loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

Kenapa Sih Youtuber Sering Banget Bikin Prank Jahat?

Kenapa Sih Youtuber Sering Banget Bikin Prank Jahat?

06 May 2020

Memang benar, prank di zaman sekarang ini dimaknai sebagai sesuatu guyonan yang bisa dikatakan membohongi seseorang dan bersifat ‘mengerjai’, diatur seolah-olah serius namun ternyata hanya bohongan dengan tujuan supaya target prank merasa kaget, terkejut, atau bahkan malu.

Konten prank sebenarnya tak melulu berisi hal yang buruk kok, tapi di Indonesia prank biasanya mengarah ke hal yang negatif dan merugikan. Semakin parah bahkan, beberapa waktu yang lalu, sekelompok waria menjadi korban dari seorang YouTuber bernama Ferdian Paleka. Ia viral karena membagikan kardus kepada para waria yang ada di pinggir jalan di Bandung.

Namun, setelah dibuka isi dari bingkisan tersebut bukan makanan atau sesuatu yang berharga, melainkan sampah dan batu-bata. Siapa coba yang tidak murka, prank seperti ini jelas saja sudah masuk kategori ‘konten sampah’ yang kreatifnya kebablasan dan harus dihilangkan.

Kejadian seperti ini bukannya sekali dua kali terjadi. Sebelum Ferdian Paleka viral, sudah ada Hassanjr11 yang mengunggah konten prank menyuruh orang puasa membatalkan puasanya dengan ganjaran uang 10 juta Rupiah. Ada pula konten cancel pesanan makanan ojek online yang nilainya jutaan, prank bunuh diri, prank ajak wik-wik istri. Semuanya jelas tidak memberikan edukasi, di satu sisi malah bisa merugikan pihak lain.

 

Tetapi, mirisnya konten seperti ini laku-laku saja. Mengapa? Karena, video-video yang berisi prank memang sudah diminati dari dulu. Dengan begitu, prank merupakan salah satu cara untuk mendapatkan adsenses dengan mudah. Konten-konten prank akhirnya menjadi budaya dan diikuti oleh banyak orang. Kadang, di YouTube ada jenis prank apa saja yang lagi trend, sehingga para konten kreator akan membuat video dengan ide yang sama –hanya beda target yang akan di-prank saja.

Selanjutnya, setelah viral, para YouTuber akan hapus video dan melakukan klarifikasi minta maaf dan menyadari bahwa apa yang mereka lakukan itu adalah sebuah kesalahan. Ini udah template banget deh, setelah viral videonya menghilang. Kalau tidak beruntung, maka akan mendapat hujatan dari netizen, akun YouTube yang terkena report (menghilang), dan digeruduk warga (dalam kasus Ferdian Paleka).

Sampai saat ini pihak Google memang belum memberikan tanggapan atas viralnya video-video prank yang dilakukan banyak Youtuber. Akan tetapi, Youtube sudah punya kebijakan akan menghapus konten prank yang dianggap sudah kelewat batas alias berlebihan atau sudah berbahaya. Selain itu, dalam mengunggah konten, para pembuat konten sendiri seharusnya menaati aturan yang sudah ada. Konten yang dipertontonkan tidak boleh merugikan atau berbahaya, berisi kekerasan, SARA, serta pembuat konten harus mempertimbangkan bagaimana dampaknya terhadap anak-anak yang menonton. Karena, Youtube melindungi anak-anak di bawah umur dalam ekosistem YouTube.

Selain itu, ke depan semoga pihak berwajib ikut memberikan pelajaran kepada para YouTuber yang ‘asal’ dalam membuat konten ini. Tindak lanjut dari pihak berwenang seperti polisi akan memberikan efek jera, sehingga prank-prank lain yang tidak bisa membahayakan, membuat malu, serta merugikan orang lain ini tak lagi menjadi trend.

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

Penampakan Rumah Upin-Ipin Di Dunia Nyata

Penampakan Rumah Upin-Ipin Di Dunia Nyata

kini, para penggemar Upin Ipin mungkin tak hanya…

Kominfo Minta Netflix Turunkan Harga

Kominfo Minta Netflix Turunkan Harga

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo)…

Rumput Pink Tumbuhnya 3 Tahun, Rusak Dalam 3 Hari…

Rumput Pink Tumbuhnya 3 Tahun, Rusak Dalam 3 Hari…

Tempat rekreasi sekarang ini tak melulu taman dengan…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

Gimana Caranya Rice Cooker Tahu, Kalau Nasi Sudah…

Gimana Caranya Rice Cooker Tahu,…

Mungkin pertanyaan ini kerap membingungkan…
Ingin Bikin Mantan Pacar Menangis, Wanita Ini Kirim…

Ingin Bikin Mantan Pacar Menangis,…

Seorang wanita ingin melakukan balas dendam…
Wanita Ini Nikahi Oppa Korea. Ternyata Tak Seindah…

Wanita Ini Nikahi Oppa Korea.…

Penggemar drama dan budaya Korea Selatan…
Apa Itu Herd Immunity?

Apa Itu Herd Immunity?

World Health Organization (WHO) mengecam…
Solusi Untuk Kalian Yang Kebelet Nikah Di Tengah Corona

Solusi Untuk Kalian Yang Kebelet…

Selama virus corona masih belum reda, maka…
3 Hal yang Dikhawatirkan Jika Usia 45 ke Bawah Boleh…

3 Hal yang Dikhawatirkan Jika…

Perubahan demi perubahan soal aturan di…
5 Hal Tentang Didi Kempot Yang Mungkin Kita Tidak…

5 Hal Tentang Didi Kempot Yang…

Kepergian Dionisius Prasetyo atau kita kenal…
Kenapa Sih Kita Nggak Simpatik Sama Kerumunan McD…

Kenapa Sih Kita Nggak Simpatik…

McD Sarinah, salah satu resto waralaba luar…
Bingung Nikahi Siapa, Pria Ini Nikahi Dua Pacarnya

Bingung Nikahi Siapa, Pria Ini…

Keberuntungan sepertinya begitu memihak…
Resep Rahasia Kentang Goreng McD untuk Dibuat di Rumah

Resep Rahasia Kentang Goreng McD…

Kentang goreng merupakan salah satu cemilan…
banner ads