loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

7 Tipe Penggemar Anime. Yang Mana Tipe Kalian?

7 Tipe Penggemar Anime. Yang Mana Tipe Kalian?

01 November 2017

Anime memang punya pasar demografi yang sangat luas. Stereotype mengenai anime pun kian berubah. Kini ia tak lagi diidentikkan dengan kartun yang hanya ditonton oleh anak-anak. Oleh sebab itu jenis penggemar yang muncul pun berbeda-beda. Tak melulu dikategorikan lewat usia, penggemar anime bisa dikategorikan dengan cara lainnya yakni lewat perilaku. Seperti:

1. Weebs

Weeaboo atau bisa disingkat weebs merupakan kosakata dan wordplay dari bahasa inggris untuk “Japanese wanna be”. Penggemar anime yang jatuh pada kategori ini punya rasa kagum yang luar biasa tidak hanya pada hal tontonan tetapi juga segala aspek tentang Jepang yang mereka lihat lewat anime. Weeaboocenderung menjadikan anime kiblat dari segala stereotype mengenai negara Jepang.

Jika di anime mereka melihat para karakter bicara dengan emosi yang ceria dan nada tinggi, maka mereka yakin orang-orang Jepang juga bicara dengan gaya seperti itu. Weeaboo tidak punya preferensi dalam menonton anime, karenanya mereka akan dengan senang hati nonton anime apa saja. 

“No waifu, no laifu” sering jadi tagline mereka. Para weeaboo tak jarang dengan entengnya menyisipkan beberapa kata dalam bahasa Jepang meski kalimat yang mereka ucapkan tidak seluruhnya berbahasa Jepang. Contohnya, jika ada yang mengejek para weeaboo cenderung akan membalas dengan kalimat seperti ini “Fuzakenna! Aku lagi gak ingin meladenimu” dibanding membalas dengan kalimat “Jangan bercanda, deh. Aku lagi gak ingin meladenimu.”

Pokoknya geli deh...

2. Shipper

Kategori penggemar jenis ini kebanyakan adalah wanita. Singkatnya shipper adalah mereka yang kerap kali memasangkan karakter utama dengan karakter lain dalam hal romansa. Mereka menyebutnya OTP atau One True PairingShipper cenderung fokus pada OTP mereka ketika menonton anime.

Sebagai contoh, jika di anime Bleach OTP dari para shipper ini adalah Ichigo Kurosaki dan Rukia Kuchiki, maka penggemar tipe shipper lebih tertarik dengan interaksi antara Ichigo dan Rukia. Mereka juga biasanya akan berteriak kegirangan ketika interaksi OTP semakin cute.

Tapi paling males sama Yaoi Shipper. Mereka adalah yang suka memasang-masangkan karakter cowok dengan cowok lainnya.

3. Hipster

Apakah kamu menganggap semua anime yang mainstream dan populer itu jelek dan membosankan? Berarti kamu masuk ke dalam kategori ini. Penggemar tipe hipster tidak menyukai dan tidak mau nonton anime yang mainstream. Mereka akan menganggap Tokyo GhoulBoku no Hero Academia atau Haikyuu punya jalan cerita yang bodoh dan biasa saja, makanya anime tersebut jadi mainstream. Karenanya tak jarang penggemar kategori hipster disebut elitist.

Mereka lebih suka anime seperti Tatami Galaxy, Jojo Bizzare Adventure atau Hell Girl. Jikapun anime favorit mereka kemudian jadi populer, biasanya mereka akan membela diri dengan berdalih bahwa merekalah yang lebih dulu menonton anime tersebut dibanding orang lain.

4. Intelek

Kategori ini disebut juga The Fandom Intellectual. Bagi mereka, anime merupakan perpanjangan dari edukasi. Para penggemar tipe ini biasanya sudah punya dasar ilmu tersendiri yang mereka kuasai, bisa Psikologi, Sejarah, Literatur atau Antropologi. Mereka senang menonton dan menganalisa anime lewat sudut pandang ilmu yang mereka pelajari.

Sebagai contoh, kamu yang mempelajari Sejarah pasti akan lebih cepat menangkap bagaimana imperialisme mendominasi banyak chapter pada Attack on Titan. Atau misalnya, kamu yang mempelajari Psikologi akan aware kalau Light Yagami sebenarnya menderita God Complex dalam anime Death Note.

Tipe penggemar seperti ini sebenarnya sangat asyik untuk diajak diskusi, terlebih jika anime favorit kalian ada kesamaan. Hal ini disebabkan mereka bisa memberikan kamu banyak eksplanasi ilmiah, dan kamu akan merasa bahwa penjelasan mereka tentang sisi edukatif anime tersebut relevan dengan apa yang terjadi di kehidupan nyata.

