loading
Meme Comic Indonesia. Komunitas Meme Terbesar di Indonesia!

Suka Duka Jadi OP Warnet

Suka Duka Jadi OP Warnet

28 November 2017

Apa sih OP Warnet?

Itu loh orang yang kerjaanya jagain warnet, OP Warnet = Operator warnet.

OP warnet adalah salah satu profesi yang dipenuhi berbagai makian dan pujian. Nggak gampang jadi operator warnet, karena setiap saat kalian kudu siap terima komplain dari user padahal itu bukan salah kita. Operator warnet juga dituntut jadi pekerja yang profesional yang harus siap juga melayani user, dan jadi teknisi untuk benerin segala sesuatu yang error.

Sebagian orang mungkin ngeremehin pekerjaan OP warnet, padahal disamping kerjaannya yang duduk manis ngawasin layar monitor, ada juga suka dukanya jadi penjaga warnet yang kita nggak tau. So, apa aja sih suka duka jadi OP Warnet yang kita nggak tau? 

Menurut hasil survei di dunia perwarnetan, berikut suka dukanya jadi OP Warnet... 
 

Sukanya jadi OP Warnet

 

1. Internet gratis sepanjang hari

Ya, kita bisa sepanjang hari internetan gratis sesuka hati kita. Youtube, Facebook, Twitter, apa saja bebas kita jelajahi atau bahkan mendownload film (Kalo koneksi internet cepat). Udah bisa internetan gratis di bayar pula.

 

2. Belajar komputer

Kalo lo termasuk orang yang kepo, serba pengen tau hal yang baru, dengan mengandalkan pekerjaan kita sebagai OP warnet, kita bisa belajar apapun dari internet. Ya, selain bisa internetan gratis kita juga bisa sekalian belajar-belajar tentang ilmu computer. Why? Karena seenggaknya faktor kebiasaan kita selalu berhubungan dengan komputer akan menjadikan kita lebih terbiasa mengoperasikan komputer.

Hal tersebut tentunya bisa menambah pengetahuan kita tentang ilmu komputer yang mungkin selama ini belum diketahui. Apalagi kita harus siap memperbaiki jika ada sesuatu yang rusak. Operator warnet yang belajar sendiri dengan kemauan tinggi bisa lebih handal dari pada teknisi komputer yang belajar di sekolah kursus. Jadi ahli komputer ditempat kerja? Kenapa nggak?

 

3. Nambah teman dan pergaulan

Jadi OP Warnet secara nggak langsung juga bisa menambah teman. Simpelnya, kalo kita udah punya pelanggan tetap yang sering main ke warnet kita, pastinya kita harus jaga hubungan agar si pelanggan tersebut jadi ketagihan main ke tempat kita. Maka dari itu, dalam menjalin hubungan tersebut setidaknya kita harus tahu nama, tinggal, atau apalah.

Dengan gitu, tanpa sengaja lo udah dapet teman baru. Apalagi kalo pelanggannya cewek. Yaa.., seenggaknya bisa nanya no hp-nya, atau FBnya gitu. Siapa tau kan yah...
 

4. Ikutan main game dan bergabung dengan Clan

Ini asiknya lagi kalo kita jago main game yang cukup populer. Operator warnet juga bisa jadi lahan untuk membuat nama kita menjadi melejit. Jika kalian operator warnet game center, hal ini bisa menjadi peluang kalian. Permainan MMORPG yang mengharuskan kita mempunyai karakter dengan level tinggi dan equip sakti menjadi pekerjaan mudah bagi operator warnet yang bisa seharian didepan komputer. Jika hal ini sudah terwujud kalian bisa membentuk klan dan mengumpulkan personil.

Kalo udah gini, kalian bisa ngumpulin personil yang nggak lain juga adalah anggota warnet tersebut. Hal ini bisa menambah keakraban para pelanggan warnet apalagi kalo clan tersebut punya reputasi.

 

Nah ini dukanya jadi OP Warnet


1. Gaji dibawah UMK
Rata-rata operator mempunyai gaji dibawah UMK. Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan warnet yang bisa kita gunakan (kompor, air minum, internet gratis) gaji para operator warnet tergolong kecil dan pas-pasan. Untuk bertahan hidup saja mereka sampai harus irit dan makan indomi ditempat kerja (cukup mengenaskan). Selain gaji yang dibawah UMK, kadang sang bos juga menunda gaji kita yang sudah jatuh tempo.

Alhasil kita telat membayar kontrakan, ataupun uang kuliah. Ga gampang menjadi operator warnet, bagi kalian yang sering memaki operator warnet, wajib tahu hal ini.

2. User nggak tahu diri
"Woi lag woi". "Ini kompi kenapa kok ngelag?". "Mas-mas, tolongin donk print ini print itu eh jangan deh ini satu aja, ga jadi deh ini kotor", dsb. User memang merupakan raja, tapi kalo ngadepin raja yang cerewet? Bukan main sabarnya. Sabar dalam menghadapi user yang cerewet, nyinyir, sok tahu, atau yang kerjaannya complain melulu. Buat lo yang pernah jadi operator warnet, atau mungkin sekarang ini bekerja menjadi operator warnet pasti tahu rasanya gimana. Nyebelin juga kadang-kadang.

