loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

Daftar Lengkap Denda Tilang Kalau Kamu Melanggar Rambu Lalu Lintas

Daftar Lengkap Denda Tilang Kalau Kamu Melanggar Rambu Lalu Lintas

08 November 2017

Nggak sedikit dari kita yang ternyata bingung sama denda tilang kalau melanggar rambu lalu lintas. Alhasil, kita nurut aja, tuh, sama oknum buat masalah penyelesaiannya.

Nah, biar nggak bingung, nih daftar lengkap denda tilang kalau melanggar rambu lalu lintas.

 

1. Nggak pake helm

Berdasarkan data yang didapat dari Korlantas Polri saat menggelar Operasi Impatik pada 7 Mei sampai 13 Mei 2013, ada sekitar 530 kasus yang berhasil tercatat. Nah, untuk pelanggaran ini, menurut UU No. 22/2009, pasal 106 ayat (8), pelanggar akan dipidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

 

2. Masuk jalur transjakarta

Pelanggaran seperti ini biasanya dilakukan kalau kita terjebak macet. Berdalih buru-buru atau kepepet, kita akhirnya (terpaksa) masuk ke jalur khusus ini. Nah, baru-baru ini pemerintah baru saja mengumumkan kalau para pelanggar jalur khusus ini akan dikenakan denda maksimal. Berdasarkan UU No. 22/2009, pasal 287, para pemotor yang melanggar akan dikenakan denda Rp 500.000 dan Rp 1 juta untuk pengemudi mobil. Dan menurut data dari Korlantas Polri, sampai 23 September 2013, tercatat sekitar 29.746 pelanggaran yang dilakukan oleh pemotor.

 

3. Menerobos lampu lalulintas

Ini juga sering kita lakukan karena alasan macet atau buru-buru untuk sampai ke tempat tujuan. Tapi hati-hati, kalau kita melakukan pelanggaran ini kita akan dihukum dengan kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu, berdasar pada UU No. 22/2009, pasal 287.

 

4. Motor naik trotoar

Bisa dibilang ini merupakan salah satu pelanggaran yang “ngeselin”. Bagaimana nggak ngeselin, trotoar yang jadi haknya pejalan kaki harus diambil sama para pemotor yang nggak mau sabar dalam macet. Untuk para pelanggar ini, menurut UU No. 22/2009, pasal 287 ayat (1), akan dikenakan kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

 

5. Kelengkapan motor

Entah karena hobi modifikasi atau sekedar buat gaya-gayaan, kita pasti sering banget melihat motor-motor yang nggak lengkap. Seperti nggak ada spion dan batok motor. Nah, kalau ada razia dan kita ketahuan nggak memiliki menggunakan spion, menurut pasal 285 ayat (1), kita akan dijatuhi kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

.

.

.

Nah itu di atas daftar denda tilang kalau kamu melanggar rambu lalu lintas, udah kewajiban kita semua sebagai warga negara untuk mematuhi peraturan yang buat oleh negara, demi kenyamanan bersama alangkah baiknya kita bekerja sama dengan baik dengan aparat negara. 

 

 

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

Perlu Gak Sih Full Day School?

Perlu Gak Sih Full Day School?

Akhir-akhir ini kalo kita perhatikan di medsos ramai…

Gangster Labil Mencari Anggota Malah Nyusahin Warga

Gangster Labil Mencari Anggota Malah Nyusahin Warga

Kabarnya, di daerah sekitar Depok, sedang ada gangster.…

Indonesia Itu Nomer Satu! Dalam hal-hal ini...

Indonesia Itu Nomer Satu! Dalam hal-hal ini...

Indonesia ternyata seringkali jadi nomor satu di…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

Kisah sedih Usma, kiosnya ludes dijarah para perusuh…

Kisah sedih Usma, kiosnya ludes…

Aksi 22 Mei menyisakan banyak cerita tak…
5 Bahaya Jika Buka Puasa, Gorengan TEROOOS!

5 Bahaya Jika Buka Puasa, Gorengan…

Alih-alih berburu gorengan saat menjelang…
Bucin to The MAX! Rela Digampar 52 Kali Karena Nggak…

Bucin to The MAX! Rela Digampar…

Tiap tanggal 14 Februari mungkin diperingati…
Kominfo Yakin Batasi Medsos Efektif Tangkal Hoaks.…

Kominfo Yakin Batasi Medsos Efektif…

Menkominfo Rudiantara meyakini…
Respect! Meskipun Motornya Dicuri, Mamang Ojol Ini…

Respect! Meskipun Motornya Dicuri,…

Kisah luar biasa datang dari driver ojek…
Sisi Lain Di Balik Ricuh 22 Mei

Sisi Lain Di Balik Ricuh 22 Mei

Setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan…
Sampai Kapankah Sosmed Dibatasi Pemerintah?

Sampai Kapankah Sosmed Dibatasi…

Kita sama-sama menyadari kalau medsos seperti…
3 Bahaya Pakai VPN Buat Ngakalin Yang Diblokir

3 Bahaya Pakai VPN Buat Ngakalin…

Pengamat keamanan siber Alfons Tanujaya…
Wow! Aksi 22 Mei Jadi Objek Selfie Anak SMA

Wow! Aksi 22 Mei Jadi Objek Selfie…

Aksi 22 Mei berhasil menarik perhatian seluruh…
Suara Fals Saat Karaoke, 2 Pria Digebukin

Suara Fals Saat Karaoke, 2 Pria…

Bernyanyi adalah hal yang boleh dilakukan…
banner ads