5. Filosofis

Penggemar tipe ini jarang sekali ternotifikasi dalam radar. Kalaupun ada, mereka tidak akan mudah buka mulut karena tidak semua penggemar anime mengerti apa yang mereka bicarakan. Jadi daripada buang tenaga, mereka lebih memilih untuk berbaur dan bersembunyi diantara penggemar anime lainnya. Penggemar yang masuk kategori filosofis ini tidak sama dengan tipe intelektual. Hal tersebut dikarenakan mereka punya belief system dan sudut pandang yang jauh berbeda.

Tipe penggemar filosofis mengerti dengan utuh ending dari anime Neon Genesis Evangelion tanpa menonton sedikitpun video explanatory mengenai hal serupa di YouTube. Sulit untuk bisa tahu apakah seseorang jatuh pada kategori ini. Mereka sendirilah yang menentukan apakah kamu layak mendengar “ocehan” mereka.

6. Veteran

Penikmat anime yang jatuh di kategori ini lebih menyukai tayangan anime lama. Cowboy BebopGhost in the Shell dan Knights of the Zodiac pasti ada dalam daftar tontonan mereka. Terkadang mereka juga nonton GundamNeon Genesis Evangelion dan Sailor Moon.

Penggemar jenis ini bukan berarti menutup diri dari anime populer modern seperti Food Wars atau Sword Art Online, mereka lebih memilih untuk tenggelam dalam euforia nostalgia yang sering terdapat pada anime lama. Makanya penggemar tipe veteran bisa juga disebut nostalgist.

7. Tipe Cabul

Ini tipe paling laknat. Pasalnya doski nonton anime cuma nyari KFC(paha-dada). Mereka ga peduli dengan storyline karena yang mereka pedulikan hanya fanservice. 

Anime yang mereka tonton ga jauh dari Highschool DxD dan sejenisnya. Dah lah males bahasnya entar banyak yang tersungging.

==================================

Yang manakah tipe kalian? silahken komen dibawah.

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

TOP 7 Karakter Terkuat Seangkatan Boruto

TOP 7 Karakter Terkuat Seangkatan Boruto

Seperti yang kita ketahui bahwa anime…

Tidak Terima Ditilang, Malah Di-Unboxing Motornya

Tidak Terima Ditilang, Malah Di-Unboxing Motornya

Adi Saputra (20) mengamuk lantaran tidak terima…

5 Jenis Profesi Yang Paling Dicari Saat Ini

5 Jenis Profesi Yang Paling Dicari Saat Ini

LinkedIn yang merupakan jejaring profesional kerja…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

New Normal Berlaku di Korsel, Kasus Corona Naik Lagi

New Normal Berlaku di Korsel,…

Korea Selatan telah berupaya meredam penyebaran…
Gimana Caranya Rice Cooker Tahu, Kalau Nasi Sudah…

Gimana Caranya Rice Cooker Tahu,…

Mungkin pertanyaan ini kerap membingungkan…
Ingin Bikin Mantan Pacar Menangis, Wanita Ini Kirim…

Ingin Bikin Mantan Pacar Menangis,…

Seorang wanita ingin melakukan balas dendam…
Wanita Ini Nikahi Oppa Korea. Ternyata Tak Seindah…

Wanita Ini Nikahi Oppa Korea.…

Penggemar drama dan budaya Korea Selatan…
Apa Itu Herd Immunity?

Apa Itu Herd Immunity?

World Health Organization (WHO) mengecam…
Solusi Untuk Kalian Yang Kebelet Nikah Di Tengah Corona

Solusi Untuk Kalian Yang Kebelet…

Selama virus corona masih belum reda, maka…
3 Hal yang Dikhawatirkan Jika Usia 45 ke Bawah Boleh…

3 Hal yang Dikhawatirkan Jika…

Perubahan demi perubahan soal aturan di…
5 Hal Tentang Didi Kempot Yang Mungkin Kita Tidak…

5 Hal Tentang Didi Kempot Yang…

Kepergian Dionisius Prasetyo atau kita kenal…
Kenapa Sih Kita Nggak Simpatik Sama Kerumunan McD…

Kenapa Sih Kita Nggak Simpatik…

McD Sarinah, salah satu resto waralaba luar…
Bingung Nikahi Siapa, Pria Ini Nikahi Dua Pacarnya

Bingung Nikahi Siapa, Pria Ini…

Keberuntungan sepertinya begitu memihak…
banner ads