loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

Daftar Lengkap Denda Tilang Kalau Kamu Melanggar Rambu Lalu Lintas

Daftar Lengkap Denda Tilang Kalau Kamu Melanggar Rambu Lalu Lintas

08 November 2017

Nggak sedikit dari kita yang ternyata bingung sama denda tilang kalau melanggar rambu lalu lintas. Alhasil, kita nurut aja, tuh, sama oknum buat masalah penyelesaiannya.

Nah, biar nggak bingung, nih daftar lengkap denda tilang kalau melanggar rambu lalu lintas.

 

1. Nggak pake helm

Berdasarkan data yang didapat dari Korlantas Polri saat menggelar Operasi Impatik pada 7 Mei sampai 13 Mei 2013, ada sekitar 530 kasus yang berhasil tercatat. Nah, untuk pelanggaran ini, menurut UU No. 22/2009, pasal 106 ayat (8), pelanggar akan dipidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

 

2. Masuk jalur transjakarta

Pelanggaran seperti ini biasanya dilakukan kalau kita terjebak macet. Berdalih buru-buru atau kepepet, kita akhirnya (terpaksa) masuk ke jalur khusus ini. Nah, baru-baru ini pemerintah baru saja mengumumkan kalau para pelanggar jalur khusus ini akan dikenakan denda maksimal. Berdasarkan UU No. 22/2009, pasal 287, para pemotor yang melanggar akan dikenakan denda Rp 500.000 dan Rp 1 juta untuk pengemudi mobil. Dan menurut data dari Korlantas Polri, sampai 23 September 2013, tercatat sekitar 29.746 pelanggaran yang dilakukan oleh pemotor.

 

3. Menerobos lampu lalulintas

Ini juga sering kita lakukan karena alasan macet atau buru-buru untuk sampai ke tempat tujuan. Tapi hati-hati, kalau kita melakukan pelanggaran ini kita akan dihukum dengan kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu, berdasar pada UU No. 22/2009, pasal 287.

 

4. Motor naik trotoar

Bisa dibilang ini merupakan salah satu pelanggaran yang “ngeselin”. Bagaimana nggak ngeselin, trotoar yang jadi haknya pejalan kaki harus diambil sama para pemotor yang nggak mau sabar dalam macet. Untuk para pelanggar ini, menurut UU No. 22/2009, pasal 287 ayat (1), akan dikenakan kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

 

5. Kelengkapan motor

Entah karena hobi modifikasi atau sekedar buat gaya-gayaan, kita pasti sering banget melihat motor-motor yang nggak lengkap. Seperti nggak ada spion dan batok motor. Nah, kalau ada razia dan kita ketahuan nggak memiliki menggunakan spion, menurut pasal 285 ayat (1), kita akan dijatuhi kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

.

.

.

Nah itu di atas daftar denda tilang kalau kamu melanggar rambu lalu lintas, udah kewajiban kita semua sebagai warga negara untuk mematuhi peraturan yang buat oleh negara, demi kenyamanan bersama alangkah baiknya kita bekerja sama dengan baik dengan aparat negara. 

 

 

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

Fakta Sebenarnya Dari Mitos Tentang Gerhana Bulan

Fakta Sebenarnya Dari Mitos Tentang Gerhana Bulan

Tepat pada malam hari tanggal 31 Januari 2018 akan…

Jenis CV Yang Disukai HRD

Jenis CV Yang Disukai HRD

Pertama-tama, gue mau mengucapkan bagi kalian yang…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

Kim Jong Un Paksa Warganya Setor 100kg Tinja Tiap…

Kim Jong Un Paksa Warganya Setor…

Kim Jong-un baru aja mengeluarkan perintah…
Apa Sih Fungsi Udel?

Apa Sih Fungsi Udel?

Pusar (umbilicus) atau juga dikenal dengan…
Di Vietnam, Potong Rambut Gaya Kim Jong Un dan Donald…

Di Vietnam, Potong Rambut Gaya…

Dalam rangka menyambut pertemuan antara…
Pemusnahan Barang Bukti Apa Nyimeng Bareng?

Pemusnahan Barang Bukti Apa Nyimeng…

Ganja atau Mariyuana ini jelasnya digunakan…
Kenapa Sih, Perut Kita Tak Kunjung Kempes?

Kenapa Sih, Perut Kita Tak Kunjung…

Olahraga sudah, diet juga sudah. Tapi kok…
Bukti Betapa Selow-nya Orang Indonesia

Bukti Betapa Selow-nya Orang Indonesia

Orang Indonesia memang dikenal memang punya…
Do'a Mantan Dikabulkan Tuhan, Pesta Pernikahan Ini…

Do'a Mantan Dikabulkan Tuhan,…

Pesta pernikahan itu sakral, makanya banyak…
Menikah Dengan Mahar Es Cendol

Menikah Dengan Mahar Es Cendol

Mahar atau mas kawin tentu menjadi salah…
Fakta-Fakta Menarik Dari Tokoh Kartun Doraemon.

Fakta-Fakta Menarik Dari Tokoh…

Doraemon diketahui mulai masuk di Indonesia…
Inilah Alasan Kenapa Mecahin Bubble Wrap Itu Asik

Inilah Alasan Kenapa Mecahin Bubble…

Bubble wrap sering dijumpai dalam bungkusan…
banner ads