmodo, Kamis (20/2), mendiang Larry Tesler mungkin bukan nama setenar Steve Jobs atau Bill Gates, tetapi kontribusinya dalam membuat komputer dan perangkat seluler lebih mudah digunakan adalah sorotan dari karir panjang yang mempengaruhi komputasi modern.

Awal mula perjalanan karir

Dilahirkan pada tahun 1945 di New York, Tesler melanjutkan untuk belajar bidang ilmu komputer di Universitas Stanford. Setelah lulus, dia berkecimpung dalam penelitian kecerdasan buatan, dan menjadi terlibat dalam monopoli anti-perang dan anti-perusahaan gerakan, dengan perusahaan seperti IBM sebagai salah satu target yang layak.

Pada tahun 1973, Tesler mengambil pekerjaan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC) di mana ia bekerja hingga 1980. Xerox PARC terkenal karena mengembangkan antarmuka pengguna grafis berbasis mouse yang sekarang banyak dianggap remeh.

Selama bekerja di lab, Tesler bersama dengan Tim Mott untuk membuat pengolah kata yang disebut Gypsy yang terkenal karena menciptakan istilah “cut,” “copy,” dan “paste” ketika datang ke perintah untuk menghapus, menduplikasi, atau memposisikan potongan teks. Perintah tersebut sekarang terkenal dan dipakai hingga saat ini.

Sayangnya, Xerox PARC juga terkenal karena tidak memanfaatkan penelitian inovatif yang dilakukan dalam hal komputasi personal, sehingga pada 1980 Tesler beralih ke Apple Computer di mana ia bekerja hingga 1997.

Selama bertahun-tahun, ia memegang posisi yang tak terhitung jumlahnya di perusahaan termasuk, Wakil Presiden AppleNet (Sistem jaringan area lokal Apple yang akhirnya dibatalkan), dan bahkan menjabat sebagai Kepala Ilmuwan Apple, suatu posisi yang pernah dipegang Steve Wozniak, sebelum akhirnya meninggalkan perusahaan.

Selain kontribusinya pada beberapa perangkat keras Apple yang paling terkenal, Tesler juga dikenal karena upayanya untuk membuat perangkat lunak dan antarmuka pengguna lebih mudah diakses.

Selain terminologi “cut,” “copy,” dan “paste” yang ada di mana-mana, Tesler juga menganjurkan pendekatan untuk desain UI yang dikenal sebagai komputasi modeless, yang tercermin di situs pribadinya.

Intinya, pendekatan ini memastikan bahwa tindakan pengguna tetap konsisten di berbagai fungsi dan aplikasi sistem operasi. Ketika mereka membuka pengolah kata, misalnya, pengguna sekarang secara otomatis mengasumsikan bahwa menekan salah satu tombol alfa numerik pada keyboard mereka akan menghasilkan karakter yang muncul di layar pada titik penyisipan kursor.

Tetapi, ada saat ketika pengolah kata dapat beralih antara beberapa mode di mana mengetik pada keyboard akan menambahkan karakter ke dokumen atau secara bergantian memungkinkan perintah fungsional dimasukkan.

Setelah meninggalkan Apple pada tahun 1997, Tesler mendirikan sebuah perusahaan bernama Stagecast Software yang mengembangkan aplikasi yang membuatnya lebih mudah dan lebih mudah diakses oleh anak-anak untuk mempelajari konsep pemrograman.

Pada tahun 2001, ia bergabung dengan Amazon dan akhirnya menjadi Wakil Presiden Shopping Experience di sana, hingga pada tahun 2005 ia beralih ke Yahoo di mana ia mengepalai pengalaman pengguna dan kelompok desain perusahaan itu.

Kemudian pada 2008, ia menjadi rekan produk di 23andMe. Menurut CV-nya, Tesler meninggalkan 23andMe pada 2009 dan sejak saat itu sebagian besar fokus pada pekerjaan konsultasi.

source

 

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

Jenis-Jenis Manusia Kamvret Di Bioskop

Jenis-Jenis Manusia Kamvret Di Bioskop

Well, Akhir-akhir ini Bioskop makin sering dan…

Gamers Dota Jelek-Jelek? Coba Tengok Mereka

Gamers Dota Jelek-Jelek? Coba Tengok Mereka

Banyak cewek-cewek ngatain rata-rata cowok yang…

Inilah 4 Kerusuhan Paling Barbar Di Persepakbolaan…

Inilah 4 Kerusuhan Paling Barbar Di Persepakbolaan…

Perkembangan sepak bola nasional bisa dikatakan…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

3 Minggu Kerja Di Rumah, Kualitas Udara Di Jakarta…

3 Minggu Kerja Di Rumah, Kualitas…

Memasuki pekan ke-3 imbauan kerja dari rumah…
Benarkah Berjemur Di Bawah Sinar Matahari, Bisa Hilangkan…

Benarkah Berjemur Di Bawah Sinar…

Sejak bayi, kulit manusia telah dibiasakan…
Kemungkinan Terburuk Kalau Corona Terus Berlangsung…

Kemungkinan Terburuk Kalau Corona…

Penyebaran virus corona sangatlah cepat…
Jalanan Sepi Karena Corona, Eh Malah Balapan

Jalanan Sepi Karena Corona, Eh…

Mulai dari social distancing hingga lockdown,…
Adakah Dampak Positif Corona?

Adakah Dampak Positif Corona?

Adakah Dampak Positif dari Virus Korona?…
Terlalu Bandel, Tim Medis China Ngeluh Saat Rawat…

Terlalu Bandel, Tim Medis China…

Kasus virus corona di Italia melonjak drastis…
Orang Tua Ngotot Study Tour, Pas Pulang, Si Anak 'Ahok!…

Orang Tua Ngotot Study Tour, Pas…

Seratusan siswa kelas VIII SMP…
TikTok Larang Video Pengguna Berwajah Jelek dan Miskin…

TikTok Larang Video Pengguna Berwajah…

TikTok disebut meminta para moderator di…
Cukur Rambut Siswa, Guru Bisa Diancam Denda 100 Juta

Cukur Rambut Siswa, Guru Bisa…

Maraknya hukuman Guru terhadapat muridnya…
Bagaimana sikap yang benar menghadapi wabah virus…

Bagaimana sikap yang benar menghadapi…

Virus Corona sudah masuk Indonesia. Seketika,…
banner ads