loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

Siapakah Kang Angkut Peti Menari Ini?

Siapakah Kang Angkut Peti Menari Ini?

17 April 2020

Ghana dancing palbearers viral di berbagai media sosial. Rombongan pembawa peti mati kemeja putih dengan jas hitam itu ramai banyak dijadikan meme.

Enggak sedikit warganet yang kreatif dan menyatukannya dengan gambar atau video lelucon soal kematian. Terutama ketika lagi masa-masa pandemi seperti sekarang.

Di media sosial Instagram, bahkan ada salah satu akun yang membuat unggahan 'menakut-nakuti' agar orang-orang tinggal di rumah saja. Empat orang anggota dari rombongan Ghana dancing pallbearers yang viral itu dimasukkan dalam billboard.

Biar makin greget ditambah pula tulisan macam ini. "Stay at home or dance with us", yang kalau diartikan menjadi, "Tetap di rumah atau menari bersama kami." Ya, maksudnya, kamu menari bersama mereka, tapi di dalam peti mati.

Sesuai dengan namanya, Ghana dancing pallbearers berasal dari Ghana. Ghana adalah sebuah negara di Afrika Barat yang berbatasan dengan Pantai Gading.

Dalam bahasa Indonesia, "Pallbearers" diartikan sebagai pembawa keranda. Di Indonesia, biasanya para pembawa keranda adalah rombongan orang-orang terdekat dari almarhum/almarhumah yang meninggal dunia.

Di beberapa kesempatan, pembawa keranda biasanya adalah anggota komunitas keagamaan yang dianut oleh orang yang meninggal. Tidak ada aturan pasti siapa yang seharusnya membawa keranda.

Namun yang pasti, pembawa keranda akan bersama-sama dengan rombongan membawa jenazah hingga ke peristirahatan terakhir. Begitu pula dengan Ghana dancing pallbearers. Tujuan pekerjaannya juga sama.

Perbedaaanya terdapat pada cara mereka membawa peti tersebut. Alih-alih mengangkatnya secara perlahan sambil ikut meratapi, rombongan ini justru menari bersama sambil memanggul peti.

Peti diletakkan di pundak, lalu sembari duduk, mereka menghentak-hentakan kakinya. Tariannya terasa semakin meriah, karena selain para pembawa keranda ini bertepuk tangan, orang-orang di sekitarnya juga ikut menari.

Peti juga kadang diangkat dan ditahan menggunakan paha, sementara mereka menari sambil mengibaskan sapu tangan berwarna putih di atasnya. Acara kematian yang biasanya terasa sendu dan mendayu-dayu justru tampak seperti perayaan yang meriah.

Usut punya usut, Ghana dancing pallbearers bukanlah sebuah tradisi, melainkan inovasi Benjamin Aidoo yang merupakan ketua dari rombongan pembawa keranda ini. Dalam wawancaranya bersama BBC, ia mengatakan selalu menanyakan keinginan klien yang mengundangnya.

Apakah klien tersebut ingin acara pemakaman yang serius atau ingin yang menarik dengan koreografi di dalamnya. Ghana dancing pallbearers hanya dihadirkan untuk orang-orang yang ingin pemakaman terasa 'ceria'.

Inovasinya yang unik itu kini jadi salah satu ritual pemakaman yang populer di Ghana dan berhasil memberikan lowongan pekerjaan bagi lebih dari 100 orang wanita maupun pria muda. Ini adalah caranya untuk mengurangi tingkat pengangguran yang tinggi di daerahnya.

=======================================================

Tak cuma membuat inovasi yang atraktif saja lewat gerakan tarian yang ditampilkan, Aidoo juga 'berinvestasi' dari segi pakaian yang akan dikenakan. Seluruh pakaian yang akan dikenakan oleh timnya ketika bertugas membawa dan mengawal jenazah ke pemakaman adalah tanggung jawab Aidoo.

Dilansir Elite Readers, Benjamin Aidoo memulai bisnisnya membawakan keranda pada 2010 silam. Untuk satu kali tampil, Aidoo mengenakan biaya sebesar 387 dolar Amerika atau sekitar Rp 6 jutaan.

Upacara atau ritual pemakaman di Ghana dianggap sebagai acara perayaan. Keluarga yang berduka biasanya berani menghabiskan ribuan Cedi (mata uang Ghana) untuk menyediakan venue, makanan, minuman, fotografer, videografer, brosus, poster, band, hingga DJ untuk satu kali acara pemakaman.

Dalam laman The Denver Post, kolumnis Vicky Wireko mengatakan bahwa pemakaman telah menjadi salah satu acara yang menghabiskan biaya yang besar. Demi acara pemakaman, keluarga yang berduka bahkan mau meminjam ke bank atau menggadaikan barang.

Pemakaman di Ghana terkenal sebagai acara yang "gila". Peti mati yang diukir saja bisa menghabiskan biaya sampai 431 dolar Amerika atau setara Rp 6,7 juta.

Sementara itu, menyimpan jenazah di kamar mayat saja bisa menghabiskan biaya hingga 69 dolar Amerika atau sekitar Rp 1 jutaan setiap bulannya.

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

WWE Ekspansi Ke Seluruh Dunia, Triple H Membuka Kemungkinan…

WWE Ekspansi Ke Seluruh Dunia, Triple H Membuka Kemungkinan…

Jika kalian ingat, WWE yang lebih kita kenal sebagai…

4 Game RPG PS 1 Dengan Cerita Terbaik

4 Game RPG PS 1 Dengan Cerita Terbaik

Yang membuat sebuah video games menarik untuk dimainkan…

Bahayanya Sepak Bola Tarkam Bagi Pemainnya

Bahayanya Sepak Bola Tarkam Bagi Pemainnya

Tarkam atau pertandingan antar kampung dewasa ini…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

Gimana Caranya Rice Cooker Tahu, Kalau Nasi Sudah…

Gimana Caranya Rice Cooker Tahu,…

Mungkin pertanyaan ini kerap membingungkan…
Ingin Bikin Mantan Pacar Menangis, Wanita Ini Kirim…

Ingin Bikin Mantan Pacar Menangis,…

Seorang wanita ingin melakukan balas dendam…
Wanita Ini Nikahi Oppa Korea. Ternyata Tak Seindah…

Wanita Ini Nikahi Oppa Korea.…

Penggemar drama dan budaya Korea Selatan…
Apa Itu Herd Immunity?

Apa Itu Herd Immunity?

World Health Organization (WHO) mengecam…
Solusi Untuk Kalian Yang Kebelet Nikah Di Tengah Corona

Solusi Untuk Kalian Yang Kebelet…

Selama virus corona masih belum reda, maka…
3 Hal yang Dikhawatirkan Jika Usia 45 ke Bawah Boleh…

3 Hal yang Dikhawatirkan Jika…

Perubahan demi perubahan soal aturan di…
5 Hal Tentang Didi Kempot Yang Mungkin Kita Tidak…

5 Hal Tentang Didi Kempot Yang…

Kepergian Dionisius Prasetyo atau kita kenal…
Kenapa Sih Kita Nggak Simpatik Sama Kerumunan McD…

Kenapa Sih Kita Nggak Simpatik…

McD Sarinah, salah satu resto waralaba luar…
Bingung Nikahi Siapa, Pria Ini Nikahi Dua Pacarnya

Bingung Nikahi Siapa, Pria Ini…

Keberuntungan sepertinya begitu memihak…
Resep Rahasia Kentang Goreng McD untuk Dibuat di Rumah

Resep Rahasia Kentang Goreng McD…

Kentang goreng merupakan salah satu cemilan…
banner ads