Apalagi jika user tersebut sampai nggak tau diri. Udah tahu internet komputer mati dari operator (bukan kemauan warnet) pastinya operator yang disalahin bahkan ada yang sampai memaki. Nggak jarang hal gini bikin kita harus sampai mengelus dada.

 

3. Ngantuk adalah musuh utama
Ini dia musuh utama para operator warnet "NGANTUK". Seharian duduk mantengin layar komputer pasti bete abis, dan yak mata mulai menutup tik tok, dan... ngantuuk. Yang namanya mata kalo udah ngantuk, pasti dalam pikiran kita yang ada hanya satu, yaitu bayangin tubuh ini berbaring di kasur yang mpuk. Wew, hal ini bagi saya merupakan hal yang kadang-kadang terasa susah, apalagi kalau kerjanya shift malam. Aduhh.., pedes rasanya nih mata mau tidur.

Pinter-pinterlah ngatur kondisi badan kita. Tidur yang cukup sebelum bekerja, dan isilah kegiatan kalian dalam menjaga warnet dengan kegiatan yang menyenangkan. Maka ngantuk ini akan selalu pergi jauh.

 

4. Harus siap dengan sakit

Sakit itu hal yang paling rentan buat OP Warnet. Gimana enggak? Dalam tugasnya jagain warnet, sang operator dituntut harus profesional. Kalo gaji pada akhir bulan kita sekarat, mau nggak mau kita harus memakan makanan yang nggak sehat seperti mie instant pakai nasi. Sore ketemu mie instant lagi aahh mau beli makanan di warteg duit udah nipis. Sabar-sabaar sakit bodo amat yang penting bisa makan. Situasi ini bisa lebih parah kalo kita dapat double shift, misalnya teman operator warnet kita nggak bisa hadir karena sakit. Bisa dibayangin kan betapa pegal dan capeknya badan.

 

Nah, di atas adalah suka duka menjadi operator warnet. Inget nih buat kalian yang suka main diwarnet. Operator warnet juga manusia, bukan robot yang selalu ada untuk mengontrol kalian bermain dan bisa segalanya jika ada sesuatu yang rusak.

Hargailah operator warnet karena mereka juga teman kita...
 

TULIS KOMENTAR

ARTIKEL LAINNYA

Kerja Di Perusahaan Game Ternama, Ternyata Tidak Sesuai…

Kerja Di Perusahaan Game Ternama, Ternyata Tidak Sesuai…

Belum lama ini, sebuah kabar kurang baik datang…

Jangan Cari Pacar yang Terlalu Manis Kalo Gak Mau…

Jangan Cari Pacar yang Terlalu Manis Kalo Gak Mau…

Gak ada salahnya sih punya pacar yang selalu bisa…

Modus Tipu-Tipu Game Online

Modus Tipu-Tipu Game Online

Ada yang suka main game…

Jumlah Pengunjung Website MCI
Pageviews Visits
1344201 848253

KOMIK MCI TERBARU

ARTIKEL KEREN DARI MCI-ID

Rusa di Amerika Jadi Zombie, Bisa Menular ke Manusia

Rusa di Amerika Jadi Zombie, Bisa…

Sebuah penyakit membuat rusa-rusa di Amerika…
Inilah Alasan Kenapa Bu Susi Cocok Jadi Dirut Garuda

Inilah Alasan Kenapa Bu Susi Cocok…

Meskipun kita adalah rakyat jelata yang…
Siswa Belajar Di Sekolah Diusulkan Cuma 3 Hari

Siswa Belajar Di Sekolah Diusulkan…

Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia…
Ternyata Inilah Alasan POU Hilang Sementara Dari Playstore

Ternyata Inilah Alasan POU Hilang…

Beberapa saat yang lalu, dikabarkan bahwa…
Tagihan Game Online Anak Sampai Rp65 Juta, Artis Ini…

Tagihan Game Online Anak Sampai…

Anak pedangdut Inul Daratista, Yusuf Ivander…
Kenapa Sih Hantu Di Film Horror Kebanyakan Perempuan?

Kenapa Sih Hantu Di Film Horror…

Kamu suka nonton film horor? Genre yang…
TERJAWAB! Kemana Ultraman Terbang Setelah Bertarung

TERJAWAB! Kemana Ultraman Terbang…

Satu kebiasaan Ultraman yang selalu dijadikan…
Dituduh Tak Perawan, Atlet Senam SEA Games 2019 asal…

Dituduh Tak Perawan, Atlet Senam…

Kekecewaan dirasakan keluarga Shalfa…
Gamer Habiskan 20 M Untuk Karakter Game, Eh Dijual…

Gamer Habiskan 20 M Untuk Karakter…

Berapa banyak uang yang rela kamu habiskan…
Punya Sendal Harga 5 Juta, Pria Ini Bayar Orang Buat…

Punya Sendal Harga 5 Juta, Pria…

Baru-baru ini, pengguna media sosial tengah…
banner ads